Cara Membuka Preview File WebP di Windows Explorer 

File Webp adalah format gambar terbaru yang lebih ringkas dan sangat kecil sehingga sangat baik untuk digunakan oleh blog atau website agar meningkatkan kecepatan loading website. Namun tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara mengubah file jpeg/png menjadi format file webp.

Namun disini kita tidak akan membahas bagaimana cara membuat format file webp dari file JPEG/PNG, kita akan membahas bagaimana cara agar file webp bisa dibuka previewnya di tampilan windows explorer.

Mengapa Kita Tidak Bisa Membuka File WebP di Windows Explorer?

Mengingat file webp juga bukan file native yang didukung oleh Microsoft, maka secara default, windows explorer hanya akan menampilkan file webp dalam bentuk logo chrome atau browser lain seperti edge. Karena file tersebut memang bisa dibuka lewat browser, sementara salah satu keunggulan windows explorer milik Microsoft adalah kemampuan melakukan preview file gambar dengan mode thumbnail.

cara membuka file webp di windows explorer

Agar bisa membuka preview file webP di Windows Explorer kita memerlukan sebuah file codec. Codec adalah code decoder, merupakan sebuah interpreter yang akan menerjemahkan jenis file tertentu agar dapat dibaca oleh sistem operasi. Kita mengenal jenis codec multimedia seperti Codec Multimedia Classic Player atau Pure Codec, untuk membuka file video berekstensi aneh seperti .rm (real media), .mkv (matroska video), dan lain sebagainya.

Sama halnya seperti codec video agar bisa dimainkan di sistem operasi Windows, kita juga memerlukan codec Webp agar dapat membuka file webp secara native seperti file gambar yang sudah didukung secara native oleh Microsoft.

Cara Membuka Preview File WebP di Windows Explorer

Cara agar kita dapat membuka preview file Webp di Windows Explorer adalah sebagai berikut.

  1. Download File WebP Codec
  2. Install file WebP Codec
  3. Ikuti step by step instalasi
  4. Selesai

Catatan File WebP untuk Web dan Blog

Meski file webP sifatnya sangat ringan dan dapat meningkatkan skor pagespeed kamu, namun sampai saat ini file ini masih belum disupport oleh OpenGraph, sehingga jika kamu ingin menggunakan file webP di blog, usahakan untuk menyisakan satu file JPG (saran aku sih gunakan mode file progressive JPG) untuk featured image agar saat kamu melakukan sharing ke Facebook, gambar featured dari postingan kamu akan ditampilkan pada halaman status facebook yang kamu buat.

Sekarang Windows Explorer sudah dapat membuka file Webp secara native. Kamu bisa melihat preview file webp juga bisa dibuka sama seperti file JPEG, PNG, GIF atau BMP. Mudah banget kan? Nah selamat mencoba

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.