Cara Hemat Energi Kegiatan Perkantoran

Peduli dengan bumi artinya Anda harus turut andil dalam hemat listrik, baik itu di rumah atau di kantor. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu perusahaan dalam menghemat listrik. Bagi perusahaan yang belum mengetahui mengenai pentingnya listrik dan masalah listrik yang mungkin terjadi, ada baiknya jika mencari konsultan pembangkit listrik yang sudah berpengalaman.

Kehadiran konsultan akan membantu Anda dan perusahaan mengenai masalah kelistrikan. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir lagi jika kantor mengalami masalah listrik.

Cara Hemat Energi Kegiatan Perkantoran

gerakan-nasional-hemat-energi

Sebenarnya, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menghemat energi. Setiap karyawan dalam kantor memiliki kewajiban yang sama mengenai penghematan energi. Beberapa cara yang bisa setiap karyawan lakukan dalam penghematan energi, yaitu:

  1. Mematikan lampu yang tidak digunakan

Jadikanlah mematikan lampu yang tidak terpakai sebagai sebuah kebiasaan untuk setiap karyawan. Setiap keluar ruangan rapat atau pulang lembur, matikan lampu tanpa harus disuruh. Semua orang dalam kantor memiliki tanggung jawab dalam penghematan energi.

  1. Ubah pengaturan komputer

Jika Anda masih menggunakan screen saver, sebaiknya Anda mengganti pengaturan dalam komputer atau laptop kantor. Ubah pengaturan tersebut agar ketika laptop tidak digunakan dalam beberapa menit yang ditentukan, laptop tersebut akan masuk ke mode hibernate.

  1. Sesuaikan suhu AC

Pada beberapa perkantoran, beberapa karyawan selalu mengubah suhu AC sesukanya. Bagi orang yang terbiasa menggunakan AC, karyawan tersebut akan mengubah suhu rendah. Oleh karena itu, sebaiknya remote AC dipegang oleh orang yang ditentukan atau pasang mode pengatur suhu sendiri agar lebih hemat listrik.

  1. Mengurangi pemakaian printer

Sebaiknya, Anda mencetak dokumen atau laporan dalam jumlah secukupnya sesuai kebutuhan untuk klien. Sementara untuk Anda sendiri, Anda bisa menyimpannya dalam bentuk digital. Selain mengurangi penggunaan kertas, Anda juga tidak terlalu sering menggunakan listrik untuk printer.

Perilaku boros listrik sering terjadi di perkantoran. Oleh karena itu, sebaiknya pihak manajemen mencari penyedia service penghemat listrik untuk gedung perkantoran untuk melakukan efisiensi energi. Efisiensi energi yang dilakukan oleh pihak yang berpengalaman akan mengutamakan kebutuhan dan kebaikan bagi perkantoran tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.