Captcha atau Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart adalah chalenge response test yang digunakan untuk memastikan bahwa user yang sedang berkomunikasi bukanlah komputer/spambot. Captcha diperkenalkan oleh Louis Von Han dan kawan2nya sebagai bentuk antisipasi terhadap maraknya spam bot yang menyebarkan link promosi di setiap kolom komentar yang mereka temui. 

Captcha dihadirkan dalam bentuk image captured, sehingga mempersulit robot untuk dapat menerka tulisan dalam image tersebut, jika tidak dalam bentuk image mungkin robot2 itu tidak akan terlalu kesulitan menjawab pertanyaan captcha, sehingga dengan ini, praktis hanya manusia dengan kemampuan penglihatan yang mampu memilah tulisan apa yang terkandung di dalamnya.

Mungkin saja jika para spambot creator mau sedikit berinovasi, mengcapture kembali tulisan captcha kemudian diartikan menggunakan image processing dan menuliskan hasilnya pada kolom captcha hasilnya bakal lain, spam akan semakin merajalela di internet.

Meskipun captcha terhitung handal dan bagus untuk pertahanan terhadap spam, captcha juga tidak ramah terhadap para pengguna internet. Tulisan captcha memang sengaja dibuat rumit, berhimpit sehingga menyusahkan mata untuk membacanya.

Sewaktu di Multiply dulu, saya sering mengalami keharusan melakukan verifikasi ulang setiap 50 x komen di Multiply, dan setiap hari saya bisa dapat 4 – 5 kali  peringatan verifikasi semodel captcha ini, mungkin temen2 kebayang gila aja sehari bisa komen sampe 250an??? klo di Multiply mah udah sangat biasa 😀

BACA JUGA:   Itu email kan ya?

Emang sekarang di Multiply kebijakan itu sudah dihapus karena protes dari para blogger dan OOTers, sisanya di blog engine lain seperti blogspot dan wordpress masih banyak teman2 yang menggunakan captcha, blogspot malah sekarang menggunakan nomer kek nomer rumah buat dijadikan captcha suer makin enggak jelas banget gambarnya.

Menggunakan captcha atau tidak sebenarnya hanyalah pilihan, jika yang dimaksudkan adalah untuk menghindari spambot, kita bisa saja hanya menginstal plugin semacam Growmap Anti Spambot Plugin saya gak lagi ngepromoin plugins buatan Andy Bailey yang juga terkenal dengan plugins Comment Luvnya yang fenomenal, tapi emang karena growmap ini hanya membutuhkan checklist kolom untuk mendeteksi manusia atau spam bot, kan gak lucu jika postingan itu bagus dan teman2 sangat antusias berinteraksi pada akhirnya response timenya jadi sangat lambat karena harus menerka tulisan atau menjawab pertanyaan antispam baru bisa komen. Buat saya, captcha is suck

gambar dari sini

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.