Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Ampuh dan Efisien

Ketika memasuki musim penghujan, biasanya penyakit flu menyerang dan meraja lela. Hal yang menyebalkan ketika menderita flu yaitu mengalami hidung tersumbat. Jika hal itu terjadi pada anak-anak, maka orang tua yang harus segera menanganinya. Untuk mengatasinya, maka bunda harus memberikan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak dan tidak memiliki efek samping bagi kesehatannya.

Apabila tidak segera diatasi, maka anak akan menangis dan rewel. Hidung tersumbat ini bisa terjadi pada hidung sebelah saja atau bisa keduanya. Jika sudah seperti itu, maka segera membeli obat di apotek atau periksakan ke dokter.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Secara Cepat dan Efisien

  1. Minum air hangat

Minum air hangat merupakan cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dengan minum air hangat maka lendir yang mengendap di dalam hidung menjadi lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan.

Tidak hanya minum air mineral saja, namun Anda dapat memvariasikan dengan jahe hangat, teh hangat, mint tea hangat atau lemon tea hangat, karena minuman tersebut mengandung antisepik dan dekongestan alami dan sangat baik untuk mengatasi masalah hidung tersumbat.

  1. Menghirup uap hangat
BACA JUGA:   Berikut Ini Cara Mengobati Batuk Yang Bisa Anda Coba

Menghirup uap hangat merupakan cara untuk meringankan hidung tersumbat. Caranya, masukkan air panas ke dalam panci dan hirup uapnya secara perlahan-lahan sambil menarik napas. Cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, posisi hidung dan air jangan terlalu dekat, karena jika terlalu panas dapat menyebabkan hidung melepuh.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati uap ketika Anda mandi air hangat. Hal ini akan membantu melegakan hidung tersumbat, sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

  1. Tidur menggunakan bantal lebih tinggi

Tidur dengan menggunakan bantal lebih tinggi dapat meringankan masalah hidung tersumbat, sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak. Jika Anda biasanya menggunakan satu bantal, maka Anda dapat menggunakan dua bantal untuk meringankan hidung tersumbat.

  1. Buang ingus dengan rutin

cara mengatasi hidung tersumbat

Membuang ingus secara rutin sangat penting jika Anda mengalami hidung tersumbat. Dalam mengeluarkan ingus dari hidung harus hati-hati, agar tidak menyebabkan lecet. Namun, jika beberapa cara di atas belum memberikan perubahan atau hasil yang maksimal. Maka Anda harus membeli obat di apotek 24 jam untuk mengatasi hidung tersumbat.

BACA JUGA:   Jangan Diabaikan! Nyeri di Dada Kiri Atas Bisa Mengindikasikan Berbagai Penyakit Berbahaya

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.