Algoritma pencarian by image

Pencarian by image merupakan fitur advance dalam dunia internet saat ini, terutama setelah Google meluncurkan fitur ini terintegrasi dalam layanan search enginenya. Pada dasarnya fitur pencarian by image akan mencari gambar yang memiliki karakter mirip dengan gambar pembandingnya.

Fasilitas ini bisa kita gunakan ketika ingin mencari gambar yang sama tetapi diupload oleh situs lain, bisa karena ingin mendapatkan resolusi gambar lebih baik, atau untuk mendeteksi adanya situs lain yang mengunggah hasil jepretan mereka tanpa ijin. Fitur search by image ini tergolong fitur baru sehingga wajar jika hasil pencarian seringkali tidak sesuai dengan gambar yang kita inputkan. Ada banyak pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan hasil terbaik, dan banyak programmer/hacker di seluruh dunia berusaha menemukan formula terbaik pencarian ini.

images?q=tbn:ANd9GcR01sNmmlalZ5CCRakxlkr6fqLvPTI5wQGRP1poqeaHDkaxV2jaGQ Algoritma pencarian by image  wallpaper

Lalu bagaimana sebenarnya algoritma untuk mencari gambar?

Berbeda dengan pencarian by text yang cukup mengetikan keywordnya di search engine, search by image memerlukan translasi gambar menjadi kode untuk dicarikan kode yang mirip. Ada beberapa pendekatan dalam pembuatan algoritma search by image.

1. Color histogram

Dengan teknik ini, persebaran warna gambar akan dideteksi, dengan menggunakan histogram gambar yang dinormalisasi, search engine akan mencari histogram yang identik. Kelemahan teknik ini jika bertemu dengan gambar yang di sudah di crop.

2. GQ view image comparison

Gambar akan dibagi dalam 32 x 32 grid array atau 1024 kotak, dalam setiap kotak, warna akan dipecah menjadi tiga warna dasar RGB, 32×32 array ini berlaku sebagai signature gambar tersebut. Saat melakukan perbandingan 2 gambar, komputer akan menghitung signature tiap array dan mencari rata2 perbandingannya dengan rumus

BACA JUGA:   Inilah Daftar Harga Macbook Pro Terbaru 2016

kesamaan = 1 – (abs (merah [img1] – red [img2]) + abs (biru [img1] – biru [img2]) + abs (green [img1] – green [img2])) / 255 * 1024 * 3

nilai 1.0 menandakan identik dan 0.0 menandakan tidak identik. Teknik ini cocok digunakan untuk mengkomparasi gambar yang disimpan dalam format, ukuran dan kompresi berbeda.

3. findimagesduple.pl algoritma

Sebelum diperbandingkan gambar akan diresize menjadi ukuran 160 x 160, kemudian mengubahnya ke mode greyscale, menambahkan noise, menormalisasi, kemudian mengcontraskan dan dikompres lagi menjadi ukuran 16 x 16, setelah setiap pixel berisi 1 bit, gambar terlihat hanya berupa titik hitam putih. Array hitam putih ini diubah jadi format raw data dan kemudian dicari perbandingannya dengan teknik XOR.

4. Average hashing

Mirip seperti teknik ketiga, dengan menyusutkan ukuran gambar menjadi 8×8 pixel dan mengubahnya menjadi grayscale. Teknik ini dimaksudkan untuk meminimalisir frekuensi yaitu dari bit 64Red 64Green 64Blue menjadi total 64 warna grey. Ke 64 warna tersebut dihitung rata2nya dan dianggap sebagai average hash. 64 warna diubah menjadi 64 bits dan menjadi 64 integer array. Bandingkan urutan array tersebut dengan urutan array image yang dicari  dengan teknik Hamming distance (membandingkan jarak bit karakter yang sama). Semakin kecil Hamming distancenya (0) menandakan bit pada gambar identik.

Selain teknik di atas masih banyak algoritma pencarian berdasarkan gambar seperti berdasarkan wavelet, content based images retriveal, k-nearest algoritms. Beberapa algoritma menggunakan gabungan deteksi persebaran warna, shape, dan proporsionalitas untuk mendapatkan hasil maksimal. Terutama karena sebuah gambar identik dapat diupload dalam bentuk resizing, cropping, noising, different pixel & format, greyscaling dan juga rotating.

BACA JUGA:   Ketika FireFox gak Connect

Melihat kemajuan fitur pencarian semacam ini, bukan tidak mungkin kelak kita cukup menghadap browser dan melantunkan sepenggal lagu, kemudian search engine akan mencarikan mp3, video dan lirik dari lagu tersebut langsung ke depan layar monitor kita.

algoritma pencarian dengan gambar, algoritma pencarian warna

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

2 tanggapan untuk “Algoritma pencarian by image

  • September 21, 2013 pada 7:12 am
    Permalink

    sok nganggo tapi nembe ngerti cara kerjane 😀

    Balas
    • September 21, 2013 pada 10:11 am
      Permalink

      nek dikon gawe programme nyong kayane tiarap loh kang, miyen ra diajari sejero kuwe

      Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: