6 Cara Melakukan Riset Konsumen, Ini Manfaatnya bagi Bisnis!

Sebelum menjalankan bisnis, penting bagi Anda mengenali berbagai karakteristik target pelanggan dengan cara melakukan riset konsumen. Riset konsumen adalah salah satu bagian utama yang perlu Anda lakukan untuk dapat memahami kebutuhan pelanggan dengan baik.

Hal ini tentu akan memengaruhi keberhasilan bisnis Anda di masa depan. Lalu, bagaimanakah cara melakukan riset konsumen? Berikut penjelasan selengkapnya!

6 Cara Melakukan Riset Konsumen

Bisa dibilang, riset konsumen adalah salah satu tahapan yang tak boleh Anda lewatkan. Selain membantu Anda mengenali karakteristik pelanggan, hal ini juga berguna untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih baik dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Adapun cara melakukan riset konsumen adalah sebagai berikut.

1. Survei Online

Cara melakukan riset konsumen yang pertama adalah dengan survei online. Ya. survei akan membantu Anda mendapatkan kumpulan pendapat dari berbagai target konsumen. Hasil tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengevaluasi strategi bisnis dan kualitas produk Anda.

Nah, agar lebih mudah dan cepat, Anda bisa menyerahkan urusan survei online kepada Populix. Sebagai consumer insights platform, Populix dapat membantu Anda mendapatkan hasil data yang relevan dari responden sesuai kriteria.

Populix sangat cocok digunakan untuk perusahaan, akademisi, maupun  individu dari beragam macam industri yang memerlukan data riset secara real-time.

cara melakukan riset konsumen

Dengan lebih dari 300.000 responden di seluruh Indonesia, survei Anda pun akan jadi jauh lebih efektif dengan harga yang terjangkau.

2. Focus Group Discussion

Focus group discussion atau FGD juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu langkah melakukan riset konsumen. Anda dapat mengajak 6 sampai 10 target konsumen untuk berdiskusi bersama mengenai jasa atau produk yang Anda jual.

Melalui proses ini, Anda pun bisa menghimpun berbagai informasi relevan yang berguna untuk membantu mengembangkan jasa atau produk terkait menjadi lebih baik.

3. Pengamatan di Lapangan

Cara melakukan riset konsumen berikutnya adalah dengan mengamati kondisi di lapangan. Artinya, Anda sebagai pebisnis secara langsung terjun ke lingkungan bisnis dan melakukan riset. Misalkan dengan ngobrol dengan konsumen lain di outline jualan Anda dan mencari tahu kebiasaan-kebiasaan atau hal-hal yang mereka sukai.

4. Telepon Langsung

Tahukah Anda, melakukan riset pasar juga bisa dilakukan dengan menelpon langsung target pelanggan terkait.

Namun, tentu saja hal ini harus dengan izin atau persetujuan pihak yang bersangkutan. Mengingat metode ini bersifat lebih personal, Anda pun harus cukup terlatih dalam membangun interaksi.

5. Ngobrol di Media Sosial

Ngobrol di Media Sosial bisa jadi salah satu cara melakukan riset konsumen yang efektif. Apalagi kini sejumlah platform media sosial telah memiliki fitur-fitur tanya jawab.

Hal tersebut patut Anda manfaatkan untuk melakukan interaksi dengan konsumen. Di sisi lain, Anda juga bisa menyebarkan link survei melalui media sosial yang Anda miliki.

6. Interview Personal

Cara melakukan riset konsumen yang terakhir adalah dengan interview secara personal. Dibandingkan menelpon, Anda sebetulnya bisa mengajak konsumen Anda mengobrol langsung.

Anda dapat meminta pihak yang bersangkutan untuk meluangkan waktunya beberapa menit dan menanyakan pendapatnya mengenai jasa atau produk terkait.

Demikian cara melakukan riset konsumen yang bisa Anda coba. Seperti disebutkan sebelumnya, riset terhadap konsumen sangat penting bagi bisnis.

Maka dari itu, riset tersebut haruslah dilakukan secara akurat. Dalam hal ini, Populix dapat membantu Anda! Bersama Populix, Anda bisa memperoleh data-data berkualitas dan relevan dengan kebutuhan bisnis. Dengan begitu, riset pasar Anda pun jadi jauh lebih praktis, cepat, dan akurat Tunggu apalagi? Yuk, kenali customer Anda secara mendalam bersama Populix!

 

Baca juga: Cara Membuat Survei Online Secara Cepat, Mudah dan Praktis

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.