5 Tujuan Mengambil Investasi Jangka Pendek

alasan memilih investasi jangka pendek RDPU

Investasi jangka pendek menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh masyarakat. Salah satu jenisnya adalah Reksadana Pasar Uang. Apa ya penyebabnya?

Salah satunya adalah mudahnya pencairan apabila membutuhkan dana cepat. Anda tidak perlu menunggu terlalu lama dengan prosedur yang panjang untuk melakukan pencairan ini. Cukup dari handphone, investasi jangka pendek pun bisa cair. 

Apalagi di banyaknya isu resesi di tahun 2023. Maka salah satu cara untuk tetap investasi yakni dengan menggunakan Reksadana. Pada artikel ini Anda akan memahami mengenai keuntungannya dan manfaat apabila memilih Reksadana jenis Pasar Uang.

5 Tujuan Investasi Jangka Pendek

Sebelum berinvestasi, Anda harus memahami apa sih tujuannya? Supaya Anda bisa menentukan investasi apa yang tepat dan sesuai dengan tujuan Anda.

Anda dapat memilih investasi jangka pendek apabila tujuan Anda sebagai berikut ini:

Mencari Tambahan Modal dalam Waktu Dekat

Apabila Anda memiliki sebuah bisnis dan butuh untuk menambah modal dalam waktu yang sangat singkat, baiknya coba melakukan investasi jangka pendek. Sebab, kurun waktu investasi hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 tahun saja. 

Sehingga Anda bisa mendapatkan modal dengan cepat melalui keuntungan yang didapatkan. Berpotensi semakin menguntungkan apabila modal investasi Anda juga besar. 

Mencari Passive Income

Berikutnya adalah mencari tambahan pendapatan melalui investasi. Karena ini merupakan passive income, maka meski jumlahnya sedikit, tetap bisa untuk menambah pundi rupiah. 

Anda tidak perlu ikut bekerja. Cukup mengalokasikan uang dalam bentuk Reksadana. Biarkan Manajer Investasi yang kemudian mengelola uang Anda.

Dana Darurat

Produk investasi yang satu ini juga bisa untuk dana darurat. Baik itu untuk kebutuhan sehari-hari apabila di masa depan ada masalah dengan pendapatan Anda. Maupun untuk dana darurat khusus tujuan tertentu seperti renovasi rumah. 

Belajar Investasi

Hal ini untuk Anda yang merupakan investor pemula. Anda bisa belajar melakukan investasi melalui Reksadana Pasar Uang terlebih dahulu. Apabila sudah mulai memahami, maka Anda bisa mengembangkan ke jenis lain.

Mencari Keuntungan

Terakhir adalah untuk mencari keuntungan dengan risiko yang rendah. Setiap investasi memang memiliki profil risiko sendiri. Mulai dari yang paling rendah seperti Reksadana Pasar Uang, sampai risiko tinggi seperti saham.

Investasi jangka pendek adalah hal yang tepat untuk Anda mencari keuntungan. Tentu saja dengan masa waktu yang relatif singkat, dan risiko rendah.

Keuntungan Reksadana jenis Pasar Uang

alasan investasi jangka pendek reksadana pasar uang

Reksadana Pasar Uang adalah salah satu jenis investasi yang instrumen asetnya jangka pendek. Biasanya pengelolaan dana untuk jenis ini hanya kurang dari satu tahun. Namun tetap memiliki kualitas yang tinggi dan juga sifatnya liquid, atau mudah cair.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan apabila ingin berinvestasi pada Reksadana jenis Pasar Uang. Antara lain:

Modal Fleksibel

Anda bisa menyiapkan dana berapa pun untuk modal di investasi jenis ini. Semua sangat fleksibel, mulai dari modal awal sampai seterusnya jika Anda ingin berinvestasi rutin setiap bulan.

Risiko Rendah

Kedua, risiko dari investasi ini sangat rendah. Sebab Manajer Investasi akan menempatkan dana Anda pada instrumen yang memang fluktuasinya rendah. Meskipun ada banyak yang mempengaruhi seperti inflasi, dan lain-lain.

Likuiditas Tinggi

Selain itu, Anda bisa mencairkan dana kapan saja apabila dibutuhkan. Cukup menunggu beberapa hari untuk pencairan investasi. Tidak ada denda atau penalti untuk Anda apabila ingin segera menarik uang. 

Transparan dan Bisa Dibandingkan

Manajer Investasi akan melaporkan dananya kepada investor secara transparan. Anda bahkan bisa melakukan perbandingan antar produk, untuk mengetahui keuntungan dari masing-masingnya. Sebelum kemudian memilih akan berinvestasi di mana.

Selain itu, Anda bisa melihat perkembangan investasi setiap hari. Seluruh pergerakannya bisa Anda pantau di aplikasi karena transparan. 

Bebas dari Pajak

Imbal hasil atau keuntungan dari investasi ini bebas dari pajak. Sehingga Anda bisa menikmatinya tanpa potongan apapun.

Jangka Waktu Fleksibel

Meskipun judulnya investasi jangka pendek, tapi periode investasi terserah Anda. apabila Anda ingin memperpanjang investasi juga diperbolehkan. Semua tergantung dari Anda.

Mendapat Pengawasan dari Pemerintah

Pengelolaan dari investasi Reksadana jenis Pasar Uang ini diawasi oleh pemerintah, yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Maka dari itu, bisa dipastikan aman untuk melakukan investasi.

Pilih Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya carilah partner yang tepat untuk pengelolaan investasi Anda. Bersama dengan perbankan prioritas DBS Treasures, Anda bisa yakin mendapatkan banyak keuntungan dalam melakukan investasi. Terutama dalam segi dukungan yang prima dan tepat. 

Apa saja keuntungan berinvestasi melalui DBS Treasures? Berikut penjelasannya.

Profesional dalam Pengelolaan Investasi

Seluruh pengelolaan investasi dilakukan secara profesional. Sebab, DBS Treasures telah memilih Manajer Investasi terkemuka untuk mengoptimalkan kinerja produk keuangan yang telah Anda pilih.

Ada Tim Ahli untuk Memandu Investasi

Anda juga bisa mendapatkan wawasan sesuai profil risiko yang akan memandu dalam melakukan investasi. Tim ahli finansial telah dipersiapkan memberikan analisa pasar investasi untuk Anda. Sehingga Anda bisa memahami peluang terkini dalam setiap produk.

Risiko Investasi Bisa Diminimalisir

DBS Treasures juga akan mengurangi risiko investasi melalui diversifikasi dana. Artinya, dana investasi Anda akan disebar ke beberapa produk, untuk mengurangi risiko yang ada.

Investasi dengan Mudah

Anda bisa membeli, menjual hingga switching dan bahkan proses registrasi SID (Single Investor Identification) dengan mudah, hanya melalui Aplikasi digibank by DBS. Lakukan investasi di mana saja dan kapan saja.

Informasi lebih lanjut mengenai Reksadana Pasar Uang, segera kunjungi di sini. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu, sebelum kemudian memilih mitra untuk berinvestasi. Selamat berinvestasi!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.