Arduino: Mengontrol Servo dengan Potensiometer

Mengontrol servo dengan arduino. Motor servo merupakan satu dari beberapa jenis motor yang sering digunakan dalam pembuatan robot/ aplikasi mikrokontroller lainnya. Motor servo DC pada umumnya merupakan motor DC yang sudah diberi kendali kontrol. Dengan adanya kendali ini, gerakan motor servo dapat diatur derajat dan arahnya berdasarkan pulsa yang masuk. Sehingga pergerakan motor ini bisa diaplikasikan dalam pembuatan robot berkaki, lengan robot, maupun aplikasi mikrokontrol lainnya.

Pada project arduino kali ini, mengontrol servo menggunakan motor berjenis tower pro MG996R, untuk mengatur arah motornya menggunakan potensiometer 1K ohm dengan kendali menggunakan board arduino mega 2560. Input servo berasal dari Pin 13 yang merupakan output PWM pada arduino mega, sedangkan input potensio adalah pin analog 0.

Program mengontrol servo menggunakan arduino

#include <Servo.h> 
Servo servo1; 
void setup()
{
servo1.attach(13); 
}
void loop()
{
int angle = analogRead(0); 
angle=map(angle, 0, 1023, 0, 180); 
servo1.write(angle); 
delay(15); 
}

Hasil pengujian tampak seperti gambar berikut Arduino kendali servo dengan potensiometer

kontrol kecepatan LED dengan potensio, kontrol servo pada arduino, program arduono menggerakan servo dengan potensiometer, mapping servo potensio, kontrol servo dengan arduino dan potensio, program motor servo menggunakan arduino, kontrol servo dengan potensio arduino, coding arduino potensio, coding servo mengunakan potensio, membuat arduino servo dengan potensio

1 thought on “Arduino: Mengontrol Servo dengan Potensiometer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *