Mau Buka Franchise Kuliner Kekinian? Ini Tipsnya!

Bisnis waralaba atau franchise memang banyak diminati karena Anda tidak perlu repot-repot memulainya dari nol. Sebagian besar brand franchise kuliner sudah memiliki nama sehingga sudah banyak yang mengenalnya. Anda juga bisa menjadi franchisee (mitra) brand makanan kekinian dengan mudah menggunakan pinjaman bunga rendah.

Meskipun termasuk jenis bisnis yang mudah dijalankan, sebaiknya sebelum menjadi franchisee Anda harus mengetahui cara memilih franchise yang tepat. Karena jika tidak pintar-pintar memilih Anda bisa saja dirugikan secara sepihak oleh franchisor. 

Tips Memilih Franchise Kuliner Kekinian yang Tepat

Saat ini banyak bisnis franchise yang bermunculan tapi tidak semuanya memiliki sistem dan pembagian fee yang baik dan seimbang. Oleh sebab itu, Anda harus lebih berhati-hati saat memilihnya.  

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tidak salah memilih franchise.

Pilih Produk Makanan yang Banyak Dicari Masyarakat

ide franchise kuliner kekinian

Tips pertama Anda harus memilih franchise yang menjual produk makanan yang banyak diminati masyarakat. Semakin populer produk yang ditawarkan maka akan semakin besar peluang Anda mendapatkan banyak pelanggan. 

Dengan mendapatkan banyak pelanggan Anda bisa meningkatkan angka penjualan dan mengais banyak keuntungan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan analisa pasar untuk mencari tahu produk apa yang sedang diminati masyarakat saat ini. 

Jangan Mudah Percaya dengan Cerita Sukses yang Disebarkan Franchisor

Ada banyak sekali brand franchise makanan baru yang bermunculan, kebanyakan dari mereka sering kali menjual cerita-cerita sukses untuk menarik orang agar mau bergabung menjadi franchisee. Cerita sukses yang disebarkan tersebut hanya materi promosi yang tidak bisa menjamin Anda menjadi sukses.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan menelan mentah-mentah cerita sukses yang mereka tonjolkan. Pastikan Anda mempertimbangkan berbagai macam aspek sebelum memilih franchise tersebut. 

Satu hal yang perlu diingat jangan terburu-buru membuka banyak cabang karena perubahan tren makanan bisa saja terjadi sewaktu-waktu. 

Pilih Brand Franchise yang Banyak Peminatnya

franchise kuliner kekinian

Sebagian besar brand franchise yang memiliki banyak peminat biasanya sudah berdiri sejak lama dan sudah memiliki banyak franchisee atau mitra. Itu artinya, perusahaan franchise tersebut telah menjalin banyak kerja sama yang berlangsung dengan baik.

Di sisi lain Anda juga tidak perlu lagi bekerja keras memperkenalkan bisnis tersebut ke masyarakat. Harga franchise makanan kekinian dari brand ternama memang cenderung lebih mahal. 

Harga tersebut bisa dibilang sebanding karena sudah memiliki banyak penggemar dan Anda tinggal menjalankannya saja. 

  • Cek Latar Belakang Franchise Tersebut

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah franchise, pastikan Anda sudah mengecek reputasi perusahaan tersebut. Walaupun produk dan mereknya sudah dikenal banyak orang, jangan sampai sistem di dalamnya merugikan Anda.

Cobalah bertanya ke franchisee atau mitra yang sudah bergabung untuk mengetahui seperti apa sistem di dalamnya franchise tersebut. Gali informasi sebanyak mungkin supaya Anda mendapatkan gambaran detail mengenai kontrak kerja samanya. 

  • Sesuaikan Modal yang Anda Punya

Modal menjadi salah satu faktor utama yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, termasuk franchise. Harga franchise memang sangat beragam tergantung besar kecilnya brand dan fasilitas yang ditawarkan. Semakin lengkap fasilitas yang Anda dapatkan maka harganya juga akan semakin mahal. 

Pastikan memilih franchise yang sesuai dengan modal yang Anda miliki tapi jika belum memiliki modal sama sekali. Coba gunakan pinjaman 300 juta tanpa jaminan untuk membeli franchise yang Anda inginkan. 

  • Teliti Membaca Kontrak Kerja Sama 

Sebelum menjadi franchisee Anda akan diberikan kontrak kerja sama, sebelum menandatangani dokumen tersebut. Sebaiknya baca secara teliti dari awal hingga akhir perjanjian jangan sampai Anda melewatkan hal-hal kecil yang dapat merugikan.

Jangan lupa memahami hal apa saja yang bisa mengakibatkan pemutusan hubungan kerja sama pada keterangan di dalam kontrak tersebut. Selanjutnya perhatikan aspek-aspek yang berhubungan dengan pengalihan kepemilikan, hak ahli waris, dan sejenisnya. 

  • Pastikan Ada Jaminan dalam Kontrak Tersebut

Sebagian besar perusahaan franchise ternama memberikan jaminan atau garansi kepada mitranya. Supaya Anda bisa mengklaim jaminan tersebut pastikan perjanjian mengenai hal tersebut tercantum secara jelas di kontrak kerja sama.

Contoh jaminan yang dimaksud adalah izin penggunaan merek franchise dan jaminan mengenai hak eksklusif untuk pemilik cabang. 

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut Anda bisa mengajukan klaim atau menuntutnya secara hukum ketika terjadi suatu masalah di kemudian hari. 

Dapatkan Pinjaman Bunga Rendah di DBS KTA

Belum memiliki modal yang cukup untuk menjadi franchisee? Jangan khawatir karena Anda bisa mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan di Bank DBS. Kisaran biaya untuk menjadi franchisee restoran makanan kekinian biasanya antara Rp120 juta – Rp150 juta tergantung brand dan fasilitas yang didapatkan.

DBS KTA menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan pinjaman bunga rendah untuk modal usaha, berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan:

  • Limit pinjaman yang cukup besar hingga Rp300 juta.
  • Bunga pinjaman relatif rendah yakni mulai 0,88 persen per bulan.
  • Memberikan jangka waktu pinjaman panjang hingga 36 bulan (3 tahun).
  • Persyaratannya mudah, Anda bisa melakukan pengajuan jika berdomisili di wilayah Jabodetabek. Serta memiliki penghasilan minimal Rp5 juta per bulan serta sudah memiliki e-KTP dan NPWP. Syarat berikutnya Anda harus memiliki kredit bank lain dengan limit minimal Rp10 juta.

Bisnis franchise restoran makanan kekinian memang cukup menjanjikan dan terbilang mudah dijalankan sehingga bisa dilakukan sembari menjadi karyawan. Anda bisa segera menjalankan bisnis ini dengan mengajukan pinjaman DBS KTA. 

Segera dapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan hingga senilai Rp300 juta dan raih kesuksesan dalam berbisnis bersama Bank DBS Indonesia. Cari tahu lebih lanjut informasi seputar pinjaman bunga rendah ini di https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page, dan pahami langkah pengajuannya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.