[Buku] Debian GNU/Linux

Buku karangan Askari Azikin ini menurutku setara dengan harga yang dibanderolkan padanya. Tidak hanya mengupas sebuah distro linux dari segi aplikasi tapi juga mengajak pembaca untuk lebih jauh mengenal sistem kernel linux.

Total ada 21 Bab yang terdapat pada buku Debian GNU/Linux ini, dimulai dari pengenalan sistem operasi, software GNU, distro linux, Debian free software guidelines (DFSG), kemudian melaju ke instalasi Debian menggunakan GUI. Kok GUI bukan teks mode saja? ya penulisnya memang ingin merangkul calon pengguna linux agar tidak langsung njegleg dengan cara instalasi berbasis teks.

debian-coffee-cut-edit [Buku] Debian GNU/Linux  wallpaper

Hal yang menarik dari buku ini bukan tentang konfigurasi server seperti dalam beberapa buku linux lain, tapi lebih ke manajemen user, shell dan beberapa aplikasi lain yang jarang di bahas, seperti sistem boot, stream & sed, dll. Penulis mencontohkan manajemen user di linux menggunakan LDAP yang kemudian dijadikan sebagai contoh dalam manajemen server lainnya (proxy, web, ssh)

Jika ada kekurangan dari buku ini, menurutku ada beberapa missing point yang lupa disajikan penulis meski tidak terlalu fatal, mungkin karena sudah terbiasa menggunakan sistem linux sementara banyak pembaca yang membaca buku ini dari nol. Sebagai contoh, dalam beberapa aplikasi linux, perintah untuk Save dan Exit memiliki shortcut tombol yang berbeda namun tidak selalu disebutkan kombinasi shortcut tombolnya oleh penulis, ini berbeda dengan kebiasaan di lingkungan Microsoft Windows yang aplikasinya hampir memiliki shortcut tombol yang sama.

BACA JUGA:   FREE SCREEN RECORDER; memfilmkan layar komputermu

Buku setebal 624 halaman ini bisa dibawa pulang dengan harga Rp. 120.000, Penulis juga memiliki banyak tulisan edukatif tentang debian di situsnya; debianIndonesia.org, sayangnya situs tersebut saat ini sudah tidak aktif karena domainnya expired

buku debian, Debian GNU Linux karangan Askari Azikin Juli 2011, contoh buku linux, linux debian askari, ebook debian linux, debian gnu linux by askari azikin pdf, buku debian server, Buku debian lunix, buku debian askari azikin, materi tentang debian

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

4 tanggapan untuk “[Buku] Debian GNU/Linux

  • September 1, 2014 pada 10:34 pm
    Permalink

    Tidak sengaja googling dan menemukan blog ini membahas tentang buku saya. Sebelumnya terima kasih banyak telah membeli buku saya beserta review-nya. mengenai website yang expired, betul sekali karena masalah pertama server colocation saya rusak setelah beroperasi selama 7 tahun lebih (server jangkrit tapi handal) bertepatan dengan expire-nya domain tsb. dan saat ini saya sedang bertugas di luar negeri, Insya Allah sekembali ke Indonesia segera server debianindonesia.org akan beroperasi lagi.

    Salam. Askari

    Balas
    • September 2, 2014 pada 1:05 pm
      Permalink

      Wah kehormatan buat saya dikunjungi oleh pak Askari, maturnuwun sekali sebelumnya, materi di buku anda sangat membantu saya dalam proses pembelajaran di SMK jurusan TKJ, kebetulan SMK saya menggunakan Debian sebagai distro utama pembelajaran produktif, terutama untuk kompetensi2 seputar sistem operasi jaringan dan administrasi server. Saya doakan server debianindonesia.org bisa segera beroperasi dan bisa kami jadikan referensi dalam menggunakan Debian di lingkungan pendidikan.

      Balas
  • Juli 21, 2014 pada 10:23 pm
    Permalink

    bocah siki kenal komputer wis windows angel men kon blajar os basis teks
    maraih ra dadi dadi sidane serverku tek ganti kabeh nganggo sles…
    padahal aman nganggo ubuntu server arang-arang sing gelem mbukaki
    semm lah…

    Balas
    • Juli 22, 2014 pada 4:13 am
      Permalink

      haha nyong nek udu merga mulang be windowsan baen, ngegame haha

      Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: