Jamu Gendong

Waktuku kecil dulu, tetangga sebelah rumah jualan jamu gendong. Jamu tradisional handmade yang biasa dijual di pasar2. Almarhumah simbahku dulu adalah pelanggan tetapnya, tiap pagi setiap tetangga memulai berjualan selalu memulainya dari rumahku buat ngasihin jatah simbah.

Jadi simbah emang beruntung, jadi pelanggan pertama setiap harinya. Kadang aku juga pengen beli, waktu SD sih beraninya kunir asem, itupun nodong asemnya dibanyakin. Baru setelah SMP mulai berani minum jamu yang macem2.

Klo pagi, jamunya rasa asem, pedas dan pahit, tapi ntar sepulang sekolah, rasanya berubah jadi rasambayar!!! Hooh gratisan. Biasanya tetangga abis jam 12 siang sudah nyampe lagi di rumah. Sisa jamu yang belum kebeli itu biasanya digratisin buat siapapun yang mau.

Yang seneng ya aku, klo lagi sisa banyak gula asemnya dapet yang manis, klo sisanya bratawali gak berani ngicip banyak2, tapi biasanya sih aku terus main jamu oplosan, apa aja yang ada dari beras kencur, kunir asem, bratawali, cabe puyang sampe mbuh apa maning jenenge, dicampur jadi satu trus ditenggak deh. Wis kaya ngoplos ombenan wae. Bedane iki ora bakal mabok, mosok ya ameh mabok jamu? Ya malah sehat ta?

3fd91d62a14f053e469adcd64ad7a7cb Jamu Gendong  wallpaper

Sepindah di jogja udah jarang lagi nge-jamu gendong, karena di sekitar rumah gak ada lagi simbok2 yang jualan jamu gendong. Nek ndadak neng pasar Gamping lha sori wae, adoh lik. Di sekitar kampus banyak juga penjual jamu pake sepeda yang wora wiri di lingkungan UNY-UGM, tapi biasanya yang nglanggani cewek cantik yang lagi dateng bulan sih. Ntar aku ngedeket kesitu dikira dateng bulan lagi.

BACA JUGA:   Belanja Online Murah Produk China

Tapi bagaimanapun juga, minum jamu itu bisa menjaga daya tahan tubuh dan juga menyehatkan. Apalagi klo bakul jamu gendong nya secantik ini, tambah maning yu

penual+jamu+gendong Jamu Gendong  wallpaper

tukang jamu, tukang jamu hot, tukang jamu gendong, penjual jamu, jamu gendong, penjual jamu gendong, tukang jamu cantik, tukang jamu plus, bakul jamu, penjual jamu gendong plus

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

6 tanggapan untuk “Jamu Gendong

  • April 11, 2014 pada 11:19 am
    Permalink

    haha woo bapak wooo =D

    Balas
  • April 10, 2014 pada 11:24 pm
    Permalink

    Priyo Harjiyono haha haiya bapak itu mencari kesempatan dlm kelebaran kok yaa,=D

    Balas
  • April 10, 2014 pada 3:37 pm
    Permalink

    mbange mencari kesempitan dalam kelebaran 😛

    Balas
  • April 10, 2014 pada 1:34 pm
    Permalink

    wolahhh bapak malah mencari kesempatan dalam kelebaran =D

    Balas

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: