Pasca Dibumihanguskannya bumi MP pada 1 desember mendatang, you know what yang akan terjadi berikutnya? serentetan kehilangan file akan dirasakan para MPers, tentu saja bagi MPers yang selama ini melakukan migrasi ke berbagai lintas blog, ada satu yang akan tetap ketinggalan, file image, gambar.

Ya meski cangkemnya DT secara sesumbar bilang dia udah nyiapin ekspor tool bahkan sampai nyangkem di depan media, toh kita sama2 tau kualitas cocotan seorang DT dan kualitas eksport tool(ol) bikinan mulpid, secara sengaja mereka hanya menggunakan XML yang hanya mampu menyedot elemen teks tanpa menghiraukan hosting imagenya.
Tahukah teman2, klo file image itu masih ada di hosting Multiply meski postingan sekomen2nya sudah kita pindahkan ke WP, BS dan beberapa blog hosting lainnya?
Ada beberapa argumen yang bisa aku kemukakan disini
1. Para staff mulpid emang beneran tolol atau gak serius membuat migrasi tools. cangkemnya DT sendiri sempat keceplosan di twit waktu saling berbalas twet sama masthrie, intinya dia bilang harusnya udah dari 2 tahun yang lalu (social network MP di bantai) dan migration toolsnya tetep kualitas KW 12
2. Mulpid sengaja “menyimpan” file gambar kita tetap berada di MP demi keuntungan mereka, apakah itu? Links!!! Ya dengan banyaknya MPers yang bermigrasi ke platform baru, MP mendapatkan ribuan backlink dari setiap postingan yang dimigrasi dan memiliki gambar yang masih merujuk Multiply. Dengan begitu rating MP akan naik dengan cara yang kejam, menjadikan para user terusirnya untuk menaikan traffic. Super Anjing!
3. Pernah ingat MP dulu sempat mewatermark setiap file gambar yang diaplod ke MP, sempat dihentikan dan akhirnya diwatermarkin sekali lagi, tidak menutup kemungkinan kan klo file gambar kita suatu saat akan dibisniskan oleh mulpid? foto2 berkualitas para potografer akan digunakan tanpa ijin dan tanpa royalti oleh mulpid. Jelas lah aku paranoid mengingat keculasan DT dan the mulpid
So, yang pasti, ketika 1 desember, semua yang kita miliki di MP ini musnah, maka raib juga foto tampilan yang seolah bisa kita nikmati dari website baru, ini karena semua masih ngelink ke MP, klo ada yang seneng mainan router, proxy atau firewall, silahkan block multiply.com dan kalian akan melihat postingan di tempat baru itu tanpa gambar (ya iyalah gambar itu masih ke block karena ada di hosting MP)
Jadi bohong lah klo DT bilang udah bikin migration tools, cangkem taik kek dia mah omongan sama kelakuan gak pernah sinkron. Mending silahkan tata ulang kembali gambar kalian di tempat baru agar enggak ngilang selamanya bersamaan dengan kiamat multiply.

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.