Peluang Juara MotoGP 2021 di Setengah Musim Tersisa

MotoGP 2021 telah melewati setengah musim, sejak digelar perdana di Sirkuit Losail, Doha, Qatar 28 Maret 2021, para rider motoGP terus berusaha saling mencatatkan namanya di podium.

Hingga saat ini, posisi rider pertama ditempati oleh pembalap berkebangsaan Prancis, Fabio Quartararo dengan 156 point, disusul rekan senegaranya Johann Zarco dengan 122 point, sementara pembalap Ducati Francesco Bagnaia berada di posisi ketiga klasemen dengan 109 point.

francesco bagnaia motogp 2021
Francesco Bagnaia, Ducati

Kiprah Francesco Bagnaia pembalap kelahiran Torino ini cukup mengesankan, tampil menggantikan Andrea Dovizioso di Ducati sejak awal musim, Bagnaia mampu merangsek hingga urutan ketiga diantara pembalap-pembalap kawakan seperti Marc Marquez, Maverick Vinales dan juara bertahan Joan Mir.

Statistik Pembalap MotoGP 2021 Tiga Race Terakhir

Namun bukan hanya Bagnaia yang punya peluang menjuarai turnamen ini, jika melihat statistik 3 race terakhir di Catalunya, Sachsenring serta Assen, Fabio Quartararo masih tetap menunjukkan gigi dengan meraih podium di Sachsenring dan memenangkan race di sirkuit Assen Belanda

Johan Zarco di posisi kedua, masih mampu meraih podium di Catalunya, dan menempati posisi ke empat di Assen, di sisi lain pembalap Red Bull KTM Miguel Oliveira mampu mengamankan posisi pertama di Catalunya, berikut 2 kali posisi runner up di Italia dan Jerman.

fabio quartararo vs valentino rossi motogp 2021
fabio quartararo vs valentino rossi motogp 2021

Rekan seTim Bagnaia, Jack Miller, juga masih memiliki kans untuk memainkan peran sebagai juara motoGP 2021, masuk motoGP lebih dulu dibanding Bagnaia dari tim awal yang sama, Jack masih tetap layak menerima pujian, karena motoGP 2021 adalah yang pertama bagi Bagnaia dan Jack. Kedua sahabat ini berasal dari tim junior Ducati Pramac Racing untuk menggantikan duo Ducati sebelumnya, Danillo Petrucci dan Andrea Dovizioso.

BACA JUGA:   Review Suzuki XL7 Mobil Tangguh Di Segmen LSUV

Jack sempat menjuarai raceke 5 dan 6 di Jerez dan Le Mans, serta masih mengamankan podium di Catalunya. Pembalap berkebangsaan Australia ini masih layak dipertimbangkan sebagai salah satu kandidat juara di motoGP 2021

Pembalap lain yang patut dipertimbangkan adalah Joan Mir, juara dunia motoGP 2020 menempati posisi ke empat di atas Jack Miller, Joan Mir terbilang konsisten dalam balapan tahun ini. Meski pencapaian tertingginya hanya di podium ketiga, namun Joan melakukannya di tiga seri sekaligus yakni di Portimao Algarve, Mugello, serta Assen. Selain itu Mir hampir selalu mendapatkan poin di setiap gelaran kecuali di sirkuit Le Manz, Perancis. Ia gagal finish saat mengalami insiden dengan motornya.

Pembalap Senior Mulai Memanaskan Persaingan

Yang menarik disimak adalah para senior yang mulai unjuk gigi di gelaran MotoGP 2021 ini, Marc Marquez mampu membuktikan dirinya masih mampu bersaing setelah lima kali race tidak memperoleh poin akibat berbagai hal ia memenangkan podium Sachsenring Jerman. Meskipun kans Marc untuk memenangi gelaran motoGP ini cukup berat, namun kemampuannya akan menyulitkan para jawara yang ingin mengamankan poin untuk bertahan di atas papan klasemen.

maverick vinales motogp 2021
Mav Vinales, Yamaha

Maverick Vinales setali tiga uang dengan Marquez, pembalap yang akan mengakhiri kerjasama dengan tim Yamaha Monster Energy tampil menggigit dan mengamankan posisi runner up di sirkuit Assen.

Nama terakhir yang mungkin menjadi pertanyaan adalah The Doctor, legenda motoGP ini kesulitan mengamankan poin di gelaran motoGP 2020, Rossi bahkan hanya mampu meraih posisi terbaik saat balapan di sirkuit Mugello Italia di posisi 10.

Yamaha atau Ducati? Juara Klasemen Team dan Konstruktor?

Di klasemen tim, Yamaha Factory Racing yang diperkuat Fabio Quartararo dan Maverick Vinales mengoleksi 251 poin disusul Ducati dan Pramac Racing dengan poin 209 dan 149.

Di klasemen konstruktor, Yamaha masih berkibar dengan perolehan 184 poin disusul Ducati dan KTM. Menarik disimak apakah Suzuki mampu mengambil alih posisi KTM di klasemen konstruktor mengingat poin mereka tidak terpaut jauh. Namun bisa dibilang motoGP 2021 adalah tahun persaingan sengit antara pabrikan Jepang Yamaha dan pabrikan Italia Ducati, dimana keduanya memperebutkan juara team dan konstruktor.

BACA JUGA:   Spesifikasi dan Harga Toyota CHR Indonesia

Dua Sirkuit Batal Karena Pandemi

Bulan Juli ini seharusnya, motoGP melaksanakan race ke sepuluh di sirkuit Kymi Ring, Finlandia, sayangnya sirkuit yang mengantongi lisensi Grade 1 dari Federation International Automobile ini batal menggelar laga perdananya untuk seri motoGP akibat pandemi Covid-19.

Oleh karenanya, race ke sepuluh tahun ini akan digelar di lokasi yang sama dengan race 11, tepatnya di sirkuit Red Bull Ring, Styria, Austria. Race ke 10 yang seharusnya digelar 11 Juli 2021 akan dipertandingkan pada 8 Agustus 2021, satu minggu berselang Red Bull String akan menggelar race ke 11 motoGP 2021 pada 15 Agustus. Gelaran ini mengingatkan kita pada race pertama dan kedua yang juga digelar di sirkuit Losail, Qatar.

Pada awal musim, seri kedua yang sebenarnya akan diselenggarakan di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina juga batal digelar akibat pandemi yang menimpa negara tersebut. Hingga pihak Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP 2021 memberikan kehormatan bagi Qatar untuk menggelar laga 2 kali di awal musim.

10 Race masih tersisa dan bakal segera digelar penyelenggara motoGP yaitu

    1. Red Bull Ring, Styria 8 Agustus 2021
    2. Red Bull Ring, Austria, 15 Agustus 2021
    3. Silverstone, Inggris 29 Agustus 2021
    4. Aragon, Spanyol, 12 September 2021
    5. San Marino, Italia, 19 September 2021
    6. Motegi, Jepang, 3 Oktober 2021
    7. Buriram, Thailand, 10 Oktober 2021
    8. Phillip Island, Australia 24 Oktober 2021
    9. Sepang, Malaysia, 31 Oktober 2021
    10. Valenciana, Spanyol, 14 November 2021

Dengan masih menyisakan 10 race, masih ada kesempatan bagi para pembalap dan konstruktor untuk memenangkan tahun ini dengan kisah manis, pandemi Covid memang belum berakhir, dan gelaran motoGP sampai harus menjadwalkan ulang dua race akibat pandemi di berbagai belahan dunia.

Tapi tentunya kalian gak perlu kuatir karena kalian bisa terus menyaksikan tayangan motoGP secara aman dan nyaman dari rumah selama pandemi dengan useeTV.

NB: artikel ini diupdate sewaktu-waktu menyesuaikan gelaran motoGP

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.