Scale Up UKM dan Start Up dengan Software Sistem ERP Systemever

Dunia startup yang telah berhasil merontokkan berbagai layanan konvensional masyarakat kali ini menghadapi tantangan yang lebih besar, ini tidak lain karena selama ini startup yang mengandalkan valuasi brand mereka dengan model bisnis membakar uang mulai dituntut investor untuk secepatnya memperoleh keuntungan. Unicorn berbasis software sistem online seperti Bukalapak, Tokopedia, Gojek, OVO dan Traveloka mulai berupaya mencapai break even point sebelum bisa memberikan return of investment pada para investor mereka. Hal ini membuat strategi bisnis mereka pun berubah, yang paling dirasakan adalah berkurangnya promo dan diskon pada layanan mereka.

apa saja isi software sistem erp systemever

Bagi startup dan UKM, secepatnya memperoleh laba dapat menjadi penyambung hidup mereka agar dapat terus melangsungkan keberadaan bisnis mereka dalam persaingan, tentunya kita tahu beberapa startup lain juga banyak yang gulung tikar karena kekurangan modal atau tidak menghasilkan laba secepatnya sehingga mereka harus rela keluar dari persaingan bisnis.

Sekitar satu dekade lalu, tersebutlah sebuah startup fashion internasional memulai bisnis di benua Eropa, kemudahan transaksi di internet membuat perusahaan tersebut disukai oleh para pelanggan, semakin meningkatnya pelanggan membuat startup tersebut mulai melakukan ekspansi besar-besaran. Mereka mendirikan perwakilan di beberapa negara termasuk juga di luar Eropa seperti Afrika dan Amerika. Namun, ekspansi ini tidak dibarengi dengan peningkatan penjualan produk mereka di dunia maya, alhasil, perusahaan menanggung beban berat untuk mendukung kantor cabang dan karyawan yang tersebar di berbagai negara. Dan akhirnya, startup tersebut pun bangkrut. Jangankan sisa perusahaannya, nama brandnya saja, aku sudah lupa.

manfaat software sistem erp systemever
manfaat software sistem erp

Dalam sebuah proses bisnis, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat mengalokasikan sumber daya mereka secara efektif, tepat dan efisien. Sedikit saja terjadi ketidakefektifan dalam pengelolaan perusahaan dapat berakibat fatal bagi keberlangsungan perusahaan.

Perusahaan pemula dan UKM, adalah contoh lain bagaimana sebuah unit usaha yang bergerak dari bawah berusaha mendobrak dominasi perusahaan yang sudah mapan. Startup seperti Gojek, Grab, adalah contoh perusahaan yang melawan dominasi perusahaan jasa transportasi yang sudah mengakar puluhan tahun, dan mereka berhasil menjadi pemenang pertarungan.

Tentunya, ada sesuatu dibalik kemenangan mereka menguasai bisnis ride sharing di Indonesia. Selain kejelian dalam memanfaatkan peluang, tentunya mereka juga didukung oleh efektifitas dalam mengelola resource yang mereka miliki. Dengan memiliki informasi siapa yang butuh diantar, siapa yang ingin memesan makanan, mereka bisa mengalokasikan siapa driver tercepat yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Mereka memiliki sesuatu yang disebut Entreprise Resource Planning.

Apa itu Software Sistem ERP dan bagaimana ia membantu Startup Mengelola Bisnis Lebih Baik

Software sistem ERP (Entreprise Resource Planning) adalah sebuah sistem terintegrasi yang memungkinkan sebuah perusahaan mengoptimalkan segala sumber daya yang dimiliki untuk mencapai efektifitas dan peningkatan bisnis. Dalam bisnis ride hauling dan travel agent, mereka mengetahui siapa yang memiliki sumber daya terdekat dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan agar dapat memicu pelanggan melakukan transaksi.

modul sistem ERP
modul sistem ERP

Software ERP tidak hanya berkutat pada hubungan pelanggan dan sumber daya secara langsung namun juga sumber daya perusahaan secara keseluruhan, ini berarti termasuk juga dengan warehouse, financial, payroll, supply management dan lain-lain. Sebagai contoh, jika kita belanja di minimarket, kita sering dengan mudah menemukan produk yang kita inginkan. Meskipun transaksi berjalan secara realtime, sistem ERP memungkinkan store manager mengetahui produk apa yang harus segera dipasang ulang di rak minimarket, produk mana yang harus segera ditambah supply gudangnya dan produk mana yang punya tingkat penjualan rendah sebagai bahan evaluasi ke depannya. Dengan dukungan kemudahan semacam itu, tidak heran jika banyak pelanggan yang memilih berbelanja di minimarket meski memiliki selisih harga dengan warung konvensional pada umumnya.

