Ancaman di Era Digital, Siap Sedia Sebelum Menjadi Korban

Saat bangun tidur di pagi hari, kegiatan apa yang pertama kali kamu lakukan? Mayoritas kita, di era serba canggih seperti saat ini, mengecek ponsel genggam adalah aktivitas pertama yang kita lakukan. Entah untuk mematikan alarm, mengecek jam, hingga memeriksa notifikasi apa saja yang kita terima saat kita sedang tidur.

Meskipun ini terkesan bahwa kita terlalu candu akan teknologi, tapi memang ini merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Keseluruhan aktivitas harian kita selalu terkait dengan teknologi. Berkomunikasi dengan orang lain, melakukan pekerjaan, keperluan sekolah, membeli makanan, akses transportasi, hingga kegiatan hiburan. Semua aktivitas tersebut sering kita lakukan lewat pemanfaatan teknologi. Sehingga, usaha untuk mengurangi tingkat kecanduan akan teknologi terdengar mustahil untuk dilakukan.

Tips Melindungi Data Pribadi dari Ancaman di Era Digital

Walaupun sulit untuk mengurangi kadar konsumsi teknologi, bukan berarti kita seratus persen aman saat menggunakannya. Saat ini ada banyak bahaya yang mengancam kita saat menggunakan teknologi seperti saat berselancar di internet. Peretasan, pencurian data pribadi, hingga pembobolan rekening tabungan marak terjadi di sekitar kita.

Terutama jika kita merupakan penggiat bisnis. Kebocoran serta pencurian data dapat memberikan dampak negatif pada perusahaan kita. Kita dapat mengalami kerugian jika ini terjadi, termasuk di dalamnya kerugian finansial. Namun, kita dapat mencegah ini dengan memasang sistem jaringan yang aman bagi bisnis kita. Contohnya adalah dengan menggunakan Metro Ethernet Telkom yang memberikan kita keleluasaan untuk mengelola, mengatur, serta mengamankan sistem data kegiatan bisnis yang kita jalankan.

Namun, jika kita menggunakan internet untuk kepentingan pribadi, langkah apa yang dapat kita lakukan? Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk melindungi diri dari ancaman kejahatan digital. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Menggunakan Password Manager

Menggunakan password yang berbeda untuk tiap website merupakan tips teraman yang bisa kita lakukan untuk mengamankan data pribadi. Bagi orang-orang yang mudah untuk mengingat banyak hal, ini adalah hal yang tidak sulit. Namun ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang cenderung melupakan banyak hal. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Password Manager.

Aplikasi Password Manager ini akan menyimpan semua password yang kita miliki dalam satu buah sistem. Kita hanya perlu mengingat satu password saja, yaitu kata sandi dari aplikasi Password Manager. Contoh Password Manager yang dapat kita gunakan adalah layanan penyimpan kata sandi yang disediakan oleh Google.

Lakukan pengecekan data secara rutin

ancaman di era digital perlindungan data pribadi

Kita dapat melakukan pengecekan secara berkala untuk mengetahui apakah data yang kita miliki mengalami kebocoran atau tidak. Dengan melakukan ini, kita dapat mengetahui data yang kita miliki mengalami kebocoran pada website apa, serta data apa saja yang bocor.

Mengaktifkan Two Factor Authentication

Beberapa website menyediakan fitur ini sebagai sistem keamanan tambahan dalam websitenya. Contohnya seperti Instagram, Twitter, dan WhatsApp. Fungsi dari fitur ini adalah memberikan keamanan ekstra dari ancaman di era digital dari hacker yang berniat mencuri data pribadi kita. Keamanan ekstra ini berupa kode verifikasi atau OTP yang dikirimkan lewat SMS ke nomor handphone yang kita daftarkan.

Menggunakan VPN

VPN tidak hanya digunakan untuk membuka akses website yang diblokir, tetapi juga mampu melindungi kita dari ancaman di era digital. VPN juga dapat memberikan perlindungan ekstra saat kita berselancar di internet. Saat kita menggunakan layanan ini, kita akan diidentifikasikan sebagai anonym. VPN seolah membangun dinding tebal yang tidak dapat ditembus oleh hacker untuk mencuri data pribadi kita.

Itu dia tips yang dapat kita lakukan untuk melindungi data pribadi kita. Meskipun kita telah melakukan tips di atas, kita juga harus tetap berhati-hati dalam menggunakan internet agar informasi dan data pribadi tidak dapat diretas oleh orang lain agar kita dapat terhindar dari kondisi yang dapat memberikan kerugian kepada kita.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.