<span class='p-name'>6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Gym</span>

Seiring berjalannya waktu, masyarakat yang hidup di kota besar mengalami banyak perubahan gaya hidup. Mereka disibukkan dengan begitu banyak pekerjaan dan beberapa kondisi yang membuat mereka lupa akan menjaga kesehatannya sendiri. Untuk mengatasinya, masyarakat makin dipermudah dengan kehadiran tempat-tempat olahraga yang dianggap lebih bisa diandalkan karena ketersediaan fasilitas yang lengkap, jadwal yang rutin, trainer dan lain-lain.

Salah satu tempat olahraga yang kini banyak tersedia adalah gym center yang banyak diminati oleh masyarakat perkotaan. Kemunculan gym center yang akan terus bertambah pastinya menimbulkan persaingan antara bisnis gym yang satu dengan yang lainnya. Ada 6 hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha ini yang bisa menentukan sukses tidaknya usaha gym Anda.

Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis sangat mempermudah pelanggan atau calon pelanggan untuk menjangkau tempat gym. Anda bisa membuka usaha gym di daerah perkantoran serta area kampus. Biasanya orang-orang kantor dan mahasiswa akan tertarik untuk mendaftarkan diri di tempat gym, karena mereka bisa langsung mampir untuk berolahraga setelah pulang kerja atau setelah perkuliahan berakhir.

Tempat yang Memadai

tips-membuka-bisnis-gym 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Gym  wallpaper

Usaha gym yang baik, tentunya harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Namun, peralatan gym cenderung berukuran besar, sehingga memerlukan tempat yang lumayan luas untuk menampung peralatan gym. Untuk awal usaha disarankan memiliki tempat dengan luas sekitar 70 meter persegi yang kira-kira bisa menampung setidaknya 10 alat gym, bahkan lebih, tergantung jenis alat apa yang digunakan.

Kondisi di dalam tempat gym juga perlu diperhitungkan. Sebaiknya beri jarak yang memadai antar alat fitnes agar pelanggan bisa merasa nyaman. Selain itu, perhatikan pendingin ruangan agar pelanggan tidak kepanasan. Desain ruangan juga perlu dipikirkan secara matang agar terlihat bagus di mata pelanggan sehingga mereka betah berlama-lama di tempat fitnes Anda.

Pilih Peralatan Gym

Sebelum membeli peralatan gym, cari tahu dulu apa peralatan gym kesukaan pelanggan. Salah satu cara untuk mengetahui apa kesukaan pelanggan adalah dengan melakukan survei yang berbentuk sebuah kuesioner dan diisi oleh calon pelanggan. Anda bisa menyebarkan kuesioner di sekitar tempat di mana Anda ingin membuka usaha gym tersebut. Hasil survei inilah yang kemudian dapat dijadikan tolak ukur dalam membeli peralatan gym.

Pelatih

Tugas pelatih adalah untuk membantu pelanggan atau calon pelanggan lebih mengenal bentuk tubuh mereka serta peralatan gym yang tersedia. Terutama, para konsumen yang hanya mencoba atau ikut-ikutan dengan teman mereka. Pelatih juga bisa membuat jadwal latihan serta waktu latihan untuk pelanggan. Maka dari itu, Anda perlu memilih pelatih yang berkualitas dan berpengalaman untuk pelanggan agar mereka merasa lebih betah dan berhasil memeroleh bentuk badan yang mereka inginkan dari fitnes.

Kelas Tambahan

tempat-gym-fitness-first 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Gym  wallpaper

Sebagai nilai tambah bagi bisnis gym Anda, sebaiknya lengkapi juga dengan membuka kelas-kelas tambahan di luar kegiatan gym yang kegiatannya masih ada hubungannya dengan berolahraga. Contohnya, Anda bisa mengadakan kelas yoga, tari, maupun aerobik setiap minggu. Kelas tambahan ini bisa menarik minat pelanggan agar mencoba metode olahraga yang lainnya.

Fasilitas Pendukung

Agar makin membuat pelanggan atau calon pelanggan nyaman, Anda bisa menyediakan TV di beberapa tempat supaya pelanggan bisa berolahraga sambil menonton TV. Menyediakan tempat beristirahat serta majalah. Jadi, pelanggan bisa betah berada di tempat gym Anda. sediakan pula loker kecil untuk menaruh barang bawaan mereka. Sediakan juga ruangan khusus ganti baju yang terpisah dari toilet agar pelanggan bisa berganti baju dengan nyaman.

Selain 6 hal yang harus diperhatikan sebelum membuka bisnis gym di atas, saat ini banyak pemilik gym yang juga mengembangkan usahanya di bidang digital. Bukan hanya lewat website, tapi juga merambah ke aplikasi gym. Ya, aplikasi gym saat ini sudah banyak bermunculan guna mempermudah masyarakat untuk bisa melakukan gym sesuai dengan kebutuhan. Salah satu aplikasi gym adalah Fitnesia. Aplikasi Fitnesia adalah online booking platform yang memudahkan Anda menemukan dan memesan tempat gym terdekat. Lewat aplikasi gym yang satu ini Anda bisa mencari dan melakukan booking aktivitas gym dengan mudah dan harga yang terjangkau.

Bukan hanya itu, di aplikasi gym Fitnesia, Anda bisa mendaftarkan usaha gym Anda yang akan membantu mengatur data pelanggan, staf, pemasaran, laporan, jadwal service real-time, hingga pembayaran. Fitnesia menyediakan layanan “Coba Gratis” selama 14 hari bagi pemilik usaha gym untuk mencoba fitur-fitur yang ada di aplikasi Fitnesia.  

Salah satu fiturnya memungkinkan Anda memasang program membership yang ada di bisnis gym Anda di dalam aplikasi dan website Fitnesia sehingga bisa di lihat dan dibeli oleh ribuan pelanggan yang telah terhubung. Bila ingin bergabung atau ingin mengetahui lebih lanjut terkait bisnis gym di Fitnesia, Anda bisa menghubungi nomor Whatsapp 0878-8660-2954.

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.