Software ERP memungkinkan UKM untuk mengetahui jenis produk mana yang diterima pasar, kapan harus melakukan produksi ulang produk tersebut, kapan harus mengurangi produksi sebuah produk yang kurang diterima oleh pasar. Selain itu Software sistem ERP memungkinkan UKM lebih mudah mengatur cashflow usaha mereka.

Di ranah pendidikan, software ERP memungkinkan sebuah universitas dengan mudah mengetahui mahasiswa mana yang belum melakukan pembayaran semester, mengalokasikan beban kerja dosen, menentukan penggunaan ruang kuliah secara lebih efektif.

Lalu apa sih aplikasi ERP terbaik untuk UKM dan Startup?

Sebelum menentukan software ERP terbaik di Indonesia untuk UKM dan startup, ada baiknya kita memahami bahwa sebuah software ERP adalah sebuah sistem informasi yang cukup kompleks. Dengan kemampuan yang multitalenta tersebut, sebuah perusahaan bisa saja dibuat bingung dengan kompleksitas sistem ERP, Sebuah perusahaan pendidikan tentunya memiliki kebutuhan ERP yang berbeda dengan perusahaan yang bergerak di bidang travel agent, jadi meskipun software tersebut merupakan software ERP terbaik di Asia Tenggara, jika tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis pengguna ya mau gimana? Bukan efektifitas kinerja yang didapat tetapi kesulitan karyawan untuk beradaptasi dengan sistem tersebut.

Oleh karenanya SystemEver Indonesia, memahami kebutuhan setiap startup dan UKM itu berbeda, sebuah sistem ERP harus mudah dipelajari dan mudah dioperasikan sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing perusahaan di Indonesia. Maka, YoungLimWon Soflab Co.LTd menciptakan software sistem ERP terbaik untuk setiap kebutuhan bisnis, SystemEver Indonesia

Mengenal Software Sistem ERP SystemEver

SystemEver merupakan software cloud ERP yang dikembangkan oleh perusahaan Korea Young Lim Won Softlab Co. LTD yang berpusat di Korea. Sistem ini berhasil meraih top 10 ERP System di ASIA dari APAC CIO. SystemEver sendiri saat ini telah mendukung lebih dari 1600 perusahaan yang tersebar di berbagai negara seperti Korea, China, Vietnam, Jepang dan Indonesia.

Untuk mempermudah menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, SystemEver memiliki beberapa modul Software Sistem ERP SystemEver yang terbagi dalam i-Series. Apa saja itu?

1 i1 Series (accounting management)

i1 merupakan model software sistem ERP terbaik untuk manajemen keuangan perusahaan mulai dari invoice tracking, analisis biaya, melakukan monitoring pengeluaran dan penerimaan secara realtime serta menentukan laba, laporan yang bersifat realtime dan dukungan cloud system membuat i1 series ini sangat cocok untuk menjadi pendukung Decision Support System di tingkat top management.

2 i2 Series (HRD/payroll management)

Untuk perusahaan yang mempekerjakan karyawan dalam jumlah besar, melakukan rotasi jam kerja dengan sistem shift dan menerapkan lembur, maka akan membutuhkan i2 series. i2 series merupakan modul SystemEver yang fokus pada payroll management. Admin HRD atau payroll dapat sangat terbantu dengan keberadaan i2 Series saat bekerja menentukan upah karyawan di perusahaan anda.

3 i3 Inventory Management

Lanjut ke i3 Series software sistem ERP SystemEver ini fokus pada manajemen persediaan atau warehousing. Sistem ini cocok diterapkan di gudang perusahaan, katakanlah sebuah gudang pabrik susu tentunya sangat membutuhkan i3 inventory management. Kok bisa?

