People Also Ask Sebagai Riset Keyword Kebutuhan User

Di tahun 2022, cara riset keyword terbaru yang lebih baik yaitu memanfaatkan fitur People Also Ask alih-alih memikirkan nilai search volume dan kw difficulty. Mengapa? Saat membuat sebuah fitur seperti People Also Ask, Google tentu sudah mendasarkan penempatan fitur tersebut berdasarkan riset. Sebagai sebuah search engine, Google sebisa mungkin berupaya memberikan informasi yang relevan dengan kebutuhan user.

Google seringkali melakukan update algoritma, hal tersebut dimaksudkan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan user mereka saat ini. Ya, jika Google hari ini masih memiliki karakter dan fitur sama dengan Google 20 tahun lalu, tentu sudah tidak ada lagi user yang mau menggunakan mesin pencari mereka.

Itulah sebabnya kita sekarang pun mengenal adanya search intent, yaitu maksud dan tujuan seseorang saat ia mengetikkan keyword pada halaman pencarian Google. Search intent dibagi menjadi empat kategori, masing-masing adalah informational, transactional, commercial dan navigational.

Mengapa Ada Search Intent?

Search intent bertujuan untuk memahami apa sebenarnya yang diinginkan oleh user saat mereka melakukan pencarian. Sebagai contoh saat orang mengetikkan Poco C4, maka Google akan menganggap tujuan orang tersebut adalah mencari informasi seputar model smartphone keluaran Poco.

Oleh karena itu Google di halaman pertama cenderung akan memberikan result berupa halaman spesifikasi alih-alih marketplace yang merupakan product page untuk melakukan pembelian. Sebagai perbandingan berikut adalah beberapa keyword sesuai intent masing-masing

  1. Smartphone 6000 mAH satu jutaan – informational
  2. Spesifikasi Poco C4 – Navigational
  3. Perbandingan Poco C4 dan Xiaomi Redmi Note 8 – Commercial
  4. Jual Poco C4 – Transactional

Keempat intent tersebut mewakili seseorang saat pertama kali akan membeli smartphone, pertama dia mencari informasi terlebih dahulu merk smartphone sesuai kebutuhannya, setelah mendapatkan satu rekomendasi ia akan mulai masuk intent navigational.

Navigational ditandai dengan adanya nama brand dalam kata kunci yang dimasukkan, dalam hal ini nama brand yang dimaksud adalah Poco C4. Berikutnya, ia akan mulai melakukan perbandingan produk tersebut dengan produk produsen lain yang head to head, fase ini berada pada tahap commercial. Setelah yakin barulah ia mencari link penjualan produk tersebut untuk melakukan transaksi.

Selain memperhatikan search intent, Google juga menyediakan featured snipet, Google Suggestion, Related Searches dan juga People Also Ask. Artikel kali ini akan fokus membahas people also ask atau PAA.

Apa itu People Also Ask

People Also Ask adalah sebuah fitur yang hampir selalu muncul di halaman pertama Google untuk memberikan kata kunci terkait dengan keyword yang dimasukkan oleh user. Yang membedakan dengan related search pada umumnya, PAA lebih spesifik untuk memberikan pembahasan yang semakin mendalam dari kata kunci yang diberikan.

Biasanya orang akan mengetikkan kata kunci general dan kemudian akan menemukan adanya pertanyaan-pertanyaan lain dalam PAA yang lebih relevan dengan intent yang ia cari. Berikut adalah contoh tampilan PAA

 

contoh people also ask

Pada contoh PAA di atas, seseorang sedang mencari spesifikasi iPhone 11, Google kemudian memberikan beberapa kata kunci yang juga dimasukkan terkait spesifikasi iphone, mulai informasi RAM dan juga harga. Setiap satu kolom PAA tersebut memiliki satu artikel yang relevan dengan kata kunci user, dan juga PAA yang diberikan.

Dengan demikian, PAA memiliki tingkat engagement yang lebih baik dibandingkan Google suggest ataupun Related search dalam pengalaman pengguna melakukan pencarian.

PAA Sebagai Alat Riset Keyword

Kebanyakan praktisi SEO menggunakan riset keyword untuk menemukan volume pencarian per bulan. Riset kata kunci adalah sebuah hal untuk mengetahui apa saja kata kunci yang banyak dicari oleh orang.

Ada cukup banyak tools yang bisa digunakan mulai ahrefs, semrush, ubersuggest, bahkan beberapa addons chrome. Selain memberikan informasi volume pencarian, mereka juga memberikan informasi tingkat kesulitan kata kunci untuk ranking. Semakin tinggi nilai Keyword Difficulty (KD) semakin berat juga persaingan di kata kunci tersebut.

Paradigma Search Volume vs User Pain Problem

Banyak praktisi SEO yang masih terpacu pada ranking pencarian, bagaimana mendapatkan posisi lebih tinggi di hasil pencarian, namun banyak yang lupa bahwa mesin pencari diciptakan untuk menjawab kebutuhan user, bukan untuk menjadikan halaman milik klien berada di ranking pertama hasil pencarian.

People Also Ask dapat digunakan sebagai alat riset keyword, yang benar-benar dapat menghasilkan artikel yang sesuai dengan kebutuhan user. Dengan memahami apa pain problem user, maka kita bisa menciptakan artikel yang dapat menjawab masalah mereka.

Menurut aku, hal ini lebih relevan dibanding menggunakan tools riset volume keyword. Ada beberapa keuntungan menggunakan PAA dibanding volume pencarian.

Tidak Harus Berdarah-darah di Persaingan Berat

Jika mengincar kata kunci dengan volume besar dan memiliki pesaing seperti marketplace, media massa, brand besar, maka kita harus benar-benar berdarah-darah untuk bisa mengalahkan mereka. Alasannya simpel, mereka memiliki sumberdaya uang yang banyak dan team khusus yang dibayar untuk memastikan mereka memiliki presence yang baik di hasil pencarian.

Sementara blogger kebanyakan lone wolf dengan prinsip palu gada, ya mulai dari membuat blog, desain layout, riset kata kunci, bikin artikel, optimasi, maintenance, dll. Dengan menggunakan PAA kita bisa mengambil kata kunci yang tidak terlalu berat namun memiliki relasi cukup dekat dengan kebutuhan user.

Sebagai contoh, KW spesifikasi seri iphone sebut saja Z memiliki search volume 22000 dengan KD 65, sementara berapa kapasitas iPhone Z tidak ada yang mencari. Namun jika berhasil memenangkan keyword tersebut bisa muncul di halaman PAA spek iPhone Z yang ada di halaman pertama tanpa harus bersaing di kata kunci berdarah.

Engagement User Lebih Baik

PAA hanya menampilkan pertanyaan yang umumnya lebih spesifik dan lebih dalam, hal ini akan meningkatkan engagement user, bukan tidak mungkin dari seringnya artikel kita direferensikan Google di PAA, maka dapat meningkatkan traffik kita lebih baik lagi.

Sebagai informasi, saat ini Google juga lebih memperhatikan apakah seorang user akan kembali ke halaman Google setelah melihat halaman artikel kita untuk mencari artikel yang lebih relevan dengan kebutuhan mereka atau tidak. Ini akan menjadi sinyal bahwa kualitas artikel kita tidak cukup baik, hingga seseorang merasa tidak puas dan mencari jawaban dari website lain.

So, buatlah artikel kalian mampu menjawab pain problem dari pengguna mesin pencari.

3 Tools Riset PAA

Setidaknya ada 3 cara melakukan riset dengan PAA

Google SERP

Ya dimana lagi kita mendapatkan PAA kalau tidak di halaman hasil pencarian Google? Jika kita rajin mengklik kolom PAA maka akan semakin banyak pertanyaan dan jawaban yang disajikan oleh Google secara lebih spesifik.

Caranya cukup mudah.

  1. Cari sebuah kata kunci di Google
  2. Klik satu kolom PAA yang muncul
  3. Google Akan menampilkan search result PAA tersebut dan PAA lanjutan dari PAA level 1
  4. Semakin diklik semakin spesifik PAA yang muncul.

