Pengertian Kesadahan Air dan Cara Menanganinya untuk Mencuci

Tahukah Anda bahwa air dapat digolongkan menjadi dua jenis sesuai dengan kandungan mineral di dalamnya? jenis tersebut yakni air lunak dan air sadah. Pengertian kesadahan air sendiri merupakan air yang memiliki kandungan magnesium dan kalsium, sementara air lunak tidak memilikinya. Kemudian air sadah masih dapat dibedakan kembali menjadi dua jenis yakni air sadah tetap dengan kandungan ion-ion lainnya dapat berupa magnesium klorida, kalsium nitrat, magnesium klorida serta masih banyak lagi. Satu jenis lainnya adalah air sadah sementara dengan kandungan ion bikarbonat.

Meskipun pada dasarnya tidak berbahaya jika digunakan dalam keperluan sehari-hari, entah untuk mencuci maupun memasak, air sadah ini akan sedikit mengganggu. Terutama di dalam aktivitas para ibu rumah tangga untuk mencuci, bukan hanya kurang sedap untuk dipandang, namun kerak kapur yang ada juga dapat menyumbat tabung mesin cuci (bagian dalam). Bahkan air sadah yang membuat detergen menjadi kurang berbusa mengakibatkan kemampuan detergen dalam mengangkat noda juga menjadi berkurang. Hal ini justru meninggalkan adanya noda sabun hingga menyebabkan baju terlihat lebih kusam.

water-splash-gelombang-air-cantik-wallpaper Pengertian Kesadahan Air dan Cara Menanganinya untuk Mencuci  wallpaper

Ketika mencuci pakaian, tentunya Anda ingin menggunakan detergen yang mampu menghasilkan busa secara maksimal sehingga efektif dalam menghapus noda sekaligus membersihkan kain. Akan tetapi menambahkan detergen ke dalam takaran air sadah bukan alternatif yag tepat. Karena Anda sebenarnya harus terlebih dahulu mengatasi air sadah tersebut. Seperti yang Anda ketahui bahwa pengertian mengenai kesadahan air salah satunya adalah mengendapkan sabun. Jadi menambah detergen tanpa terlebih dahulu mengatasi kesadahan air hanya akan menjadi hal yang sia-sia.

BACA JUGA:   Semarak HarBOLnas Ala Zalora

Perlu Anda ketahui bahwa kandungan mineral yang ditemukan dalam air dapat dinetralkan melalui metode pemanasan air sadah. Cara yang Anda lakukan juga cukup praktis karena hanya perlu dalam waktu beberapa menit memanaskan air seperti halnya ketika ingin memasak air minum. Hanya saja ini memang bukan merupakan cara yang praktis digunakan ketika Anda harus mencuci dalam jumlah banyak. Setidaknya pengertian kesadahan air dapat juga Anda atasi dengan menggunakan Rinso untuk mencuci. Tentunya setelah mineral dalam air berkurang.

cara menghilangkan kesadahan air, akibat mencuci baju air sadah, pengertian kesadahan air, mengatasi air sadah untuk mencuci, mengapa kesadahan air dapat berkurang, mencuci pakaian dengan air sadah mengakibatkan pada menjadi, menambah kesadahan, lunak dapat menjadi alternatif untuk membersihkan noda, cara menghilangkan kesadahan air menggunakan rinso, cara mengatasi kesadahan pada air minum

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: