Cara Membuat Google Formulir dengan Kuota Pendaftaran

Masih lanjut dengan artikel tentang GForms, kali ini kita akan membahas cara membuat google formulir dengan kuota pendaftaran dengan mudah. Seringkali, kita ingin membuat sebuah giveaway, promosi mengenai produk/jasa layanan perusahaan kita kepada masyarakat umum. Atau ingin memberikan gratis pendaftaran untuk sebuah kelas online yang akan kita selenggarakan untuk khalayak umum dengan model first come first serve.

Oleh karenanya, biasanya kita memberikan kuota pendaftaran agar peserta yang ikut tidak terlalu banyak sehingga memberatkan kinerja aplikasi. Metode semacam ini juga sering digunakan oleh para penyelenggara seminar internet marketing beberapa tahun ke belakang sebelum wabah covid merebak. Siapa saja boleh mendaftar asal kuota masih terpenuhi.

Dengan teknik marketing semacam ini seminar mereka bisa mendapatkan peserta penuh, namun tetap terkontrol dengan adanya pembatasan kuota

Bagaimana Cara Membuat Google Formulir dengan Kuota Pendaftaran?

cara membuat google formulir untuk kuota pendaftaran terbatas

Sebagaimana kita tahu, Google Forms memiliki fitur yang cukup terbatas dibanding aplikasi GSuite lain seperti Docs, Spreadsheet dan Slide yang memang dibuat menyerupai fitur aplikasi kenama milik Microsoft. Google Forms adalah sesuatu yang baru, setidaknya jika dibandingkan tiga saudaranya.

Oleh karenanya Google menyediakan add-ons atau skrip pengaya agar formulir Google yang kita buat bisa sesuai dengan kebutuhan kita. Dalam artikel ini kebutuhan kita adalah mengatur kuota pendaftaran. Oke kita langsung saja

  1. Untuk penggunaan pertama, pastikan kita menggunakan laptop/PC, untuk pemasangan script pengaya
  2. Masuk ke https://forms.google.com lewat browser kesayangan kita.
  3. Buat terlebih dahulu form pendaftaran seperti biasanya sampai selesai
  4. Setelah selesai, lihat tiga titik di kanan atas browser, kemudian klik
  5. Scroll ke bawah sampai bertemu dengan Add-on
  6. Kita akan dihadapkan pada halaman GSuite Marketplace
  7. Masukan FormLimiter di kolom pencarian
  8. Pilih formLimiter untuk menuju jendela instalasi
  9. Klik tombol install
  10. Selanjutnya kita kembali ke form yang hendak kita buat
  11. Klik di sebelah atas logo pengaya yang berbentuk keping puzzle
  12. Pilih FormLimiter
  13. Pilih Set Limit

set limit

  1. Kemudian kita harus mengubah jenis Limit Type ke Number of Form Responses

google form limiter

  1. Pilih nilai when responses are greater than sesuai kebutuhan misal 100 untuk kuota 100 pendaftar
  2. Klik tombol save
  3. Pratinjau halaman formulir anda dan bagikan kepada target market anda

Sekarang anda sudah tahu cara membuat google formulir untuk membuat form pendaftaran berbasis kuota. Selain dapat digunakan untuk membatasi jumlah maksimal pendaftar, formLimiter juga memiliki kemampuan lain yang tidak kalah penting, yakni fitur yang mampu membuat google form membatasi pendaftaran berdasar tanggal dan jam.

Fitur pembatasan ini sangat cocok digunakan untuk bapak ibu guru yang melakukan pembelajaran daring, mengingat saat ini sudah waktunya melakukan penilaian tengah semester. Forms akan menutup otomatis saat waktu ujian telah berakhir. Caranya nanti akan dibahas dalam artikel terpisah nggeh

Jika anda membutuhkan tutorial/panduan terkait dengan Google Formulir bisa disampaikan di kolom komentar atau japri saya di halaman About.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.