Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan yang Penting untuk Diketahui

Tips merawat mobil saat musim hujan penting untuk Anda yang ingin menjaga mobil agar tetap terlihat kinclong tanpa ada berbagai kerusakan body. Apalagi jika mobil yang terguyur hujan terus-menerus tidak dirawat dengan benar, maka akan timbul berbagai kerusakan.

Mengapa harus melakukan perawatan mobil ketika musim hujan? Hal ini karena air hujan berbeda dari air biasa. Kandungan garam di dalamnya lebih banyak. Sehingga cuaca yang tidak pasti seperti ini perlu diatasi dengan baik agar kendaraan bisa dirawat dan aman untuk digunakan.

Nah, untuk Anda yang masih bingung bagaimana caranya melakukan perawatan mobil yang benar, maka bisa membaca artikel ini hingga selesai. Anda bisa mendapatkan cara paling mudah agar mobil selalu dalam keadaan baik.

Inilah Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, tentunya semuanya perlu dipersiapkan dengan baik mulai dari kendaraan hingga keadaan rumah. Untuk Anda yang sangat menyayangi kendaraan, tentunya melakukan perawatan merupakan hal yang wajar.

Apalagi jika Anda belum memiliki garasi, sehingga mobil akan sering terkena air hujan. Padahal jika diteliti lagi, kandungan garam dalam air hujan lebih banyak dari air biasa. Sehingga memberikan dampak buruk mulai dari pengaratan hingga kerusakan pada bagian mesin. 

cara merawat mobil saat musim hujan

Ada banyak akibat yang terjadi jika mobil terus terguyur hujan. Sebab, akan muncul berbagai masalah. Apa saja masalah tersebut? Timbul jamur lebih cepat, karat, kualitas cat menurun, dan pengelupasan pelindung cat mobil.

Jika mobil terus mengalami pergantian cuaca yang ekstrem, seperti tiba-tiba hujan dan tiba-tiba panas, maka body akan mudah retak-retak dan mengelupas. Anda tentunya tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Nah, untuk membantu Anda mengatasi berbagai permasalahan, maka kami akan memberikan tips merawat mobil saat musim hujan. Berbagai tips yang kami berikan ini bisa membantu Anda lebih mudah dalam memelihara mobil agar tampilan dan mesinnya tetap terjaga meski dalam cuaca buruk. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi aplikasi bengkel mobil.

Keringkan Mobil Setelah Terkena Hujan

Jangan biarkan air mengering di atas body mobil, hal tersebut akan membuat mobil jadi lebih cepat rusak. Apalagi hal tersebut akan mempengaruhi bagian pelindung cat mobil. Jika dibiarkan kering begitu saja, juga bisa memberikan efek samping dalam jangka panjang, seperti jamur dan karat.

Karena itu, sebaiknya setelah terkena hujan lebat, Anda cuci mobil menggunakan shampo khusus mobil hingga benar-benar bersih.

Rajin Membersihkan Kaca Dengan Teratur

Kaca mobil juga bagian yang penting untuk dibersihkan. Sebaiknya kaca bagian depan mobil selalu bersih dan jernih. Untuk membersihkan, Anda bisa menggunakan lap kaca ketika selesai menggunakan atau terkena hujan.

tips merawat mobil saat musim hujan

Hal tersebut bisa membantu Anda untuk menjernihkan kaca mobil dari berbagai debu dan embun yang menempel karena hujan.

Agar kaca mobil tetap dalam keadaan bersih, Anda bisa menempelkan sedikit shampo pada kanebo yang digunakan untuk mengelap kaca. Untuk mengelap, sebaiknya gerakan searah saja.

Cek Bagian Dalam Mesin

Tips merawat mobil saat musim hujan lainnya dengan mengecek bagian dalam mesin. Karena air bersifat cair, maka akan sangat mudah untuk masuk ke dalam mesin. Hal ini akan memicu kerusakan dan akhirnya mobil susah untuk digerakan. Karena hal tersebut, sebaiknya Anda periksa apakah mesin mobil terkena air hujan atau tidak.

Cek Rem dan Ban Mobil

Tips merawat mobil saat musim hujan yang tidak kalah pentingnya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian rem dan ban mobil. Pengecekan bisa dilakukan melalui berbagai bunyian mesin. Biasanya bunyi akan muncul ketika mobil menerjang genangan air.

Untuk mencegahnya, Anda bisa membersihkan kaki mobil secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan air bertekanan tinggi dan shampo mobil setelah mobil dipakai saat hujan.

Memeras Karet Wiper Mobil

Tips merawat mobil saat musim hujan ini juga cukup penting untuk diperhatikan. Karet wiper pada mobil memiliki fungsi sebagai alat pembersih kaca dari air hujan dan debu. Hal yang perlu Anda lakukan agar kondisi karet wiper terus aman adalah dengan menggantinya setiap 6-12 bulan sekali..

Jika Anda tidak ingin melakukan penggantian, maka Anda bisa menggunakan rain repellent agar karet wiper tetap terjaga dan tahan lama. Rain repellent merupakan cairan yang digunakan untuk mempermudah air hujan disapu.

Rutin Memanaskan Mesin

Meski Anda rutin memeriksa dan membersihkan interior mobil, namun memanaskan mobil juga merupakan hal utama yang perlu dilakukan. Hal ini karena mesin mobil akan mendingin ketika hujan turun.

Karena itu untuk mencegah macet terjadi, maka Anda bisa memanaskan komponen mesin mobil setiap hari. Hal ini bertujuan juga agar kondisi mesin mobil tetap baik-baik saja.

Tips merawat mobil saat musim hujan ini bisa Anda lakukan agar kondisi mobil tetap baik dan bisa digunakan seperti biasa tanpa ada kendala. Untuk perawatan lebih baik, saya juga sering membawanya ke bengkel mobil terdekat dari lokasi saya. Anda juga bisa melakukannya dengan mencari bengkel di sekitar Anda.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.