Menggunakan dot matrix atmega dengan codevision(2)

Nah setelah kemaren cuma nyalain dot matrix sekarang kita nyoba nggeser dot matrixnya, yang digeser ya nilai tampilan yang ingin kita perlihatkan dalam layar dot matrix.

Untuk melakukan penggeseran dotmatrix kita bisa menggunakan bantuan IC eksternal atau kita mendayagunakan PORT2 yang dimiliki ATmega, bedanya apa? haha ada pokoknya, tapi sebelum kita ngeliat apa perbedaannya mending kita langsung coba praktikan wae.

Output yang saya inginkan untuk keluar di dotmatrix hanyalah sebuah titik yang muncul dari sebelah kanan kemudian bergeser ke sebelah kirinya. Setelah berakhir maka dia akan kembali muncul dari sebelah kanan, dot matrix yang saya gunakan adalah 5×7, total kolom 5 sehingga titik hanya akan bergeser sebanyak 5 kali tiap putaran, disini saya menggunakan variabel pengali untuk menggeser titik.

Bisa saja kita mengganti2 karakter yang ingin kita tampilkan, tapi ingat disini saya hanya membuat satu titik saja, untuk membuat karakter huruf atau angka yang bergeser belum, besok2 lagi.

/*****************************************************
Project : menggeser nilai dot matrik
Version :
Date : 07/06/2012
Author : priyo harjiyono
Company : http://anotherorion.com
*****************************************************/

#include
#include
void main(void)
{
unsigned char pengali=1;
PORTC=0x00;
DDRC=0x1F;
PORTD=0x00;
DDRD=0xFF;

while (1)
{
for(pengali=1;pengali {
PORTC=pengali;
PORTD=~0x08;
delay_ms(40) ;
}
};
}

dan skema rangkaiannya seperti dibawah ini, hehe kali ini ganti atmega32 bosen pake atmega16 mulu, prinsipnya pada baen ikih

dot-matrix-geser-300x222 Menggunakan dot matrix atmega dengan codevision(2)  wallpaper

sekian dan trima traktiran

BACA JUGA:   Interupsi ATMega dengan Codevision AVR (2)
program dot matrix dengan avr, led matrix atmega, membuat satu huruf bergeser dengan cv avr, cv avr dot matrik, pengertian dot matrix 8x8 mega32, rangkaian atmega32, program dot matriks 8x8 dengan atmega16 dengan avr, coding avr atmega16 dot matrix 8x8, program counter up di dot matrix, led matrix cvavr

Post Author: anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

6 thoughts on “Menggunakan dot matrix atmega dengan codevision(2)

Berikan tanggapan anda