Tips Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

tips melamar kerja contoh surat lamaran kerja umum tulis tangan

Semua orang tentu menginginkan karir yang bagus dan biasanya masing-masing orang sudah memiliki pekerjaan impian masing-masing. Setelah lulus kuliah maka dengan segenap kekuatan yang dimiliki seseorang akan siap bertempur untuk mendapatkan pekerjaan yang ia inginkan. Terdengar berlebihan memang namun pada kenyataannya mencari pekerjaan di jaman sekarang bukan hal yang mudah.

Persaingan mencari pekerjaan jaman sekarang sangatlah ketat. Begitu banyak lulusan baru bermunculan namun lowongan pekerjaan yang tersedia sangat terbatas. Karena itulah, persaingan di dunia pencarian kerja benar-benar keras. Kalau tidak mau berjuang sekuat tenaga ya tentu saja kamu akan kalah.

Meskipun sangat sulit namun bukan berarti kamu tidak mungkin mendapat pekerjaan impianmu. Dimana ada kemauan di situ pasti akan ada jalan. Kali ini kita akan membahas tips-tips jitu bagi kamu para fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan.

Tips Melamar Kerja

Inilah dia beberapa tips melamar kerja yang bisa kamu coba lakukan :

1 Siapkan CV yang Sempurna

CV atau daftar riwayat hidup bisa dibilang merupakan senjata utama untuk kamu yang akan melamar pekerjaan. Perusahaan bisa memberikan penilaian kepadamu melalui CV yang kamu kumpulkan. Jadi, usahakan untuk semaksimal mungkin membuat CV yang sempurna.

contoh daftar riwayat hidup yang bikin kamu dilirik perusahaan
contoh daftar riwayat hidup yang bikin kamu dilirik perusahaan

Selain memastikan konten daftar riwayat hidup mu berkualitas, jangan lupa buat desain CV yang bagus. Pastikan informasi yang kamu masukkan mudah untuk dipahami. Gunakan font yang mudah dibaca, buat desain yang unik namun informatif. Selain itu, lengkapi CV dengan foto dan usahakan untuk memasukkan informasi yang berhubungan dengan posisi yang akan kamu lamar. Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa mencari contoh daftar riwayat hidup dari internet

2 Gunakan Foto yang Pas

Foto juga bisa berpengaruh pada penilaian terhadap dirimu. Lebih baik kamu memilih memakai foto yang profesional. Artinya, jangan menggunakan foto selfie atau foto yang tidak mencerminkan profesionalitasmu sebagai pelamar kerja.

3 Surat Lamaran yang Baik

contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Selain CV, kamu juga harus mengumpulkan surat lamaran. Buat surat lamaran sebaik mungkin karena ini sangat berpengaruh pada hasil penilaian nanti. Untuk para fresh graduate yang belum pernah menulis surat lamaran maka bisa mencari contoh surat lamaran kerja umum dari internet atau dengan bertanya pada teman yang sudah pernah membuat surat lamaran kerja. Contoh surat lamaran kerja tulis tangan juga perlu kamu pertimbangkan. Dan paling penting jangan pernah nitip lamaran ke satpam perusahaan yang akan kita lamari pekerjaan. Usahakan masuk ke dalam dan bertemu orang yang lebih kompeten

4 Cerdas Memilih Lowongan

Sebenarnya tips yang satu ini sangat penting untuk kamu lakukan sebelum kamu mempersiapkan semua persyaratan lamaran pekerjaan. Kamu harus bisa memilih jenis pekerjaan yang paling pas untukmu. Jangan sembarangan melamar karena kamu hanya akan membuang-buang waktu.

tips melamar kerja contoh surat lamaran kerja umum tulis tangan

Kamu harus cerdas membaca peluang yang ada di depanmu. Setiap lowongan pekerjaan memiliki kualifikasi atau persyaratan tertentu. Kamu harus bisa menilai apakah dirimu memenuhi kualifikasi yang ditentukan atau tidak. Jangan memaksakan diri jika memang kamu tidak memenuhi kualifikasi karena hanya akan memberi harapan palsu.

5 Maksimal saat Wawancara

Wawancara menjadi satu tahap penting yang harus dilewati ketika kamu melamar kerja. Banyak sekali orang yang gagal diterima karena gagal di tahap wawancara. Mulailah wawancara dnegan kepercayaan diri. Jangan ragu-ragu pada kemampuanmu sendiri. Siapkan pakaian terbaik dan luangkan waktu untuk berlatih wawancara dengan diri sendiri atau teman.

tips melamar kerja contoh daftar riwayat hidup

Itulah tadi beberapa tips yanga bisa kamu coba saat kamu akan  melamar pekerjaan. Tips-tips ini mungkin memang tidak bisa menjamin kamu langsung diterima kerja namun paling tidak cara-cara ini bisa sedikit meringankan bebanmu. Jangan lupa untuk selalu berdoa agar kamu bisa mendapat hasil terbaik. Selamat berburu kerja, semoga sukses!

2 thoughts on “Tips Melamar Kerja untuk Fresh Graduate

    1. maksud saya disini cv yang sempurna yang mendukung tujuan kita melamar posisi kerja, tapi usahakan tidak membohongi perusahaan dengan pura2 memiliki skill tertentu, tapi saya setuju dengan njenengan bikin daftar riwayat hidup yang menarik, baik dari segi tampilan maupun isi bisa membuat kita dilirik calon perusahaan

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.