Miskonsepsi Perbedaan RAM dan ROM

Apa sih Perbedaan RAM dan ROM? Pernah membeli smartphone dengan informasi RAM 3gb dan ROM 32gb? Apa sebenarnya fungsi RAM dan apa fungsi ROM? Nah mari kita simak penjelasannya

Memory komputer terbagi menjadi dua yaitu RAM dan ROM….. Kalimat awalan tersebut adalah contoh miskonsepsi bagaimana seorang guru/pengajar salah memahami perbedaan RAM dan ROM sehingga mengajarkan pemahaman yang salah kepada siswanya.

Salah Kaprah Perbedaan RAM dan ROM

Memang benar dalam dunia komputer RAM dan ROM merupakan jenis memori komputer, keduanya dipakai berdampingan dalam sebuah komputer baik yang berupa PC, server, laptop maupun smartphone dan tablet. Istilah perbedaan RAM dan ROM adalah bahasa pasar yang digunakan pedagang untuk membedakan mana memory sementara sebagai RAM dengan mana media penyimpanan/ hardisk/SD yang mereka sebut dengan sebutan ROM.

pengertian perbedaan ram dan rom adalah

Merujuk pada perbedaannya tentu harus terlebih dahulu memahami apa yang disebut RAM dan apa yang disebut ROM. Pengertian RAM adalah Random Access Memory, sedangkan ROM adalah Read Only Memory. Keduanya menandakan adanya perbedaan jenis, tetapi jenis apanya dulu?

Perbedaan RAM dan ROM dan memori internal

Di masa smartphone ini, penjual smartphone sering menyebut ponsel 4/64 yang berarti RAM 4 gigabyte, ROM 64 gigabyte. Padahal istilah tersebut adalah salah, istilah yang benar adalah RAM 64 gigabyte dan media penyimpanan internal/memori internal 64 gigabyte.

Istilah memori, merujuk pada dua terminologi yakni volatile memory dan non-volatile memory. Volatile memory adalah memori yang akan terhapus saat device kehilangan arus listrik. Misal saat kita mengedit file di komputer dan terjadi gangguan listrik, maka hasil editan kita hilang. Hal ini karena file tersebut saat diedit berada di volatile memory, yaitu RAM.

Sedangkan non-volatile memory adalah sebutan untuk media penyimpanan yang memiliki resistensi terhadap kehilangan data meskipun kehilangan arus listrik. Contoh non-volatile memory adalah Hardisk, Flashdisk, SD Card, memori internal hp.

BACA JUGA:   Kacrut Last Message

ROM pada smartphone merujuk pada sistem firmware bawaan masing-masing pabrik smartphone. ROM ini bersifat tetap, merupakan jenis non-volatile memory, oleh karenanya saat kita melakukan reset ponsel, ponsel akan meload data firmware smartphone tersebut dari ROM. ROM sendiri tidak berada di memori internal hp, karena berada di lokasi terpisah.

Perbedaan Memori berdasar Kemampuan Membaca Urutan Data

Memori komputer memang diklasifikasi berdasarkan beberapa aspek, misalnya berdasarkan pengaksesan memori primer atau sekunder, kemampuan membaca acak dan kemampuan baca tulis. Fungsi memori sendiri ada berbagai macam, memori ini ada memori primer seperti RAM dan ada memory sekunder atau hardisk.

Memory komputer dapat dipecah sebagai berikut:

  1. Primary – Secondary
  2. SAM – RAM
  3. ROM – RWM

Berdasarkan metode pengaksesan ada memory primer dan memory sekunder, bisa anda baca di postingan saya yang lain tentang perbedaan memori primer dan sekunder. Sedangkan kemampuan membaca data secara acaknya maka memory komputer dibagi menjadi dua.

  1. Random Access Memory (RAM)
  2. Sequencial Access Memory (SAM)

Pengertian RAM

Random Access Memory adalah memory yang memiliki kemampuan membaca akses data di dalamnya secara random. Memory ini menggunakan mekanisme random karena data yang diolah merupakan data sementara. Memory jenis ini biasanya merupakan memory primer pada komputer yang kita kenal dengan sebutan RAM.

2000px Random vs sequential access.svg

Simple Data Random Access Memory (SDRAM), Double Data Rate RAM (DDR; DDR2, DDR3, dst) Rambus Dynamic RAM (RDRAM) Extended Data Out DRAM (EDORAM) adalah contoh memory dari keluarga RAM. Fungsi dari RAM adalah sebagai memori primer/memory utama dimana data yang akan diproses oleh processor terlebih dahulu diangkat dari hardisk ke dalam RAM untuk kemudian dieksekusi.

