Kenali Pengertian Staff Warehouse dan 10 Tugasnya

Setiap perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur dan distributor pasti membutuhkan warehouse untuk tempat menyimpan bahan baku dan produk siap pakai. Perusahaan penyedia tempat penyimpanan yang bagus tentunya memiliki staff warehouse yang mumpuni dalam menjaga dan menyimpan barang-barang kliennya.

Bisnis warehouse bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di mana banyak perusahaan yang tidak memiliki gudang penyimpanannya sendiri. Bisnis warehouse sendiri adalah usaha yang menawarkan layanan pergudangan atau logistik untuk menyimpan dan menyediakan barang. 

Apa Itu Staff Warehouse?

Istilah yang kita bahas kali ini merujuk kepada orang-orang yang bekerja di warehouse. Mereka memiliki tugas mengatur dan memastikan keluar masuknya barang berupa barang hasil produksi maupun bahan produksi.

Sebenarnya warehouse dan gudang adalah dua hal yang berbeda sebab warehouse mencakup sistem yang memberikan informasi terkait ketersediaan barang, kondisi barang, hingga status pengiriman barang. 

Sistem tersebut mempunyai peranan penting dalam SCM (Supply Chain Management) atau biasanya disebut sebagai sistem rantai pasokan. Aktivitas penting yang terjadi pada sistem warehouse di antaranya adalah:

  • Menerima barang
  • Unloading
  • Melakukan pengiriman barang

Jadi, jawaban mengenai pertanyaan apa itu warehouse staff secara garis besar adalah tenaga kerja yang bertugas menyiapkan, menyimpan, dan menjaga barang yang tersimpan di warehouse.

Jumlah barang yang disimpan di dalam warehouse sangat banyak sehingga dibutuhkan tenaga kerja yang kompeten dan tahu tentang teknik penataan yang baik supaya lebih mudah melakukan pencarian barang. 

Tugas dan Tanggung Jawab Warehouse Staff

pengertian staff warehouse

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis warehouse sebaiknya kenali dulu apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya. Agar Anda bisa meng-handle barang-barang milik klien dengan baik.

Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh para karyawan di warehouse.

Melakukan Pendataan

Tugas yang pertama adalah mendata barang yang masuk dan keluar. Dengan melakukan pendataan yang valid tentu akan mempermudah pekerja lain dalam melaksanakan setiap prosesnya. 

Melakukan Penataan 

Setelah mendata barang-barang yang masuk dan keluar petugas warehouse juga harus melakukan penataan terhadap barang-barang yang masuk. Dalam hal ini mereka harus melakukannya dengan cermat dan hati-hati mengingat risiko yang tak terduga bisa saja terjadi.

Penataan barang di dalam gudang harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk menghindari kerusakan. 

Melakukan Pemeliharaan

Tugas warehouse staff selanjutnya adalah melakukan pemeliharaan barang dengan benar agar tetap terjaga dengan baik. Proses pemeliharaan barang juga harus dilakukan sesuai prosedur yang berlaku agar kualitas barang tetap terjaga. 

Mendata Barang yang akan Distribusikan

Tidak hanya itu saja, petugas warehouse juga harus melakukan pendataan pada barang-barang yang akan didistribusikan. Pendataan harus dilakukan dengan teliti dan mereka perlu melakukan pengecekan secara menyeluruh. 

Hal tersebut dilakukan supaya jumlahnya sesuai dengan permintaan klien. Selanjutnya barulah petugas membuat laporan pengiriman barang agar proses pendistribusian dapat berjalan lancar.

Saling Berkoordinasi

deskripsi job pekerjaan staff warehouse

Setiap anggota tim harus saling berkoordinasi agar pekerjaan mereka bisa terlaksana dengan baik. Ini juga berlaku dalam tim di dalam warehouse, masing-masing karyawan tidak bisa bekerja secara individu.

Sebab dalam melakukan beberapa tugas mereka membutuhkan bantuan pekerja lain agar semua proses bisa berjalan cepat.

Menjaga Kebersihan dan Kerapian

Tugas dan tanggung jawab staff warehouse juga berlaku dalam menjaga kebersihan dan kerapian gudang. Agar barang yang tersimpan tidak kotor atau terkontaminasi bakteri maupun zat lain. Kerapian dalam penataan barang juga harus selalu diperhatikan.

Mengecek Kualitas Barang 

Tidak hanya membersihkan dan merapikan barang, petugas warehouse juga perlu mengecek kualitas barang yang ada di gudang. Jika, kualitasnya tidak dicek bisa jadi barang tersebut sudah tidak layak didistribusikan atau digunakan untuk proses produksi.

Memastikan Keamanan Barang

Tujuan utama perusahaan menggunakan jasa penyedia warehouse adalah agar produk atau bahan bakunya tersimpan dengan aman. Oleh karena itu, petugas harus secara rutin memastikan keamanan barang-barang tersebut. Agar terhindar dari pencurian atau kerusakan yang merugikan klien.

Mengatur Pengiriman Barang

Selain harus menjaga keamanan barang yang tersimpan, petugas warehouse juga bertanggung jawab dalam mengatur proses pengiriman. Tentunya hal ini akan memudahkan klien dalam mendistribusikan produk yang ingin mereka pasarkan.

Menyelesaikan Laporan Tepat Waktu

Petugas warehouse juga bertanggung jawab dalam membuat laporan mengenai barang-barang titipan klien. Sehingga mereka harus menyelesaikan laporan dengan cepat dan tepat setiap harinya, salah satunya membuat dan menyusun laporan barang.

Posisi Karyawan yang Dibutuhkan untuk Bisnis Warehouse

Jika, Anda berencana membuka bisnis ini dalam waktu dekat pastikan sudah mengetahui posisi pekerjaan apa saja yang harus diisi. Berikut ini beberapa posisi penting dalam menunjang bisnis warehouse secara umum:

  • Penyimpanan gudang
  • Pekerja gudang
  • Posisi laborer
  • Operator forklift
  • Warehouse clerk
  • Manajer gudang
  • Receiving associate dan lain-lain

Solusi Terbaik untuk Dapatkan Staff Warehouse Kompeten

Setelah mengetahui beberapa posisi penting yang perlu diisi agar bisnis warehouse Anda bisa berjalan dengan baik, kini saatnya Anda mendapatkan warehouse staff  yang kompeten. Agar proses rekrutmen berjalan lebih mudah Anda bisa menggunakan layanan staffing dari Workmate Indonesia yang memiliki beragam kelebihan. 

Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh Workmate Indonesia untuk Anda:

  • Membantu menyediakan kandidat tenaga kerja dengan cepat dan tepat sesuai keahlian yang Anda butuhkan
  • Metode absensi tanpa timesheet manual yang akan memudahkan operasional perusahaan Anda
  • Memberikan biaya layanan yang lebih terjangkau 30% dari perusahaan outsourcing konvensional
  • Menawarkan proses rekrutmen tenaga kerja yang lebih efisien dengan sistem digital

Kini tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang untuk merekrut staff warehouse yang Anda butuhkan. Dengan menggunakan layanan staffing dari Workmate Indonesia, Anda bisa mendapatkan karyawan yang handal dan kompeten untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda. Dapatkan informasi selengkapnya di sini

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.