Diet Sehat Tanpa Kekurangan Nutrisi

Manfaat diet sehat memang banyak dan juga mampu menjaga kestabilan kesehatan tubuh. Namun seringkali karena anggapan awam bahwa diet adalah sepenuhnya mengurangi asupan makan dalam jumlah besar, mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti kekurangan nutrisi. Padahal, tubuh juga sangat perlu nutrisi yang berperan dalam metabolisme dan pengembalian sel yang rusak. Oleh karena itu perlu diperhatikan cara diet yang sehat tanpa harus mengalami malnutrisi.

Nutrisi yang perlu dijaga saat diet

Ada apa saja di artikel ini?

1 Karbohidrat

resep masakan pernikahan modern

Anggapan bahwa karbohidrat perlu untuk dikurangi saat diet tak sepenuhnya benar. Justru tanpa adanya karbohidrat, aktivitas tubuh terasa sangat berat karena tenaga menjadi berkurang. Menyiasati hal tersebut Anda dapat menghindari asupan karbohidrat yang bersumber dari gula atau makanan dan minuman yang mengandung gula dalam kadar yang tinggi. Sumber karbohidrat dapat juga didapatkan dari sayuran, buah-buahan, makanan berserat, dan kacang-kacangan. Sumber karbohidrat dari makanan tersebut mampu membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan nutrisi dan serat, serta mencegah Anda dari masalah kekurangan gizi

2 Protein

diet kacang hijau

Makanan yang dapat menjadi sumber protein seperti daging tanpa lemak, ayam, ikan, susu, telur, dan kacang-kacangan akan membuat Anda merasa kenyang. Perasaan kenyang dalam waktu lama tersebut mampu mengontrol nafsu makan ddn mengatur waktu makan selanjutnya yang tepat. Protein juga memerlukan waktu yang lama bagi tubuh untuk diproses sehingga berat badan Anda lebih mudah turun.

3 Vitamin

makanan untuk diet sehat

Jenis vitamin seperti vitamin C yang terdapat di buah juga dapat menjadi makanan untuk Anda yang sedang diet. Nilai nutrisi yang terkandung pada buah-buahan mampu memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin C bekerja dalam metabolisme lemak dan kekurangan vitamin ini bisa membuat lebih sulit menurunkan berat badan. Selain itu, vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E dan K serta asam lemak seperti omega-3 akan bekerja sama meningkatkan penurunan berat badan serta menjaga pembuluh darah tetap sehat. Vitamin tersebut adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang mana berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Sumber lemak bisa Anda dapatkan dari minyak zaitun, kacang, salmon, mackerel, dan alpukat.

4 Asam Folat

diet sehat ala breaktime

Asam folat adalah zat penting yang tetap dibutuhkan khususnya bagi wanita karena perannya dalam masa subur. Zat ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara terlibat dalam produksi sel darah putih dalam melawan penyakit. Anda yang sedang diet bisa memperoleh asam folat dari sayuran hijau, jeruk, buah berry, dan kacang-kacangan.

Diet bukan menjadi alasan untuk kekurangan nutrisi. Pengaturan pola makan yang tepat adalah kuncinya. Diet yang dirancang untuk menurunkan berat badan idealnya hanya perlu mengurangi 500 kalori setiap hari. Dengan kalkulasi ini, Anda dapat kehilangan 0,5-1 kg berat badan per minggu. Untuk lengkapnya silahkan lihat cara diet nutrisi di website Kalbestore.

BACA JUGA:   Khas Dengan Warna Merah Keunguan, Inilah 5 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

2 Comments

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.