Persiapan apa sih yang diperlukan untuk ibadah umroh

Berencana Umroh Dalam Waktu Dekat? Jangan Lupa Penuhi Persiapan – Persiapan Penting Berikut Ini

Ibadah haji atau umroh memerlukan banyak persiapan. Mungkin yang terlintas dalam pikiran Anda adalah persiapan materi semata. Namun lebih dari itu, haji atau umroh pun nyatanya memang membutuhkan banyak persiapan baik persiapan secara fisik maupun persiapan mental.

Persiapan – persiapan tersebut dibutuhkan demi kelancaran ibadah umroh yang akan dilaksanakan. Apalagi ibadah umroh ini tidak dilaksanakan di negeri kita sendiri, dimana tentunya membutuhkan persiapan yang benar – benar matang. Bagi Anda yang masih bingung persiapan apa yang harus dipenuhi sebelum umroh, berikut akan kami ulas mengenai persiapan – persiapan tersebut.

  • Niat

Niat menjadi persiapan pertama yang harus Anda perhatikan. Luruskan niat bahwa Anda akan melaksanakan ibadah umroh semata – mata karena panggilan Allah SWT dan beribadah demi mendekatkan diri pada-Nya. Hilangkan pikiran bahwa Anda akan pamer foto di Makkah, Madinah atau bahkan Ka’bah ya.

  • Persiapan Fisik

Poin ini juga tidak boleh terlewatkan, sebab ibadah umroh memerlukan stamina tubuh yang fit dan bugar. Sebagai bentuk persiapannya, lakukan olahraga secara rutin, baik itu jogging atau lari pagi dan jenis olahraga lainnya. Lengkapi pula dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi agar kekebalan tubuh dapat terjaga.

  • Persiapkan ilmu dengan matang

persiapan-umroh Persiapan apa sih yang diperlukan untuk ibadah umroh  wallpaper

Apa jadinya jika Anda melakukan suatu ibadah tanpa ilmu? Terlebih jika itu adalah ibadah umroh dimana ada serangkaian ibadah yang harus dilaksanakan ketika berada di tanah suci. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengikuti manasik umroh lengkap bersama Abutours agar Anda mendapatkan pengetahuan dan wawasan sebagai bekal perjalanan ibdah umroh.

  • Persiapan mental
BACA JUGA:   Cara Cepat Membeli Smartphone Gaming Melalui Internet

Mengingat umat muslim yang beribadah umroh tidak hanya dari negeri kita saja, maka persiapan mental pun harus kita latih jauh – jauh hari. Misalnya saja, latihan sabar dan tidak mudah mengeluh. Sebab sudah pasti disana semuanya akan serba antri. Jadi jangan mengurangi pahala ibadah umroh Anda hanya karena mengeluh dan tidak sabar saat antri dengan jamaah lainnya ya.

  • Manajemen waktu

Agar ibadah yang Anda dilakukan disana berjalan dengan lancar, tidak ada salahnya bila Anda membuat jadwal pribadi. Misalnya saja, Anda harus bersiap untuk sholat jamaah jam sekian, datang lebih awal untuk thawaf dan lainnya. Terdengar sederhana memang, tapi bagi Anda yang baru pertama kali umroh bisa jadi hal ini akan sangat membantu.

  • Packing seperlunya

Perlu diingat bahwa tujuan Anda ke Makkah adalah untuk beribadah umroh, bukan untuk perjalanan wisata. Oleh karena itu bawalah barang – barang inti yang memang dibutuhkan. Jangan asal memasukan barang ke dalam koper, karena bisa – bisa koper Anda penuh dengan barang – barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Buatlah daftar catatan apa – apa saja yang harus dibawa agar tidak ada yang terlewatkan.

Demikian tadi persiapan – persiapan yang diperlukan ketika Anda akan berencana umroh dalam waktu dekat ini. Semoga dengan ibadah umroh ini nantinya dapat memberikan kemantapan iman bagi Anda untuk semakin mendekat pada-Nya. Aamiin

BACA JUGA:   Hamil Muda? Baca Ini Yuk Agar Kandungan Anda Senantiasa Sehat dan Kuat

 

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: