MAC Address & IP Address

Untuk orang yang bekerja di lingkungan PC networking tentu sudah mengenal apa itu MAC address dan IP Address yang dipelajari dalam protokol OSI layer. MAC address dan IP address merupakan sebuah alamat pengenal perangkat komputer/jaringan. 

Perbedaan MAC address dan IP address adalah pada layernya. MAC berada di layer 2 (data link) sedangkan IP address berada di layer 3 (network). MAC address merupakan alamat fisik sebuah perangkat jaringan. Sedangkan IP address merupakan alamat logic perangkat jaringan. Alamat fisik perangkat jaringan bersifat unik dan hanya ada satu di dunia, sehingga tidak dapat diganti. Sementara alamat logic dapat kita ganti sesuai kebutuhan.

Untuk lebih mudahnya anggaplah MAC address adalah no IMEI pada ponsel kita dan IP address adalah kartu seluler yang kita gunakan. Selama menggunakan perangkat seluler tersebut, kita bisa berganti-ganti nomer HP, tetapi nomer IMEInya tetap. Jika ingin mengganti nomer IMEInya berarti kita harus mengganti fisik ponselnya dengan ponsel lain.

Dalam teknik hacking komputer dikenal cara mengubah MAC address dengan bantuan MAC address changer dan software sejenis, dan ada pula yang sering disebut teknik IP spoffing/MAC spoofing, yaitu mekanisme mengubah MAC/IP sebuah perangkat/PC sehingga terlihat seolah MAC/IP perangkat lain sehingga data yang seharusnya dikirim ke sebuah perangkat tersebut justru dikirimkan ke komputer hacker. Pada dasarnya dalam teknik ini, tidak benar-benar mengubah MAC address perangkat tujuan, tetapi hanya mengelabui router/switch dengan alamat palsu agar data tersebut dikirimkan ke perangkat yang tidak berhak.

perbedaan mac address dan ip address, perbedaan ip address dan mac address, apa hubungan antara mac address ip address dan port number, hubungan ip address dan mac address, terangkan network address, pengertian ip address dan mac address, pengertian mac address dan ip address, hubungan mac address dan ip address, ip address dan mac address, perbedaan mac address dengan ip address

4 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.