Berapa Dana Persiapan Melahirkan yang Diperlukan?

Berapakah usia kandungan Ibu saat ini? Sudahkah Ibu mempersiapkan dana kelahiran si jabang bayi nanti? Pertanyaan-pertanyaan tersebut seringkali terdengar bagi calon Ibu yang tengah dalam usia kandungan tua atau memasuki sembilan bulanan. 

Ya, usia tersebut adalah waktu persiapan bagi bayi untuk keluar dari rahim ibunya. Saat itu pula, baik Ibu dan Ayah harus mempersiapkan dana persiapan melahirkan yang diperlukan. Berapakah biaya yang diperlukan sekaligus persiapannya? 

Berikut ini adalah daftar susunan apa saja yang harus Ibu dan Ayah siapkan sebagai persiapan melahirkan.

Pentingnya Menyusun Dana Persiapan Melahirkan

Berbagai persiapan berikut harus dipersiapkan guna kelancaran kesehatan si bayi juga ibunya. Biaya lain juga harus diperhitungkan guna memenuhi kebutuhan si ibu usai melahirkan. Selengkapnya, simak ulasannya di bawah ini

Vitamin dan Obat-obatan

Menginjak usia hamil tua, Ibu harus selalu menjaga stamina tubuh supaya tetap sehat baik si ibu maupun si janin. Untuk itu, diperlukan vaksin toksoid yang bisa diperoleh melalui Puskesmas dengan kisaran biaya Rp40.000 hingga Rp60.000. 

Di samping itu, perlu juga untuk memenuhi vitamin berupa asam folat dan kalsium denan anggaran Rp20.000 hingga Rp100.000. Selama sebulan, untuk kebutuhan ini biaya total yang harus disiapkan sekitar Rp900.000.

Perawatan Selama Masa Kehamilan 9 Bulan

bentuk payudara di masa kehamilan anak pertama

Sebenarnya, persiapan melahirkan ini satu kesatuan dengan persiapan kehamilan. Diantaranya, mulai dari test pack sampai tes TORCH untuk mengetahui kondisi kesehatan terhadap berbagai penyakit. Untuk kedua tes diatas membutuhkan biaya sekitar Rp36.000 dan Rp2.000.000.

Begitu pula dengan kebutuhan perawatan ke dokter setiap masa kehamilan bertambah. Untuk bertemu dokter, alokasi dana yang disiapkan sekitar Rp200.000 per pertemuan, sehingga untuk 12 kali membutuhkan biaya Rp2.400.000. Ingat, perawatan selama kehamilan ini harus dioptimalkan supaya kesehatan si ibu maupun si calon bayi tetap terjaga.

Pakaian Hamil

Bukan hanya si calon bayi yang membutuhkan perhatian ekstra dengan membelikannya pakaian baru, tapi si ibu juga memerlukan pakaian hamil yang nyaman dengan harga sekitar Rp50.000. Sedangkan untuk korset kehamilan harganya sekitar Rp60.000.

Biaya Kelahiran Normal

persiapan melahirkan bayi normal

Setiap wanita pasti mendambakan kelahiran sang buah hati dengan cara normal. Apalagi cara ini lebih aman dan proses penyembuhan jauh lebih cepat ketimbang cara operasi. Biaya operasi kelahiran norma ini membutuhkan biaya sekitar Rp1.000.000 hingga Rp3.00.000 melalui bidan. Tentu biaya yang tidak begitu besar ini lebih diperhitungkan oleh para calon Ibu.

Perencanaan Biaya Persalinan Caesar

Meskipun tiap wanita lebih mengutamakan proses kelahiran secara normal, tetap saja harus merencanakan opsi lain berupa persalinan caesar. Pasalnya, kita tidak tahu apakah yang akan terjadi kelak diluar perkiraan sendiri. Dibanding persalinan normal, caesar ini membutuhkan masa pemulihan yang jauh lebih lama. Biaya yang perlu disiapkan pun jauh lebih besar yaitu Rp11.000.000 hingga Rp30.000.000. Harga ini tergantung rumah sakit dimana Anda pilih.

Perlengkapan Bayi

Usia hamil tua ini memang ada-ada saja yang harus disiapkan bagi sang Ibu. Salah satunya menyiapkan  perlengkapan bayi baru lahir, mulai dari pakaian, baby box, kebutuhan sanitasi, dan lainnya. Nah, untuk biaya ini ternyata terbilang besar meskipun hanyalah benda-benda kecil. Misalnya untuk set pakaian biasanya harganya Rp100.000 per set. Kemudian baby box membutuhkan biaya Rp750.000. Sedangkan untuk kebutuhan sanitasi anak seperti betadine, cotton bud, kassa, dan lainnya dipastikan habis Rp200.000.

Fasilitas Penjamin Kesehatan

Bagi Anda yang hendak memanfaatkan fasilitas kesehatan guna keperluan kelahiran si bayi juga bisa menggunakan fasilitas penjamin kesehatan berupa BPJS Kesehatan. Biasanya, biaya yang akan ditanggung sebesar Rp600.000 untuk persalinan secara normal di Puskesmas atau Faskes I. 

Begitu pula bagi Anda yang memiliki layanan BPJS di kantor, bisa menanyakan tunjangan ini pada bagian personalia.

Penyembuhan Pasca Melahirkan

tumbuh kembang bayi

Penyembuhan pasca melahirkan bagi sang Ibu tentu berbeda-beda. Apalagi untuk pilihan persalinan secara normal dan operasi caesar. Untuk itu, maksimalkan masa cuti Anda dengan beristirahat dengan cukup. Begitupun perawatan si kecil yang harus diperhatikan supaya tumbuh kembang dengan baik.

Sekali lagi, persiapan kelahiran dan budget yang diperlukan di atas harus disusun jauh-jauh hari. Begitu pula kesiapsiagaan suami maupun diri sendiri ketika mendekati hari kelahiran si jabang bayi. Semoga persalinannya lancar ya!

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.