cara mengatasi gigi berlubang penyebab sakit gigi

Memiliki Gigi Berlubang? Bahaya Jika Dibiarkan!

Gigi berlubang merupakan masalah gigi tidak sehat yang sering sekali menimpa masyarakat baik anak-anak hingga dewasa. Mayoritas masyarakat menganggapnya sebagai masalah sepele yang tak harus memerlukan penanganan khusus. Namun, masalah ini sangat mengganggu aktivitas jika tidak diatasi dengan benar.

Bahaya Gigi Berlubang Jika Tidak Diberikan Penanganan Khusus

Gigi yang telah berlubang memerlukan penanganan khusus dan akan berbahaya jika hanya dibiarkan, berikut adalah bahaya yang dapat ditimbulkannya:

cara mengatasi gigi berlubang penyebab sakit gigi

  1. Infeksi pembuluh darah yang merupakan bahaya pertama ketika gigi berlubang dibiarkan. Hal ini terjadi karena bakteri yang menyebabkan gigi berlubang masuk dan membuat infeksi pembuluh darah sekitarnya.
  2. Perasaan sakit dan nyeri gigi merupakan efek samping dari timbulnya lubang pada gigi. Kondisi ini akan sangat mengganggu aktivitas karena rasa nyeri dan ngilu yang dihasilkan sangat menyakitkan.
  3. Peradangan di gigi dan area sekitarnya merupakan bahaya yang bisa timbul saat lubang di gigi tidak ditangani dengan baik.
  4. Kehilangan gigi maksudnya ialah kondisi dimana gigi yang telah berlubang tadi mengalami pembusukan dalam kondisi parah sehingga harus dicabut.
  5. Komplikasi yang timbul selanjutnya dari lubang gigi yang tak dirawat ialah peradangan pada rongga sinus. Kondisi ini terjadi karena bakteri pada rongga mulut yang menyebabkan gigi menjadi berlubang tadi mulai menyebar ke rongga hidung sehingga terjadi peradangan pada area tersebut.

Cara Mencegah Penyebaran Gigi Berlubang

cara mengatasi sakit gigi akibat gigi berlubang

Gigi yang telah berlubang bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya. Namun jika segera ditangani tentu akan memperkecil bahkan menghilangkan risikonya. Tapi risiko tersebut bisa dicegah dengan cara berikut!

  1. Menyikat atau membersihkan gigi secara teratur dengan cara yang benar
  2. Menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride
  3. Mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali
  4. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin C
  5. Mengurangi konsumsi makanan yang dapat merusak gigi
  6. Mengunjungi dokter gigi 1 bulan sekali

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengurangi terjadinya bahaya akibat gigi berlubang yang dibiarkan. Kalian bisa melakukan tambal gigi berlubang di klinik dokter terdekat sebagai alternaltif cara diatas, atau membeli obat sakit gigi berlubang di apotik atau klinik dokter gigi terdekat.

BACA JUGA:   Daftar Makanan Sehat untuk Penderita Jantung yang Mudah Diperoleh

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.