Begini Cara Cek Resi Online Paket Kamu Via Penyedia Jasa Logistik

Bagaimana jika kamu ingin mengirimkan surat atau paket pada Pak Prabu di Desa Penari? Hmmm sepertinya susah ya, lokasi Desa Penari saja masih entah ada dimana. Tapi mau tidak mau di dunia yang serba digital saat ini. Kebanyakan orang menggunakan internet untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Kini online shop adalah bagian dari lifestyle setiap orang. Prosesnya yang mudah, cepat, dan banyak tersedia diskon, menjadikannya pilihan utama dalam berbelanja. Berbagai macam kebutuhan tersedia dengan lengkap pada online shop. Mulai dari kebutuhan yang kecil seperti mainan atau hiasan sampai kebutuhan besar seperti laptop dan komputer tersedia di berbagai platform online shop.

Semakin ramainya pembeli dan penjual pada online shop juga semakin menambah ramainya arus barang dan pengiriman. Maka muncullah banyak jasa ekspedisi atau pengiriman barang dengan berbagai macam jenis layanan. Ada pengantar barang kilat, ada pengantar barang dengan jasa satu mobil penuh, dan berbagai jenis layanan pengantaran jasa lainnya.

Namun yang pasti, jasa pengiriman barang yang sering digunakan oleh masyarakat adalah JNE, TIKI, JNT, Wahana dan Pos Indonesia. Jasa-jasa ekspedisi tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Selalu ramai setiap harinya dengan jenis pengiriman barang yang berbeda-beda. Pengiriman barang saat ini juga lebih cepat dan praktis dibandingkan dengan zaman dahulu. Bahkan kita dapat mengecek status keberadaan barang pesanan kita sampai dimana.

Cara Cek Resi Online Pengiriman Paket

Yup benar sekali, sekarang kita dapat mengecek resi barang yang kita jual atau kita beli secara online. Kita tinggal mengakses menggunakan layanan yang telah disediakan untuk melacak sampai dimana pesanan kita sekarang. Tentu layanan ini sangat membantu untuk menjaga keamanan kedua belah pihak. Nah, lalu bagaimana sih cara cek resi secara online? Berikut penulis sudah merangkumnya untuk kita:

  1. Cek resi JNE

Sebenarnya langkah untuk mengecek resi di semua jenis jasa pengiriman online hampir sama baik langkah maupun caranya. Jika kita menggunakan layanan JNE dalam pengiriman, kita dapat mengecek resinya dengan mengunjungi alamat tracing JNE.

cara cek resi JNE

Bagi yang belum tahu, resi adalah seri nomor yang diberikan oleh jasa pengantaran dimana disini adalah JNE kepada pengirim. Jadi jika kamu membeli barang secara online, kamu dapat meminta nomor resi kepada penjual. Nomor itu yang kemudian dapat digunakan untuk melacak barang yang dipesan apakah masih di jalan atau sudah berada di kantor JNE. Nomor resi hanya akan diberikan ketika pengirim barang sudah melakukan proses pengiriman.

Berikut merupakan langkah dalam mengecek resi menggunakan  jasa pengiriman JNE :

  1. Kunjungi tautan https://www.jne.co.id/id/tracking/trace untuk masuk ke web utama JNE untuk melacak barang pesananmu,
  2. Kamu akan langsung diarahkan ke halaman dengan judul lacak kiriman,
  3. Terdapat kolom dengan perintah “please enter JNE Airwaybill number” artinya kamu harus memasukan nomor resi yang sudah kamu peroleh ke dalam kolom. Jika belum mendapatkan nomor resi, kamu bisa meminta kepada pihak atau toko yang mengirimkan barangmu,
  4. Kemudian kamu akan diminta untuk mengisi kode captcha sesuai dengan apa yang muncul di layar. Kamu tinggal menyalin kombinasi huruf dan angka yang muncul,
  5. Kemudian pilih search dan tunggu beberapa menit, maka akan muncul informasi barang seperti nama penerima, alamat penerima, dan status pengiriman,
  6. Pada status pengiriman inilah kamu akan tahu barangmu sudah sampai dimana.
  1. Cek Resi J&T Express

 

BACA JUGA:   Bisnis Musisi Di Kanal Digital

cara cek resi JnT

Sama seperti cara cek resi menggunakan JNE, cara cek resi menggunakan JnT sangat mudah karena hanya memasukkan resi di kolom yang sudah disediakan. Berikut adalah langkah-langkah cek resinya secara lebih rinci :