Sayangnya saat kita melakukan ini maka kita mungkin sudah tidak ingat kata kunci pertama yang dimasukkan dalam kolom pencarian. Oleh karenanya lebih baik menggunakan tools berikut

AlsoAsked.com

Tools satu ini mendukung beragam bahasa, termasuk bahasa Indonesia, hasil tampilan People also ask nya jauh lebih mudah dibaca karena menggunakan tampilan visual seperti dibawah ini. Dan jujur saja, aku sangat terpukau waktu pertama kali tahu informasi ini dari grup SMI.

pengertian people also ask adalah

Pada contoh di atas, saat seseorang mencari obat sakit gigi, ia bisa jadi punya masalah sakit gigi dan membutuhkan informasi cara mengatasinya. Namun cara mengatasi seperti apa yang benar-benar mereka butuhkan? Also asked menampilkan apa saja kata kunci terkait berdasarkan PAA dan menampilkannya dalam bentuk tree yang mudah dipahami.

Sebagai content creator kita bisa membuat artikel obat sakit gigi yang bisa menjawab berbagai pertanyaan PAA di atas secara tuntas. Kita bisa menjadikan tampilan ini sebagai kerangka artikel untuk menentukan apa saja sub bahasan yang harus ada dan harus kita jawab di artikel tersebut.

Namun tools hebat ini hanya dapat digunakan untuk melakukan 3 kali pencarian selama 1 bulan, selebihnya bayar bray. Apes!

Add ons Chrome

Add ons PAA di Google Chrome ini bernama SEO Minion, salah satu member SMI mas fathur yang baik hati berbagi mengenai tools keren satu ini. Tools ini bersifat gratis dan bisa digunakan sebagai alat bantu riset kata kunci serta dapat digunakan untuk panduan membuat artikel.

SEO Minion, selain dapat digunakan untuk mencari PAA bisa juga digunakan untuk menemukan video listing, article listing, product listing dll yang berguna untuk pemilik website commercial, youtuber, dll. Namun fokus kita disini adalah memanfaatkan fitur PAA nya

Cara Menginstall SEO Minion

  1. Buka Google Chrome dan buka https://chrome.google.com/webstore/category/extensions
  2. Cari SEO Minion dan pilih Add to Chrome
  3. Biarkan proses download dan instalasi berjalan otomatis
  4. SEO Minion akan menambahkan table di halaman serp Google nantinya

Cara Menggunakan Tools PAA SEO Minion

  1. Masuk ke halaman https://google.com dan lakukan pencarian dengan kw tertentu
  2. SEO minion akan menampilkan table di sisi Serp
  3. Pindahkan drop down ke PAA level 3/4 (semakin tinggi level semakin lama prosesnya)cara menggunakan tools PAA Seo minion
  4. Klik tombol Go dan biarkan SEO Minion bekerja
  5. Setelah selesai akan ada konfirmasi download csv, download aja
  6. Berikutnya klik view PAA Tree
  7. And voila!!!!

cara mudah riset kata kunci seo minion dengan PAA

Menariknya adalah, setiap titik di SEO Minion bisa dihover dan akan menampilkan artikel terbaik yang menjawab PAA tersebut. Bisa kita jadikan panduan untuk menulis artikel yang lebih baik bukan?

Kemudian, fitur download CSV akan memberikan informasi

  1. PAA Title (PAA Keyword)
  2. Parent keyword (kata kunci yang dimasukkan user)
  3. Text (Meta description)
  4. URL (Url jawaban terbaik dari PAA)
  5. URL Title (Judul artikel hasil PAA)

Tapi buat kalian yang gak pengen tiap cari PAA harus download, bisa ubah dengan mengganti menu download di sebelah menu PAA dengan copy.

Nah, kawan blogger, siapa nih yang udah pernah make tools People Also Ask seperti di atas? N siapa yang gak sabar buat nyobain tools PAA Seo Minion? Share di kolom komentar ya!

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.