Cara Merawat Baterai Laptop

Soal ketahanan baterai laptop, mungkin punyaku gak terlalu wah sih, lha wong dari segi merek notebook aja gak terlalu prestise n bukan merk yang bonafid dan jadi inceran di negeri ini. Toh soal memperpanjang umur baterai laptop itu kembali ke amalan masing2 pemiliknya.

Meski udah memasuki usia 4 tahun bateraiku terhitung awet untuk laptop seumurannya, masih tahan lebih dari 100 menit, jaman awal beli bisa tahan hampir 3 jam, berarti selama 4 tahun penyusutan ketahanannya gak sampe 50%.

Gimana sih tips atau cara merawat baterai laptop biar tahan lama? gimana caranya biar gak harus ganti baterai laptop cepet2 karena rusak? 😀

Gak susah kok, tergantung pemakaian saja.

1. Kalau emang laptop mau dipake untuk durasi lama, mending langsung ambil dari sumber aja, baterainya kita lepas biar beristirahat.

2. Usahakan mencharge baterai tidak setengah2, mulai dari kondisi baterai minim sampe full, kecuali memang mendesak.

3. Setiap jangka waktu tertentu gunakan laptop dengan baterai tanpa di charge sampai benar2 habis dan mati sendiri, kemudian charge dalam kondisi mati sampai full

4. Baterai adalah penghasil panas berlebihan, biasanya berimbas juga terhadap panas laptop keseluruhan, gunakan kipas pendingin, atau setidaknya biarkan sirkulasi dari dalam laptop tidak terhalang bantal/meja secara langsung (berlaku banget buat laptop dengan kipas menghadap ke bawah)

Mungkin masih ada temen2 lain yang punya ide cara merawat baterai laptop/notebook biar tetap bertahan lebih lama lagi n_n?

Silahkan share!

gambar dari sini

2 thoughts on “Cara Merawat Baterai Laptop

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.