Mengenal Bagian Tang Crimping

Tang crimping adalah alat yang digunakan untuk memotong kabel UTP dan memasang konektor kabel jaringan LAN RJ45. Tang ini biasanya digunakan oleh seorang network engineer dan digunakan oleh siswa jurusan Teknik Komputer dan Jaringan guna membuat kabel LAN.

Bagian Tang Crimping

Tang crimping sendiri memiliki beberapa bagian yang ternyata tidak hanya berfungsi untuk memotong kabel dan memasang konektor RJ 45. Biar lebih jelas kita simak penjelasan berikut

Agar lebih jelas kita simak gambar tang crimping berikut

mengenal bagian tang crimping

Bagian Kepala

Bagian kepala tang crimping digunakan untuk memasangkan konektor ke kabel UTP, namun tidak hanya dapat digunakan untuk mengcrimping konektor RJ45, pada tang crimping standar terdapat dua konektor lain yang bisa dicrimping juga yaitu RJ 11 dan RJ12.

RJ11 dan RJ12 adalah konektor yang digunakan untuk line telepon/modem, jadi selain untuk membuat kabel LAN tang crimping juga bisa digunakan untuk menyiapkan line modem ke perangkat access point.

Bagian Badan

Bagian badan tang crimping memiliki dua mata pisau yang memiliki kegunaan berbeda.

Pisau pertama digunakan untuk memotong kabel UTP, sedangkan pisau kedua digunakan untuk mengupas kabel UTP. Siswa dapat menggunakan pengupas kulit kabel UTP menggunakan pisau pengupas.

Bagian Kaki

Bagian kaki tang crimping digunakan sebagai pegangan tangan untuk melakukan crimping atau memotong dan mengupas kabel.

Biasanya tang crimping standar ini juga dilengkapi dengan gunting pengupas kabel UTP

gunting pengupas kabel utp

Gunting ini memiliki ujung yang dapat digunakan untuk mengupas kulit kabel konektor, sementara bagian samping terdapat mata pisau dengan beberapa gerigi untuk mengupas jenis kabel UTP atau kabel modem. Gunting ini umumnya dapat ditemukan dalam paket pembelian alat crimping tool RJ 45 standar. Meski demikian, gunting ini juga dijual bebas namun dengan spesifikasi yang lebih baik dari versi bawaan.

Itulah sekilas bagian dan fungsi dari tang crimping, tidak hanya untuk memasang konektor RJ45 tetapi juga mampu melakukan beberapa tugas terkait pengkabelan lainnya.

Harga tang crimping RJ 45 ini terbilang standar sekitar Rp. 60.000 berikut gunting pengupas kabelnya. Link pembelian bisa diakses disini

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.