Mengenal Manfaat Pembayaran QR untuk Pemilik Usaha dan Pelanggan

Dikembangkan hampir 30 tahun yang lalu sebagai alat untuk inventaris suku cadang otomotif yang lebih nyaman, hari ini kode QR menembus lebih banyak area kehidupan. Dan dengan munculnya COVID-19, mereka dapat dikatakan telah mengalami kelahiran kembali dan mendapatkan peningkatan popularitas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, terlepas dari berakhirnya tindakan pembatasan ketat dari pandemi, kode QR masih banyak digunakan, khususnya, sebagai metode pembayaran. Mari kita cari tahu alasannya.

Bagaimana pembayaran dilakukan menggunakan kode QR?

Pembayaran QR dapat dilakukan dengan dua cara:

  1. Memindai kode QR oleh klien. Dalam hal ini, pihak yang menawarkan produk atau layanan menyediakan kode QR yang dihasilkan menggunakan generator kode yang terkait dengan sistem pembayaran. Terkadang klien perlu memiliki aplikasi khusus untuk membaca kode QR seperti itu, tetapi sebagai aturan, itu dibaca oleh aplikasi kamera biasa. Kode dapat digunakan baik dalam bentuk cetak maupun digital dan digunakan di toko, pada faktur, dll.
  2. Memindai kode QR pelanggan oleh bisnis. Untuk proses pembayaran, pihak pengirim dan penerima harus sudah menginstal aplikasi masing-masing. Klien memberikan kode dengan informasi pembayaran yang disimpan untuk pemindaian dan konfirmasi transaksi selanjutnya. Dimungkinkan juga untuk memverifikasi pembayaran yang sudah selesai (termasuk memberikan kode tercetak) untuk penerbitan barang di toko atau transportasi boarding. 

Mengapa pembayaran kode QR populer?

manfaat pembayaran qr code

Tampaknya pembayaran dengan pemindaian adalah pesaing pembayaran tanpa kontak menggunakan metode NFC (Near Field Communication). Namun, mereka tidak dirancang untuk sepenuhnya menggantikan satu sama lain, karena masing-masing memiliki sejumlah keunggulan. Dalam praktiknya, masuk akal untuk menggabungkan kedua teknologi ini. Jadi, berbeda dengan kecepatan NFC yang tidak diragukan lagi, pembayaran dengan kode QR memiliki kelebihan:

  • Tidak semua ponsel memiliki NFC bawaan. Tetapi tidak mungkin untuk memenuhi perangkat Android atau iOS tanpa kamera. Dan ini dan, tentu saja, kartu bank yang terhubung ke sistem pembayaran (yang tanpanya NFC tidak berfungsi), seperti yang telah disebutkan, sudah cukup.
  • Kode QR dapat ditemukan di materi cetak, serta di situs web atau jejaring sosial. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian secara mandiri dan terlepas dari lokasi. Misalnya, ini berguna untuk restoran, di mana kombinasi penggunaan kode QR untuk memesan dan membayar mengurangi beban pelayan.
  • Untuk usaha kecil, kode QR menjadi pilihan untuk mendapatkan pembayaran nirsentuh tanpa memerlukan peralatan khusus.
  • Dengan relatif mudah dibuat, kode tersebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Selain langkah-langkah keamanan transaksi Visa/Mastercard dan sistem pembayaran lokal, kode QR pembayaran juga dienkripsi dan diberi token, yang menghilangkan kebocoran data Anda.

Ringkasnya, kita dapat mengatakan bahwa kode QR sebagai metode pembayaran adalah tambahan yang bagus untuk bisnis yang ingin mengembangkan dan menawarkan lebih banyak kebebasan kepada pelanggannya. Jika Anda seorang pengusaha, kami menyarankan Anda untuk mencobanya, terutama mengingat pembuatan kode QR dengan generator tidak memakan banyak waktu dan tidak memerlukan pengetahuan khusus. Jika Anda adalah konsumen yang menghindari penggunaan metode pembayaran ini, saya harap kami telah meyakinkan Anda tentang keamanan dan kenyamanannya!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.