Wajib Tahu! Ini Dia Strategi UMKM Hadapi Persaingan Global

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki jumlah penduduk produktif yang tak sedikit dan tersebar di setiap pulaunya. Namun sayangnya, SDM yang dimiliki oleh usia produktif masih belum memenuhi standar yang ada. hal ini disebabkan lantaran beberapa faktor. Untuk mengatasinya, beberapa pihak seperti Kadin turut mendorong perubahan SDM yang lebih unggul dan maju.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia agar segala potensi yang ada dapat dimanfaatkan kegunaannya secara maksimal? Untuk mengetahui jawabannya, simak terus ulasan di bawah ini, ya.

Cara Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan, M Hanif Dhakiri, masa Revolusi Industri 4.0 tak hanya didasarkan oleh sumber daya alam semata. Sumber Daya Manusia juga turut menentukan keberhasilannya. Sebab, sumber daya manusia yang berkualitas diharapkan mampu untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan juga kemajuan teknologi.

Terdapat tiga cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia. Cara tersebut yakni melalui jalur pendidikan, pelatihan kerja, dan pengembangan karir di tempat kerja. Ketiga cara ini tentu saling memiliki ikatan dan berhubungan antara satu dengan yang lain.

Dalam mewujudkan tiga cara tersebut, di Indonesia sendiri masyarakatnya lebih memilih untuk menjalankan UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Meski begitu, UMKM merupakan sebuah kelompok usaha yang paling besar di Indonesia. Selain itu, kelompok UKM juga turut berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 60%.

Selain merupakan kelompok usaha yang paling besar, UMKM ternyata juga merupakan bisnis yang lebih kuat dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya dalam menghadapi krisis global. Namun, tak ada yang benar-benar sempurna, begitu juga dengan UMKM. Mereka juga harus mampu bersaing dengan produk yang berasal dari negara lain.

Strategi UMKM untuk Persaingan Global

(Sumber: nasional.republika.co.id)

Mulai tahun 2020, perdagangan bebas dunia semakin terbuka lebar. Dampaknya, terjadi persaingan antara UKM dalam negeri dengan UKM asing. UMKM dalam negeri harus memiliki strategi yang ampuh  dan tepat dalam proses pengembangannya.

Tentu saja hal itu dimaksudkan agar UMKM mampu bersaing di pasar global. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa diterapkan oleh UMKM.

Produk

strategi umkm di persaingan global

Dalam bisnis UMKM, menentukan produk merupakan langkah utama yang dapat dilakukan. pemilihan produk yang akan dipasarkan tentunya harus menyesuaikan kebutuhan yang diinginkan konsumen. Bagaimana caranya?

Kamu bisa melakukan riset pasar mengenai selera konsumen. Hasil riset akan menunjukkan tren pasar yang sedang berkembang dan dapat kamu manfaatkan peluangnya.

Menentukan harga jual

Seperti yang kamu ketahui, biasanya konsumen lebih ‘’peka’’ terhadap produk yang memiliki harga rendah, tetapi memiliki keuntungan yang besar. Peluang itu dapat kamu ambil, lo. Akan tetapi, tentu saja ungkapan ‘’ada harga ada kualitas ‘’ juga haru diperhatikan. Kamu dapat mengambil harga berdasarkan modal dan persentase keuntungan yang kamu peroleh.

Pemilihan lokasi penjualan

Opsi yang satu ini sangat tergantung, nih. Apakah kamu melakukan secara online atau offline. Sebab, jika dilakukan secara online, unsur ini tak perlu terlalu diperhatikan. Namun, jika kamu memilih offline, pastikan kamu memilih lokasi yang strategis. Misalnya seperti, akses yang mudah dan sesuai dengan target pasar yang dituju.

SDM

Hal inilah yang paling penting dalam mengembangkan bisnis UMKM, yakni Sumber Daya Manusia. SDM yang dipilih tentunya harus benar-benar orang yang mampu dan memiliki keterampilan sesuai bidangnya. Hal ini bertujuan agar bisa menghasilkan produk dan pelayanan baik dan maksimal.

Dari keempat poin tersebut, poin pentingnya adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Terdapat berbagai upaya untuk mewujudkannya. Seperti salah satunya yang dilakukan oleh Kadin Indonesia.

Kadin turut mendorong dan mendukung pengembangan SDM unggul untuk mewujudkan Indonesia produktif dengan menggerakkan sektor ekonomi kreatif. Gerakan ini memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern seperti sekarang ini.

UMKM merupakan salah satu bisnis yang memiliki kontribusi terbesar di Indonesia. Tentu saja peluang tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal. Untuk lebih memajukannya lagi, berbagai pihak turut bergabung dan mendukungnya. Salah satunya adalah Kadin Indonesia. Sebab, pengembangan UMKM juga harus diikuti dengan kondisi SDM yang unggul. Selamat beraktivitas kembali.

BACA JUGA:   Apa yang perlu kamu tau sebelum melakukan pinjaman modal usaha

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.