<span class='p-name'>Kuniran Scout Race 2018</span>

Kuniran Scout Race 2018 adalah sebuah agenda yang bertujuan untuk mewujudkan generasi muda yang peduli sosial, memiliki wawasan kebangsaan, peduli terhadap konservasi alam dan kebudayaan. Acara yang mengambil tempat di Desa Kuniran, Kabupaten Ngawi ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 21 Agustus 2018 hingga 23 Agustus 2018.

Program ini merupakan event tahunan kedua setelah pelaksanaan Kuniran Scout Race 2017 sukses dan diikuti lebih dari 500 peserta dari kalangan Siaga, Penggalang dan Penegak di Kabupaten Ngawi. Kali kedua ini diikuti oleh 24 regu pramuka yang ikut ambil bagian dalam pelaksanaan Kuniran Scout Race 2018.

Acara yang diinisasi oleh Rumah Inspirasi Nusantara dan didukung oleh Bumi Retawu Farm, Budidaya Lele Belpas Belpas Makmur, Pemerintah Desa Kuniran, Kampoeng Edukasi dan lain-lain ini rencananya akan dijadikan sebagai event tahunan untuk mendukung promosi Desa Wisata Kuniran.

DlQ4uDbUwAAn4lq Kuniran Scout Race 2018  wallpaper
Mas Choirul Amri (baju hitam), Ketua Penyelenggara Kuniran Scout Race dan panita bergambar bersama Tim Panitia

Berbagai jenis kegiatan diselenggarakan oleh panitia bersama peserta antara lain, jelajah alam, edukasi wisata, penyembelihan hewan kurban, pelaksanaan bakti sosial dan pasar murah serta camping. Dalam pelaksanaan yang diikuti oleh siswa jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Ngawi ini, para peserta diajak untuk mengenal potensi daerahnya, terutama di Desa Kuniran.

DlQ42KtVAAAZjkn Kuniran Scout Race 2018  wallpaper
Jelajah Alam Desa Kuniran, Kuniran Scout Race 2018

Potensi-potensi yang coba diangkat dalam gelaran Kuniran Scout Race 2018 ini antara lain, pengenalan sanggar karawitan, kunjungan ke pusat budidaya ikan lele, pengolahan susu kambing, penangkaran burung kenari, lumbung padi, sumber air dan embung.

DlQ4KURUwAENt2w Kuniran Scout Race 2018  wallpaper
Peserta diajak berkenalan dengan seni karawitan sebagai salah satu budaya bangsa

Para peserta diajak untuk bisa memiliki kepekaan sosial lewat pemotongan hewan kurban, serta pengadaan pasar murah. Sementara untuk memberikan tambahan pengetahuan ketrampilan dan leadership. Para peserta diajak ke Kolam Budidaya Lele Belpas Makmur, Pengolahan Susu Kambing Bumi Retawu Farm serta Penangkaran Burung Kenari Mas Ham.

DlQ4lvVVAAAE8Oa Kuniran Scout Race 2018  wallpaper
Kunjungan ke Pusat Pengolahan Susu Kambing Bumi Retawu Farm

Peserta dapat merasakan sendiri berkenalan dengan lingkungan edukasi tersebut dan terlibat aktif serta berkesempatan untuk bertukar pengetahuan dengan para pengelola masing-masing tempat budidaya.

Mas Choirul Amri selaku ketua Panitia acara ini berharap, apa yang didapatkan peserta selama mengikuti Kuniran Scout Race ini dapat memberikan manfaat kepada para peserta, menggugah rasa kecintaan pada tanah air, kepedulian sosial dan lingkungan serta memberikan wawasan pengetahuan baru untuk bekal masa depan mereka.

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.
%d blogger menyukai ini: