Perhatikan Aturan Saat Memberi Suplemen Anak

Suplemen anak adalah bentuk Vitamin dan mineral yang merupakan salah satu kebutuhan gizi yang penting dalam menunjang tumbuh kembang anak. Sebenarnya zat gizi tersebut sangat mudah didapatkan dari beberapa bahan makanan, seperti sayur dan buah. Maka tidak heran apabila umumnya orang tua berusaha agar anak mengkonsumsi jenis makanan tersebut.

Namun sayangnya kebanyakan akan tidak begitu suka mengkonsumsi makanan sumber vitamin dan mineral, utamanya sayuran. Meski demikian, orang tua melakukan berbagai cara untuk tetap memberikan asupan vitamin dan mineral pada anak. Saat orang tua sudah merasa kesulitas memberikan anak sayur dan buah, cara lain yang umumnya digunakan sebagai senjata adalah dengan memberi suplemen anak.

Aturan Memberikan Suplemen Anak

aturan memberikan suplemen anak usia sd

Tidak semua anak bertipe picky eater otomatis membutuhkan suplemen anak, pemberian suplemen dimaksudkan untuk melengkapi asupan vitamin di dalam tubuh anak jika terjadi kondisi seperti

  1. Anak mengalami penyakit seperti diare, asma atau kondisi lain
  2. Asupan makan anak sangat rendah, dan anak sangat susah makan
  3. Anak sedang menjalani terapi khusus yang mengharuskan melakukan diet tertentu

Suplemen anak biasanya terbuat dari campuran beberapa bahan yang mengandung sejumlah zat yang baik bagi tubuh, termasuk vitamin dan mineral. Bentuk suplemen anak beragam, mulai dari bubuk, tablet, hingga cair. Namun dalam pemberian suplemen pada anak tidaklah sembarangan, sebab pemberian suplemen yang salah bisa menyebabkan dampak negative atau yang biasa dikenal sebagi efek samping. 

Bijaklah dalam memberi suplemen

Walaupun suplemen mengandung sejumlah zat yang baik dan memiliki manfaat untuk tumbuh kembang anak. Namun sebagai orang tua, anda harus tetap bijak dalam memilih suplemen untuk anak anda. Misalnya saja untuk daya tahan tubuh umumnya memilih suplemen yang megandung vitamin c. Namun kenyataannya suplemen tersedia dalam berbagai pilihan produk. Maka sebaiknya anda tidak memilih produk suplemen yang umum, tetapi pilihah suplemen yang memang lebih dianjurkan khusus untuk anak.

Berikan suplemen sesuai kondisi anak

permainan anak jaman dulu

Salah satu alasan suplemen diciptakan adalah untuk membantu asupan nutrisi yang dibutuhkan anak. Akan tetapi yang perlu digaris bawahi adalah tidak semua vitamin dibutuhkan oleh anak. Sebab, vitamin sangat mudah diperoleh dari makanan. Anak yang mengkonsumsi vitamin yang berlebih tentu saja tidak baik bagi tubuh, dan bisa menyebabkan dampak negative bagi tubuh. Maka sebaiknya orang tua mengerti kondisi dan kebutuhan anak, sehingga dapat memberikan suplemen vitamin yang dibutuhkan saja.

Berikan suplemen sesuai dosis yang dianjurkan

Sesuatu yang berlebihan akan menimbulkan dampak buruk. Begitu pula dengan suplemen. Jangan dikira bahwa memberikan suplemen dosis tinggi akan memberikan asupan vitamin yang baik bagi tubuh, namun justru sebaliknya. Seperti halnya obat, suplemen juga selalu dilengkapi dengan aturan pakai atau dosis yang dianjurkan. Umumnya pemakaian suplemen pada anak dianjuran menggunakan dosis yang rendah. Hal ini tentuny sudah melalui pegujian secara klinis akan kebutuhan suplemen anak yang tepat.

Perhatikan komposisi suplemen

permainan game dengan anak mainan anak laki-laki
melakukan permainan game bersama anak

Produk suplemen yang tersebar dipasaran sangat banyak. Masing-masing produk tentunya memiliki komposisi bahan yang berbeda. Nah, sebagai orang tua yang cermat sebaiknya anda membaca komposisi produk, sebab terkadang ananda memiliki alergi terhadap bahan tertentu. Makan tentu saja hal ini bisa dicegah dengan mengetahui terlebih dahulu komposisi suplemen.

Selain itu, sifat bahan yang terkandung dalam suplemen berbeda-beda. Perbedaan ini yang akhirnya menentukan perlakukan saat penyimpanan. Sebagian produk suplemen dianjurkan disimpan dikulkas atau suhu dingin untuk mempertahankan zat didalamnya, tetapi banyak juga yang bisa di simpan di suhu ruang.

Pilihlah suplemen yang direkomendasikan

Banyak produk suplemen anak yang bisa kita temukan di apotik maupun pusat perbelanjaan, pastikan memilih suplemen yang sudah teruji, salah satunya adalah madu nutriday. Sesuai dengan namanya, produk ini merupakan suplemen madu anak terbaik yang diformulasikan dengan bahan lain seperti propolis, meniran, daun kelor, temulawak, dan blueberry. 

Madu nutriday sangat baik untuk anak karena memiliki manfaat yang banyak yakni meningkatkan daya tubuh anak,menambah nafsu makan anak, merangsang kecerdasan, menjaga kesehatan mata anak, dan mengatasi speech delay pada anak.

Anda dapat membelinya dengan mudah secara online di  Shopee, atau juga bisa melalui media sosial Instagram @madunutriday, juga bisa didapatkan melalui Madunutriday.co.id.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.