Nikmati Kemewahan Naik Kereta Gajayana Luxury Rute Malang-Jakarta

Salah satu inovasi di dunia perkeretaapian Indonesia adalah menyediakan kelas kereta Luxury. Tipe luxury ini biasa diesbut kereta sleeper atau kereta tidur. Yang jelas, kelas luxury merupakan 1 tingkat di atas kereta kelas eksekutif. Tentunya, ada beberapa fasilitas khusus yang bisa Anda rasakan di kereta Luxury ini namun tidak bisa ditemukan di kelas eksekutif. Kereta luxury ini hanya terdapat 1 gerbong dan terletak di gerbong terakhir dari rangkaian kereta api. Salah satu KA yang terdapat gerbong sleeper ini adalah Kereta Api Gajayana.

Dari segi harga tentunya lebi mahal karena kenyamanan yang ditawarkan. Lantas, apa sajakah yang membedakan antara naik kereta gajayana kelas luxury dengan kereta kelas eksekutif? Apakah sebanding dengan fasilitas dan harganya? Berikut akan diulas pengalaman naik kereta luxury yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda dalam melakukan perjalanan Malang ke Jakarta.

Kursi Otomatis Yang Memanjakan Penumpang

harga tiket kereta api gajayana luxury

Salah satu hal yang membedakan antara kelas eksekutif dengan kelas luxury adalah dari kursi penumpang. Dari sebutannya saja sudah kereta sleeper atau kereta tidur. Maka, bayangan bahwa Anda bisa rebahan dengan nyaman dan bisa menyelonjorkan kaki dengan lega memang benar bisa didapatkan di tipe ini. Mari kita bahas dengan lebih rinci bagaimana kursi ini bisa senyaman itu!

Kursi KA Luxury ini empuk, berbahan kulit yang mewah dan bernuansa biru. Formasi kursi ini 2 kursi dan 1 kursi tiap barisnya. Jendelanya lebar-lebar, bersih dan jernih sehingga bisa melihat pemandangan dengan lebih jelas. Jarak antara kursi yang depan dengan yang belakang begitu luas. Hal ini karena kursi kereta luxury dapat dibaringkan hingga 140 derajat ke belakang. Memang tidak bisa full 180 derajat seperti saat Anda tidur di kasur. Namun sudah sangat cukup untuk membuat perjalanan Anda di kereta api terasa nyaman.

Selain itu, kursi ini memiliki 4 tombol dan 1 usb charger di bagian tempat senderan tangan. 2 tombol di atas dapat menaikkan dan menurunkan posisi tinggi rendahnya sendenan kursi Anda. Sementara 2 tombol yang di bawah dapat mengatur sudut dari leg rest atau sendenan kaki kursi. Di bagian bawah tombol terdapat tombol merah bertuliskan “Attendance Call”. Tombol ini berguna untuk memanggil pramugari kereta api. Jadi, penumpang tak perlu susah-susah memanggil pramugari atau menunggu hingga pramugari lewat. Selain itu, di gerbong luxury ini ada 1 pramugari khusus yang berjaga.

kereta sleepers gajayana luxury

Hiburan Dan Makanan Gratis Di Kereta Luxury

Kalau di kereta eksekutif, hiburan berupa layar LCD hanya ada di beberapa titik dan digantung di sisi atas kereta api. Namun, berbeda dengan kelas luxury ini. Tiap-tiap kursi sleeper di bagian belakangnya dilengkapi dengan layar LCD kecil mode touch screen lengkap dengan usb charger dan lubang untuk menghubungkan ke perangkat headset. Di layar LCD tersebut terdapat pilihan film, musik, game, internet TV dan informasi mengenai perjalanan Anda di kereta api.

Penumpang KA Gajayana Luxury di tiap kursinya tersedia air mineral 330 mililiter gratis. Di dalam gerbong ini juga terdapat minibar di mana Anda bisa mengambil teh, kopi, snack dan air minum gratis. Saat Anda datang pertama kali ke gerbong ini, Anda akan mendapatkan welcome snack berupa kacang, 1 cup puding dan minuman buah kotak. Lalu saat malam harinya, Anda akan mendapatkan makanan berat (berupa nasi, ayam goreng, tahu, tempe, lalapan, sambal dan kerupuk) gratis.

Harga Dan Rute KA Gajayana Luxury

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk menikmati kereta luxury ini adalah 1 juta 200 ribu Rupiah untuk sekali jalan. Rute KA Gajayana Luxury ini sama seperti rute KA Gajayana eksekutif, yaitu dari Malang ke Jakarta, begitupun rute sebaliknya.

Cara Pesan Kereta Sleeper

Anda bisa memesan kereta sleeper ini dengan datang langsung ke loket stasiun atau agen perjalanan lainnya. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mengakses website atau aplikasi KAI dan memesannya secara daring. Tak hanya itu, tiket kereta api luxury ini bisa didapatkan di penyedia jasa travel online di Indonesia dengan harga yang sama.

 

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.