<span class='p-name'>Manfaat Virtual Reality Dalam 6 Bidang Kehidupan</span>

Teknologi buatan manusia memang selalu mengalami pembaharuan. Bahkan, tidak jarang juga muncul beberapa teknologi baru untuk memudahkan pekerjaan manusia. Beberapa teknologi tersebut bisa dibilang lebih canggih dan juga praktis.

Nah, siapa yang tidak kenal dengan teknologi Virtual Reality? Teknologi yang satu ini menjadi salah satu teknologi terbaru yang bisa Anda rasakan manfaatnya. Virtual Reality merupakan sebuah teknologi yang akan membawa Anda untuk melihat gambar virtual yang nampak secara nyata.

Anda bisa merasakan sensasi menonton video yang berbeda serta bermain game yang akan membuat diri Anda menjadi lebih tertantang. Namun, apakah itu saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dari Virtual Reality yang satu ini? Tentu saja tidak, masih ada banyak manfaat Virtual Reality untuk kehidupan sehari-hari. Apa sajakah itu?

  1. Manfaat Virtual Reality Pada Bidang Kesehatan

Tak hanya sangat bermanfaat untuk hiburan saja. Akan tetapi, teknologi canggih yang satu ini juga sangat bermanfaat di bidang kedokteran. Teknologi Virtual Reality yang satu ini akan membantu para dokter untuk mendeskripsikan setiap bagian anatomi tubuh manusia (simulasi dari anatomi tubuh manusia). Berbagai macam organ yang ada di dalam tubuh pun bisa terlihat secara nyata.

Hal ini tentu saja akan membuat para dokter dan tenaga medis menjadi lebih tahu tentang kondisi organ dalam pasien. Dengan demikian, dokter bisa memutuskan apakah pasien membutuhkan pembedahan ataupun tidak.

Tak hanya bermanfaat untuk prosedur pembedahan suatu penyakit, ternyata teknologi zaman sekarang ini bisa digunakan untuk mendiagnosa suatu penyakit, mengetahui perkembangan suatu penyakit sehingga dapat digunakan teknik perawatan yang lebih tepat untuk pasien.

  1. Manfaat Virtual Reality Pada Bidang Transportasi

Ternyata, teknologi yang satu ini juga sangat bermanfaat pada bidang transportasi. Bagaimanakah cara penerapannya? Bagi para calon pilot yang akan berlatih menerbangkan pesawat, menerbangkan pesawat dengan menggunakan teknologi Virtual Reality jauh lebih aman dan lebih murah jika harus menggunakan pesawat sungguhan. Bahkan, pengalaman menerbangkan pesawat dengan menggunakan teknologi Virtual Reality ini nyaris seperti kenyataan.

  1. Manfaat Virtual Reality Pada Bidang Ekonomi

Perkembangan teknologi Virtual Reality pun mampu merambah ke beberapa bidang. Salah satunya yakni dalam bidang ekonomi. Teknologi yang satu ini dapat digunakan untuk bisa mempromosikan barang pajangan atau barang display. Toko Salfridges yang ada di jalanan Oxford, London ini telah menggunakan metode canggih tersebut.

Dimana, pembeli bisa merasakan menggunakan produk yang didisplay hanya dengan berdiri di depan layar. Kamera yang ada di layar tersebut akan merekam penampilan serta gerakan dari calon pembeli sehingga pembeli akan tampak memakai produk virtual 3D.

  1. Manfaat Virtual Reality Pada Bidang Teknik dan Otomotif

Teknologi Virtual Reality ini memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan manusia. Bidang teknik dan otomotif menjadi salah satu bidang yang tidak luput dari teknologi tercanggih dan terbaru satu ini. Bagaimana cara penerapannya?

Teknologi Virtual Reality akan digunakan untuk mendesain mobil. Nah, salah satu perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi ini adalah Ford. Para desainer mobil tersebut memanfaatkan headset Oculus Rift untuk melakukan evaluasi pada bagian dalam dan luar mobil. Tentu saja, dengan menggunakan headset tersebut bisa membuat para desainer menjadi lebih detail dalam memperhatikan setiap bagian mobil.

Dengan menggunakan Virtual Reality ini juga lebih mudah. Kamera-kamera yang digunakan secara otomatis mengikuti gerakan desainer serta dapat berkoordinasi dengan perangkat lunak yang bertujuan untuk mencocokkan presentasi global yang dapat digerakkan desainer.

  1. Manfaat Virtual Reality Pada Bidang Militer

Teknologi yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat pada bidang kemiliteran. Virtual Reality akanĀ  membantu para tentara untuk membuat sebuah simulasi perang. Uniknya, simulasi perang ini nampak seperti bermain game Point Blank. Dengan menggunakan teknologi yang satu ini, para tentara bisa melakukan simulasi perang yang tampak jelas serta nyata.

Virtual Reality yang digunakan akan memberikan sebuah tampilan digital dari lingkungan peperangan yang tampak terlihat sangat nyata sehingga membuat para tentara bisa mendapatkan pengalaman yang mengagumkan dan juga menarik. Meski menggunakan media Virtual Reality, namun hal tersebut juga bisa melatih para tentara untuk bisa menghadapi perang dengan sangat baik.

Tak hanya itu saja, ternyata manfaat Virtual Reality dalam bidang militer ini juga dapat menghemat biaya jika harus dibandingkan berlatih perang sesungguhnya. Dengan begitu, biaya yang harus dikeluarkan tidaklah terlalu banyak.

  1. Manfaat Virtual Reality Pada Bidang Media Serta Hiburan

Nah, untuk manfaat Virtual Reality yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Ya, kebanyakan orang menggunakan teknologi Virtual Reality sebagai hiburan dengan bermain game misalnya. Pastinya, dengan menggunakan teknologi yang satu ini akan membuat pengalaman bermain game Anda menjadi tampak sangat nyata.

Anda bahkan tampak seperti ikut andil di dalam game tersebut. Sensasi game yang Anda mainkan juga tampak sangat hidup. Pastinya, hal ini menjadi pengalaman yang menarik bagi para gamers. Selain itu, saat ini banyak sekali aplikasi game yang ditujukan untuk Virtual Reality. Bagaimana? Apakah Anda ingin mencobanya?

Nah, manfaat Virtual Reality tidak hanya untuk hiburan saja bukan? Pastinya, teknologi Virtual Reality yang diciptakan bertujuan untuk membuat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Selain itu, teknologi yang satu ini juga dibuat untuk menekan biaya seminimal mungkin agar tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak. Dengan menggunakan teknologi ini, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat dalam waktu hitungan detik saja.

News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.