Memilih smartphone Samsung di bawah harga 3 juta, dapat fitur apa saja?

Persaingan vendor smartphone tidak hanya berada di level flagship namun juga merambah di entry level dan juga mid range. Banyaknya produk yang membanjiri pasaran menjadi keuntungan bagi para calon pengguna smartphone agar dapat memilih smartphone pilihan yang sesuai dengan kebutuhan mereka, tentunya dengan harga yang bersaing?

Jika kita bicara mengenai smartphone apa yang terbaik, tentunya hal ini kembali kepada pilihan pengguna masing-masing, ada yang suka merk Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Asus dan lain sebagainya. Karena toh pada akhirnya setiap vendor umumnya juga membuat smartphone yang dapat menyasar beberapa lini.

Salah satu vendor yang familiar untuk pengguna ponsel di Indonesia tentu saja adalah Samsung. Sejak kemunculan Samsung Galaxy yang menggunakan operasi Android di medio 2009, secara perlahan, Samsung berhasil menggeser beberapa nama besar vendor ponsel saat itu, mulai dari Nokia, Blackberry, hingga kemudian Apple. Berbeda dengan Samsung yang mengusung Android, ketiga vendor lainnya menggunakan sistem operasi yang berbeda. Nokia menggunakan Symbian dan dilanjutkan Windows Mobile, Blackberry menggunakan Blackberry OS serta Apple yang menggunakan sistem operasi iOS.

Seiring perjalanan waktu, Android yang didukung Samsung dan berbagai vendor dunia akhirnya menjadi sistem operasi utama, Samsung ketiban rejeki dengan berhasil menjadi vendor dengan pengapalan ponsel terbanyak lewat keluarga Samsung Galaxy.

Ada beberapa keunggulan ponsel Samsung yang menjadikannya pilihan banyak masyarakat di dunia, tidak hanya di Indonesia. Di dalam negeri, Samsung meraih market share 25.24% lebih banyak dibanding merk milik vendor lain. Namun posisi Samsung sendiri tahun ini bisa dibilang tidak aman, Oppo mulai membuntuti penjualan smartphone Android nasional dan membukukan 24,2% di quartal kedua tahun ini. Laporan counterpoint sendiri menyebutkan OPPO telah mengambil singgasana Samsung dengan meraih 26% market share smartphone di quartal kedua. Tidak mengherankan jika di tahun 2019 ini, Samsung sangat getol merilis berbagai seri dari varian keluarga Samsung Galaxy. Hingga akhir Oktober 2019, setidaknya sudah ada belasan model Samsung Galaxy yang dihadirkan untuk para pengguna smartphone di Indonesia.

Keunggulan Smartphone Samsung

Ada apa saja di artikel ini?

Keunggulan Smartphone Samsung baik di ranah global maupun di Indonesia sendiri tentunya tidak terjadi dengan sendirinya. Ada beberapa ciri khas yang dimiliki oleh smartphone Samsung yang membuatnya menjadi target utama para pengguna smartphone di Indonesia, apa saja?

1 Antena Sekunder

Samsung

Samsung berani memberikan layanan terbaik pada penggunanya dengan menerapkan teknologi antena sekunder yang disebut dengan Signal Max. Smartphone Samsung seperti Galaxy A5, A7, J7 menggunakan dua antena untuk menangkap sinyal lebih baik. Selain itu, Samsung menggunakan teknologi dynamic antena yang membuat masing-masing antena dapat menerima data.

2 Mode Glove

Smartphone Samsung didesain dengan layar AMOLED yang cerah dan memiliki fitur mode glove. Dengan mode glove ini, smartphone dapat memberikan experience yang lebih nyaman bagi pengguna. Seringkali, smartphone memiliki masalah yang tidak sensitif pada layar. Namun mode glove ini mampu memperbaiki kinerja respon touch screen lewat menu increase touch sensitivity.

3 Performa

Smartphone Samsung dikenal dengan kebandelan ponselnya yang memiliki performa bagus untuk pengguna. Seperti halnya Huawei Samsung memproduksi sendiri processor untuk smartphone milikinya yaitu Samsung Exynos, processor ini memiliki artificial intelligence untuk menyempurnakan hasil tangkapan dari sensor kamera

4 Asisten Digital

Samsung memiliki asisten digital yang diberi nama Bixby, dengan kemampuan artificial intelligence perangkatnya, Samsung menambah pengalaman pengguna dengan menambahkan asisten yang dapat membantu memberikan rekomendasi kepada pengguna berdasarkan kebiasaan kita dalam mengakses smartphone.

