Begini Cara Menentukan Jumlah Turbin Ventilator Ruangan

Turbin Ventilator

Seringkali kita melihat turbin ventilator di atap sebuah rumah atau gedung, namun kita sendiri kurang paham apa fungsi alat tersebut. Turbin ventilator adalah alat untuk membantu sirkulasi udara dalam ruangan, mengatasi pengap, bau dan lembab sehingga udara terasa lebih sejuk dan segar. Alat ini tidak membutuhkan listrik dan bebas biaya perawatan serta mampu bekerja selama 24 jam non stop.

Turbin ventilator akan bergerak atau berputar sesuai dengan arah angin atau tekanan udara yang terjadi dari perbedaan suhu di dalam dan di luar ruangan. Dalam kondisi ideal, sebuah ruangan membutuhkan pergantian udara setiap jamnya dengan volume 70 – 90 meter kubik. Sehingga suhunya sama dengan suhu di luar ruangan. 

Penggunaan AC atau kipas angin juga bisa menyejukkan ruangan, tetapi membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Sehingga penggunaan turbin ventilator merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin berhemat.

Lalu berapa jumlah turbin ventilator yang dibutuhkan sebuah rumah atau gedung? Sebelum menentukan berapa jumlah turbin yang harus dipasang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Volume rumah atau gedung dalam meter kubik (panjang x lebar x tinggi)

2. Kegunaan bangunan (rumah tinggal, gedung olahraga, workshop, garasi, gudang dan sebagainya) karena kegunaan sebuah bangunan akan menentukan jumlah sirkulasi udara yang dibutuhkan

3. Kecepatan angin di daerah tersebut

Berikut ini contoh penentuan jumlah turbin ventilator yang dibutuhkan :

1. Tentukan dahulu volume ruang, misalnya sebuah ruang tamu dengan panjang 6 meter, lebar 3 meter dan tinggi 4 meter. Maka volume ruang tamu adalah 6 m x 3 m x 4 m = 72 m3

2. Selanjutnya tentukan volume atap lalu dibagi 2, karena atap rumah umumnya berbentuk segitiga. Misalnya atap dengan tinggi 2 meter, maka volumenya adalah 6 m x 3 m x 2 m : 2 = 18 m3

3. Hitung total volume ruang ditambah dengan volume atap, yaitu : 72 + 18 m3 = 90 m3

4. Kemudian tentukan turbin yang dibutuhkan, misalnya turbin ventilator dengan diameter 45 cm dengan daya hisap 42,36 m3/menit. Maka untuk ruangan dengan volume 90 m3, dibutuhkan dua turbin ventilator berdiameter 45 cm untuk membuat udaranya lebih sejuk dan segar.

Turbin Ventilator

Selanjutnya, letakkan turbin ventilator pada puncak atap bangunan dengan jarak sekitar 3 meter antara turbin yang satu dengan yang lain. Usahakan untuk menempatkannya pada tempat dengan aliran udara yang lancar.

Nah, itu tadi serba serbi pemasangan turbin ventilator untuk menyejukkan dan menyegarkan udara dalam ruangan. Memang penggunaan turbin ventilator bukanlah satu-satunya solusi untuk mengatasi udara panas dalam tempat tinggal Anda, namun setidaknya melalui alat ini udara panas dapat teratasi.

Semoga bermanfaat!

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.