Data yang diproses di RAM sifatnya adalah sementara yang sifatnya volatile, sedangkan data pada hardisk adalah media penyimpanan non-volatile. Artinya, saat listrik/komputer mati, data yang berada di RAM akan otomatis terhapus, karena sifat volatilenya, sedangkan data di hardisk tetap karena non-volatile. Lalu kenapa data masih diproses di RAM?

Fungsi RAM sebagai memory utama dalam komputer maupun smartphone dikarenakan kecepatan akses datanya yang lebih tinggi dibanding hardisk. Prosesor dapat mengalamati RAM secara langsung, berbeda dengan akses data ke hardisk yang memerlukan bantuan chipset Northbridge. Karena aksesnya lebih cepat inilah maka RAM berfungsi sebagai memory primary dan hardisk sebagai memory secondary.

Pengertian Sequenced Access Memory

Sementara SAM atau sequenced access memory adalah memori yang metode pengaksesan datanya sekuensial atau berurutan, contoh paling mudah adalah pita kaset analog. Dalam kaset analog data diakses berurutan sehingga memainkan sebuah lagu yang berada di dalamnya.

BACA JUGA:   Bapers Talk: Anak, gadget dan dampak negatif internet

Jika kita pernah melakukan burning sedikit data pada media CD, maka pada sisi layer data CD tersebut bagian tengah akan lebih berwarna gelap daripada bagian tepi. Karena metode penulisan CD juga menggunakan metode sequensial dari dalam menuju ke luar sampai batas kapasitas yang tertera pada CD tersebut.

Perbedaan Memory Berdasar Kemampuan Akses
RAM SAM
Pembacaan memory bisa secara acak pembacaan memory harus berurutan
Tidak memerlukan rewind/forward untuk menuju address tertentu Perlu rewind/forward menuju address tertentu
Digunakan sebagai working memory Digunakan sebagai data memory

Jenis Memory Berdasar Kemampuan Baca dan Tulis

Sementara itu berdasarkan kemampuan baca tulis memory, pernah saya tuliskan juga di tulisan yang lain mengenai jenis-jenis memory semikonduktor. Ada dua jenis memory disini yaitu

  1. Read Only Memory (ROM)
  2. Read Write Memory (RWM)

Pengertian ROM dan RWM

Pengertian ROM adalah memory yang bersifat paten tidak dapat ditulisi. Biasanya berupa chip yang sudah jadi dan siap digunakan, sementara RWM adalah memory yang sifatnya writable maupun re-writable, dapat ditulis dan dapat ditulisi ulang. Contohnya adalah flashdisk, hardisk, SD-Card, CDRW dan media penyimpanan utama kita lainnya. Pada media-media RWM tersebut kita bisa mengubah data yang ada di dalamnya, menghapus, mengedit dan mengganti datanya.

Tetapi bukankah ada chipset yang bisa diprogram seperti mikrokontroler dan mikroprocessor, BIOS, ic Real Time Clock (RTC) ? Betul tepat sekali, pada bagian chipset tersebut di atas ada 2 jenis memory yaitu ROM dan RWM (RWM biasanya diwakili EEPROM maupun Flash PROM, kita hanya bisa melakukan programming pada EEPROM maupun flash ROM nya, bukan pada ROM nya.

Perbedaan Memory Berdasar Kemampuan Baca Tulis
ROM RWM
Tidak dapat ditulis ulang Dapat ditulis ulang
Umumnya dibuat untuk instruksi khusus vendor Dibuat untuk menyimpan data pengguna
Umumnya tertanam dalam single chip dalam mainboard

  • BIOS
  • Mikrokontroler
  • Mikroprocessor
Dapat berupa

  • RAM
  • Hardisk
  • CDRW
  • FDD
  • SSD
  • Flash Memory

Jadi jika membandingkan RAM dengan ROM adalah jenis memory komputer berdasarkan satu klasifikasi tertentu saja jelas tidak tepat. Karena RAM seharusnya dibandingkan dengan SAM, dan ROM dibandingkan dengan RWM.

termasuk jenis memory apakah micro SD? RAM atau ROM?
termasuk jenis memory apakah micro SD? RAM atau ROM?

Jadi termasuk jenis memory apakah micro SD? ROM atau RAM?

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.