Fungsi lainnya, Bixby mampu mengidentifikasi merk, dan model sebuah benda kemudian mencarikannya di marketplace atau di toko terdekat. Kemampuan ini tersemat di Samsung Galaxy S8 dan juga Samsung Galaxy Tab A.

Nah pilihannya apa saja sih ponsel Samsung yang ada di bawah harga 3 juta rupiah?

Samsung Galaxy M10

Samsung Galaxy M10 merupakan smartphone entry level yang dikeluarkan Samsung pada bulan Maret 2019. Ponsel berukuran 6.22″ ini hadir dalam 2 pilihan storage 16Gb/32Gb dan RAM 2/3Gb. Menggunakan processor Exynos 7870 Octacore. Ponsel ini memiliki ketahanan baterai yang cukup besar 3400 mAh. Kamera depan dibekali 5MP sementara kamera utama terdiri dari dual cam 13MP dan 5MP.

Samsung Galaxy M10Spesifikasi
ProcessorExynos 7870 Octacore
RAM2Gb/ 3Gb
ROM16Gb/32Gb
Kamera

Depan

5MP
Kamera Belakang13MP + 5MP
HargaRp. 1.445.000 – 1.699.000

 

Samsung Galaxy A10S

Ponsel yang baru dirilis bulan September 2019 ini sudah menggunakan Android 9.0 Pie dengan interface One UI. Berbekal Mediatek MT6762 Helio P22 Octacore. Smartphone ini cukup layak digenggam, kapasitas media penyimpanan cukup besar yakni 32Gb. Namun untuk RAMnya sendiri terbilang kecil hanya 2Gb saja

Samsung Galaxy A10SSpesifikasi
ProcessorMediatek MT6762 Helio P2
RAM2Gb
ROM32Gb
Kamera

Depan

8MP
Kamera Belakang13MP + 2MP
HargaRp. 1.720.000

 

Samsung Galaxy J6+

Berbeda dengan saudara kembarnya Samsung Galaxy J6, J6+ dibekali Snapdragon 425, ponsel ini sudah mendukung fitur face unlock dan juga memiliki fingerprint scanner. Sistem Android yang digunakan adalah Android 8.1 Oreo

Samsung Galaxy J6+Spesifikasi
ProcessorQualcomm Snapdragon 425
RAM3Gb, 4Gb
ROM32Gb, 64Gb
Kamera

Depan

8MP
Kamera Belakang13MP + 5MP
HargaRp. 1.849.000

 

Samsung Galaxy A20S 

Ponsel ini disiapkan Samsung untuk bermain di segmen middle dengan membawa tiga buah kamera belakang masing masing berkekuatan 13MP + 8MP+ 5MP. Kamera depan sebesar 8MP dikemas dalam tampilan infinity V dengan display 6.5″ Samsung Galaxy A20 memiliki kemampuan fast charging dengan baterai sebesar 4000mAh

Samsung Galaxy A20SSpesifikasi
ProcessorQualcomm Snapdragon 450
RAM3Gb, 4Gb
ROM32Gb, 64 Gb
Kamera

Depan

8MP
Kamera Belakang13MP + 8MP + 5MP
HargaRp. 2.249.000

Samsung Galaxy M20 

Samsung Galaxy M20 memiliki kamera belakang dengan dual camera 13 + 5MP. Bagian sisi depan ponsel berukuran layar 6.3″ ini menggunakan kamera depan berkekuatan 8MP. Meski secara kamera ponsel ini kalah jauh dibanding saudara-saudaranya, tetapi M20 dibekali dengan baterai super besar 5000mAh, ditambah dengan harga jualnya yang dibawah 2 juta membuat ponsel ini masih layak dicari para pengguna smartphone Indonesia

Samsung Galaxy M20Spesifikasi
ProcessorExynos 7904
RAM3Gb
ROM32Gb
Kamera

Depan

8MP
Kamera Belakang13+5MP
HargaRp. 1.679.000

Sementara jika kalian ingin mencari vendor lain, di rentang harga yang sama, ada beberapa ponsel dari Xiaomi yang juga bisa kalian pilih seperti Redmi 7, Redmi 8 atau Mi Play. Ponsel Xiaomi ini juga tidak kalah dengan produk keluaran Samsung, nah selamat memilih

One Comment

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.