  1. Kamu bisa mengunjungi web resmi J&T dengan mengakses link http://www.jet.co.id/
  2. Kemudian pilihlah express service pada bagian trace and track untuk mengecek resi
  3. Pada kolom trace and track yang sudah disediakan kamu harus memasukan nomor resi dari barang yang sedang dikirim
  4. Kemudian klik track maka informasi barang pesananmu akan muncul beserta status barang. Apakah masih dijalan atau sudah sampai di kantor  J&T.
  5. Jangan sampai salah dalam memasukan nomor resi. Selain menu check resi, di halaman tersebut juga tersedia kolom untuk mengecek tarif pengiriman dan juga lokasi kantor J&T terdekat dari lokasimu sekarang. 
  1. Cek Resi Kantor Pos

cara cek resi pos

Cara cek resi Pos menggunakan layanan kantor Pos Indonesia sangat mudah dan praktis. Kamu dapat mengikuti langkah berikut :

  1. Kunjungi tautan https://www.posindonesia.co.id/id untuk langsung terhubung dengan web resmi kantor pos Indonesia,
  2. Perhatikan kolom di bagian kiri atas dengan judul lacak kiriman. Pada kolom tersebut kamu harus memasukan nomor resi pengiriman barang. 
  3. Klik tracking maka akan muncul informasi mengenai barang pesananmu disertai dengan status informasi keberadaan barang pesanan.
  4. Sama seperti J&T, pada halaman kantor pos Indonesia juga disediakan kolom yang dapat digunakan untuk mengecek tarif dan lokasi kantor pos terdekat.
  1. Cara Cek Resi Tiki

Begini Cara Cek Resi Online Paket Kamu Via Penyedia Jasa Logistik 1

Jika kita menggunakan layanan Tiki, kita juga bisa mengaksesnya secara online. Disitu tersedia banyak layanan yang cukup lengkap. Mulai dari cek resi, cek tarif, bahkan sampai cek lokasi dimana kantor Tiki terdekat yang ada di sekitar alamat yang kita input. Untuk cek resi sendiri cukup mudah hanya dengan melakukan langkah berikut :

    1. Kunjungi alamat resmi web Tiki pada tautan https://tiki.id/id/home
    2. Kemudian pilihlah kolom cek resi yang terletak di bagian kiri halaman,
    3. Masukan nomor resi pada kolom yang sudah tersedia,
    4. Klik Cek maka beberapa saat kemudian akan muncul informasi dan status barang yang sedang kita pesan.
  1. Cara Cek Resi Wahana Prestasi

Begini Cara Cek Resi Online Paket Kamu Via Penyedia Jasa Logistik 2

Wahana Prestasi Logistic merupakan salah satu penyedia jasa antar paket yang bisa kamu gunakan juga lho gaes, jasa logistik ini sudah cukup lama melayani masyarakat Indonesia. Untuk melakukan pelacakan paket di Wahana, kita bisa menggunakan apps android resmi mereka atau bisa cek melalui portal Wahana. Adapun cara mengecek resi di Wahana adalah sebagai berikut

  1. Buka halaman Lacak Kiriman di website Wahana
  2. Masukan nomor resi wahana yang kamu dapatkan dari agen pengiriman paket kamu
  3. Klik tombol lacak
BACA JUGA:   10 Software Bootable Flashdisk USB

Di Wahana, kamu bisa mengecek 10 nomor resi sekaligus, jadi bisa hemat waktu untuk kamu yang memiliki online shop dan ingin memastikan apakah kiriman kamu sudah diterima dengan baik oleh para klien. Pada halaman yang sama kamu juga bisa menghitung biaya ongkos kirim Wahana berdasar alamat pengirim, tujuan, dimensi serta berat paket kamu.

  1. Cara Cek Resi Ninja Xpress

cek resi ninja xpress

Meski terbilang baru di tanah air, Ninja Express rupanya sudah beroperasi di enam negara di Asean. Selain Indonesia, Ninja Xpress telah melayani pengiriman barang di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan juga Filipina. Untuk melakukan pengecekan di Ninja Xpress caranya adalah sebagai berikut

  1. Buka halaman https://www.ninjaxpress.co/id-id
  2. Scroll sedikit ke bawah dan kamu akan menemukan bagian pelacakan
  3. Masukan nomor resi ninja xpress milikmu
  4. Kemudian tekan lacak
  5. Ninja akan memberitahukan posisi paketmu saat ini

Sekarang sepertinya semua jenis layanan sudah memiliki web resmi berikut dengan pelayanan yang cepat, praktis, dan mudah karena sudah menggunakan teknologi yang canggih. Bagi kamu yang masih kebingungan mengenai caranya, kamu dapat menghubungi layanan customer service yang tersedia di web resmi masing-masing layanan. Semoga ulasan ini membantu ya!

Cek Lokasimu jnt

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.