Produk susu, sebagai salah satu produk fast moving goods, memiliki batas usia yang kita kenal sebagai tanggal kadaluarsa. Susu yang terlalu lama disimpan di gudang tentu akan merugikan perusahaan karena masa edarnya berkurang. SystemEver i3 mencegah potensi kerugian semacam ini dengan mampu memonitor arus keluar masuk barang, menyimpan di stack mana dia disimpan, dan memberikan rekomendasi urutan stack mana yang harus segera dikeluarkan dari gudang.

Sistem ini juga memungkinkan pencegahan overloading gudang karena terlalu banyak produk yang telah selesai dibuat dan harus segera disimpan. Dengan i3, perusahaan dapat memantau arus input dan output produk sehingga dapat dengan mudah menentukan besaran produksi produk.

Sistem i3, mampu mengecek pesanan dari pelanggan, memonitor sistem penjualan, membatasi hak akses karyawan sesuai bidang kerja mereka serta tetap menjaga kerahasiaan penjualan.

4 i5 Series Selling and Distribution Management

Jika i3 bertindak sebagai sistem ERP untuk warehousing, maka i5 bertindak sebagai output dari i3 yakni sebagai selling and distribution management. Sistem ERP semacam ini umum dijumpai di waralaba minimarket yang tersebar di Indonesia, dengan menggunakan ERP system untuk selling and distribution management seperti  i5 Series, perusahaan memungkinkan setiap department store tidak kehabisan stok produk tertentu. Saat stok produk pasta gigi menipis di cabang A, i5 akan memberikan notifikasi bahwa cabang A memerlukan pengiriman produk dari gudang. Sehingga, tidak sampai terjadi kelangkaan pasta gigi di cabang A. Dengan demikian pelanggan yang datang kesana tidak kecewa karena tidak menemukan produk kesayangan mereka.

5 i7 Series Manufacturing Management

Kita sudah bicara tentang ERP akuntansi, payroll, warehousing dan distribusi, bagaimana dengan produksi sendiri? Jangan kuatir karena SystemEver juga memiliki software sistem ERP terbaik di Indonesia untuk manufacturing management. Fitur-fitur yang dimiliki i7 terbilang lengkap untuk perusahaan manufaktur skala besar yang mengharuskan adanya master production schedule, bill of material, presensi, payroll serta dukungan sistem back office dan front office. SystemEver i7 series merupakan sistem gabungan dari berbagai modul sebelumnya yang saling terintegrasi, mulai dari accounting, payroll, warehousing serta distribusi.

Keunggulan software sistem ERP SystemEver

Sebagai layanan ERP yang sudah teruji secara global, tentunya SystemEver ini memiliki banyak keunggulan. Apa saja itu?

Keunggulan Software Sistem ERP SystemEver
BidangKeunggulan
Scope Kebutuhan PelangganSistem ERP SystemEver memiliki 5 varian series SystemEver yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis para pelanggan, pelanggan bisa memilih salah satu dari kelima varian. Pelanggan yang membutuhkan upgrade dari i-Series versi 1-5 juga bisa melakukan upgrade ke SystemEver i7-Series dengan mudah karena data yang ada sudah integratif
ReliabilitasSystemEver adalah software ERP berbasis cloud yang memungkinkan penggunaan dapat dilakukan kapan saja, darimana saja, sistem yang bersifat real time ERP ini juga memiliki level user yang berbeda sesuai dengan tingkat level pengguna dalam perusahaan dan mencegah terjadinya kebocoran data maupun ilegal access
UsabilitySystemEver memiliki fitur Visual-K yang memungkinkan pengguna dapat menyelesaikan pekerjaan secara mudah dengan bantuan visual based ERP. Sistem ini juga mendukung perangkat multidevice mulai dari PC desktop, tablet maupun smartphone
Global UsageSystemEver mendukung hingga lima bahasa, termasuk Indonesia, serta dapat mengolah data finansial dalam berbagai currency
Technical SupportLayanan Consultant-K untuk para klien yang membutuhkan bantuan dalam melakukan konfigurasi SystemEver

Dengan kemampuan yang cukup lengkap dan komprehensif tersebut maka tidak heran jika SystemEver layak mendapat predikat sebagai Software Sistem ERP terbaik di Indonesia untuk saat ini.

Lebih lanjut mengenai keunggulan SystemEver bisa mengunjungi link https://systemever.co.id

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.