Adobe Flash adalah tools yang sangat familiar di kalangan pembuat animasi, game maupun company profile. Sejak diluncurkan medio 90an software ini telah menjadi salah satu software animasi utama 2 dimensi. Adobe sebagai vendor dari Flash sendiri terus mengupdate kemampuan softwarenya dengan memperbarui fitur yang ada di flash bahkan dengan berani melakukan perombakan besar-besaran bahasa native di Flash dari Actionscript 2.0 menjadi Actionscript 3.0 yang hampir tidak saling kompatibel.
Sayangnya banyak pengguna flash belum memikirkan atau mencoba potensi flash yang lain selain di bidang animasi dan pembuatan game edukasi. Flash pada dasarnya juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan database dengan menggunakan bantuan bahasa XML atau eXtra Markup Language.
Dengan menggunakan bantuan XML, animasi dapat menjadi lebih hidup, mampu menyimpan dan menampilkan data dari website dan lain sebagainya.
Buku yang berjudul Adobe Flash + XML; Rich Multimedia Application karangan Andy Sunyoto ini mencoba mengupas fitur flash yang banyak ditinggalkan dan dikesampingkan oleh banyak programmer flash.
Tidak seperti kebanyakan buku tutorial Adobe Flash yang mengupas penggunaan visual programmingnya, buku ini membahas mulai dari dasar Pemrograman Flash sampai pengkombinasian flash dengan bahasa XML untuk membentuk aplikasi flash yang lebih interaktif berbasis data. Beberapa poin yang dibahas buku ini adalah:
• ActionScript
• XML (eXtensible Markup Language)
• Menjelajah Data XML
• Animasi Flash
• Event Handler
• Loading Eksternal File (Text, Movie, Image) Local dan Server
• Contoh Kasus Movie Load XML
• Preloader (Movie, Image, XML)
• Aplikasi Flash XML – Image Gallery
• Aplikasi Flash XML – Chart
• Aplikasi Flash – RSS Reader
• Publish Flash Movie
Jadi untuk sobat muda penyuka pemrograman visual maupun pengembang game berbasis flash, dapat melengkapi referensinya tentang fitur integrasi XML yang dimiliki flash agar menghasilkan animasi dan game yang lebih baik lagi ke depannya.