<span class='p-name'>Inilah Beberapa Penyebab Datang Bulan Tak Lancar yang Perlu Anda Ketahui</span>

Faktor haid tidak lancar memang secara umum sering kali dirasakan oleh para wanita. Tidak hanya itu saja, gejala-gejala seperti perut yang kram atau nyeri, kembung ringan atau nyeri payudara sebelum suatu periode. Tetapi wanita dengan PMS memiliki gelombang gejala emosional dan fisik yang dimulai pada paruh kedua dari siklus menstruasi dan berakhir setelah periode dimulai. PMS mencakup banyak gejala fisik dan emosional, seperti tumbuhnya jerawat, perut kembung, sakit punggung, sakit kepala, sembelit, mengidam makanan, depresi atau merasa sedih, sifat lekas marah, kegelisahan dan yang lainnya.

PMS biasanya paling buruk selama 4 hari sebelum satu periode. Ini cenderung menghilang 2 hingga 3 hari setelah periode dimulai. PMS bisa terjadi kapan saja pada wanita usia subur. Tidak semua wanita mendapatkan PMS, dan beberapa hanya mendapatkan gejala terburuk ketika mereka lebih tua atau lebih dekat dengan menopause. Meskipun penyebab pasti PMS tidak diketahui, tampaknya hal itu terjadi karena perubahan kadar hormon dalam tubuh dan perubahan kadar kimia di otak.

Berikut ini penyebab haid tidak lancar :

1. Menopause

Saat menjelang menopause, menstruasi menjadi tidak lancar, hal ini dikarenakan hormon estrogen dan hormon progesterone pada tubuh tidak teratur.

2. Alat kontrasepsi.

Penggunaan alat kontrasepsi juga dapat menyebabkan adanya perubahan yang berupa flek hitam dan siklus menstruasi menjadi tidak beraturan.

3. Pola hidup sehari-hari.

Melakukan olahraga berlebihan dengan berat badan yang menurun secara drastis juga menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak lancar dan tidak teratur.

penyebab-haid-tidak-lancar Inilah Beberapa Penyebab Datang Bulan Tak Lancar yang Perlu Anda Ketahui  wallpaper

4. Sindrom ovarium polikistik atau PCOS.

PCOS merupakan kumpulan gejala terbentuknya kista-kista kecil dalam indung telur. Karena adanya PCOS inilah yang menjadikan siklus menstruasi menjadi tidak lancar.

Masalah siklus menstruasi yang tidal lancar memang menjadi salah satu hal yang sering kali dirasakan oleh para wanita. Namun sayangnya masih ada banyak para wanita yang belum mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, sedangkan hal yang semacam ini sangat penting untuk diperhatikan dengan sebaik mungkin agar Anda dapat mengatasinya dengan cara yang benar pula.

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.