BUMN Hadir Untuk Negeri Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Gorontalo

Gorontalo adalah provinsi ke 32 yang lahir pada 5 Desember 2000. Provinsi ini dikenal dengan sebutan Serambi Madinah, nama Gorontalo sendiri berasal dari kata Hulontalangi atau Hulontali, salah satu kerajaan di masa silam. Para penjajah Belanda di masa itu kesulitan menyebut nama Hulontali dan jadilah namanya jadi Gorontalo.

Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke 74, BUMN melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat di Gorontalo. Acara itu merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) yang diselenggarakan kementrian BUMN dan juga perusahaan negara di bawah naungan BUMN. Nah apa saja sih acara yang dilaksanakan BUMN di Gorontalo?

Beberapa acara yang diselenggarakan antara lain

  1. Siswa Mengenal Nusantara
  2. Pasar Murah
  3. Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74
  4. Kegiatan CSR
  5. Gerak Jalan Sehat

Rangkaian acara ini dimulai sejak tanggal 7 Agustus hingga tahun 20 Agustus 2019. Program Siswa Mengenal Nusantara adalah cara BUMN untuk memberikan wawasan kepada siswa siswi di Indonesia agar dapat mengenal keanekaragaman budaya dan adat istiadat daerah lain. Di tahun ini, 54 siswa dari Surabaya diberangkatkan menuju Gorontalo, sedangkan dari Gorontalo, ada 34 siswa yang akan ganti berkunjung ke Surabaya.

BACA JUGA:   Nilai Sempurna

BUMN Hadir Untuk Negeri Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Gorontalo 1

Di Provinsi Gorontalo, para siswa akan diajak untuk mengunjungi berbagai lokasi bersejarah dan menikmati keramahan Gorontalo, antara lain di Benteng Otanaha, Pulau Saronde dan Pantai Olele.

Suasana peringatan HUT Kemerdekaan RI di Benteng Otanaha, Gorontalo. Sumber: Tirto.id
Suasana peringatan HUT Kemerdekaan RI di Benteng Otanaha, Gorontalo. Sumber: Tirto.id

Program pertukaran siswa antar daerah ini diharapkan dapat memupuk semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkaya pengetahuan siswa mengenai kebhinekaan Indonesia.

BUMN Hadir Untuk Negeri Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Gorontalo 2

Pada tanggal 16 Agustus 2019, BUMN juga menggelar aksi sosial pasar murah untuk masyarakat Gorontalo, ada 2250 paket sembako murah yang bisa ditebus oleh warga dengan harga hanya Rp. 10.000 saja. Ini adalah kerjasama antara BUMN Bank Mandiri, Indonesia RE, PPI serta Llyod Jakarta. Program pasar murah ini cukup membantu masyarakat disana, nampak ibu-ibu antusias mengikuti acara yang diselenggarakan di Lapangan Ippot Tapa.

BUMN Hadir Untuk Negeri Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Gorontalo 3

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementrian BUMN, Hambra Samal, Bupati Bone Bolango Hamim Pou dan Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto nampak ikut melayani masyarakat di lokasi pasar murah. BHUN sendiri juga melakukan perbaikan fasilitas umum berupa pembuatan fasilitas MCK, melakukan rehabilitasi 5 rumah dan elektrifikasi terhadap 16 rumah di Gorontalo. Semuanya gratis dibiayai oleh BUMN.

BACA JUGA:   Remaja dan Problematikanya

BUMN Hadir Untuk Negeri Rayakan HUT Kemerdekaan RI di Gorontalo 4

Sebagai bagian dari kepanjangan tangan pemerintah, BUMN lewat BHUN juga memberikan beasiswa kepada siswa siswi di lingkungan dinas pendidikan provinsi Gorontalo, sementara untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, para pejabat juga melakukan upacara HUT kemerdekaan RI di Benteng Otanaha. Pemilihan Benteng Otanaha yang jauh dari pusat kota ini dinilai strategis untuk memberikan pengetahuan pada masyarakat mengenai perjuangan rakyat Gorontalo, dimana Benteng Otanaha merupakan saksi sejarah perjuangan rakyat Gorontalo di masa silam dalam mengusir penjajah dari tanah air tercinta.

Pada tanggal 18 Agustus 2019, BUMN kembali mengajak masyarakat Gorontalo untuk mengikuti jalan sehat bersama unsur BUMN, muspida, TNI-polri serta berbagai elemen lain. BUMN Hadir Untuk Negeri sendiri merupakan program tahunan yang sudah memasuki tahun kelima, dimana perusahaan yang tergabung dibawah kementrian BUMN, bersinergi untuk saling memberikan yang terbaik untuk kemajuan masyarakat Indonesia.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.