Pilihan Lokasi Snorkeling dan Diving Favorit di Bali

Buat kalian yang suka menikmati suasana bawah laut, tentu ingin menikmati snorkeling dan diving di lokasi yang cantik. Jika tujuan kamu adalah Bali, artikel ini akan membahas beberapa lokasi snorkeling dan diving favorit yang ada di sekitar pulau Dewata.

Perbedaan Snorkeling dan Diving

Sebelum itu, tahu gak sih perbedaan snorkeling dan diving? Snorkeling adalah aktivitas menyelam di permukaan laut. Kedalaman laut untuk snorkeling biasanya hanya berkisar antara 1 sampai 3 meter saja. Oleh karena hanya di permukaan laut saja, kegiatan yang dilakukan para snorkeler adalah mengamati biota laut dan terumbu karang di laut dangkal.

Mengingat posisinya yang tidak terlalu dalam, aktivitas snorkeling tidak memerlukan tabung oksigen dan baju selam yang lengkap. Cukup dengan peralatan seperti diving mask, J-shaped tube, dan swim fins.

Sementara itu diving adalah aktivitas menyelam di kedalaman yang lebih jauh. Saat ini aktifitas diving paling dalam berkisar di kedalaman 250 meter di bawah permukaan laut. Lebih dalam dari itu tidak disarankan karena tekanan dan arus laut dalam cukup membahayakan penyelam.

perbedaan snorkeling dan scuba diving

Untuk peralatan scuba diving, setidaknya membutuhkan peralatan lengkap mulai dari diving suit, diving mask, swim fins, dive computer, pressurized gas tank, weights serta buoyancy control device. Diving biasanya digunakan untuk penelitian dasar laut, atau untuk melakukan tindakan penyelamatan.

Perbedaan paling utama antara snorkeling dan diving adalah diving hanya boleh dilakukan oleh orang yang memiliki sertifikat penyelam. Sertifikat ini didapatkan dengan mengikuti pelatihan menyelam dan kemampuan menyelamatkan diri.

Daftar Lokasi Snorkeling dan Diving Favorit di Bali

Biar gak bingung dimana lokasi snorkeling dan diving yang aman di Bali, simak yuk beberapa daftar berikut

Pemuteran

Lokasi snorkeling dan diving pertama ada di Pemuteran yang terletak 30 kilometer dari Gilimanuk. Lokasi ini merupakan tempat wisata laut yang dikenal sebagai tempat penangkaran terumbu karang.

lokasi snorkeling dan diving favorit di bali pemuteran

Di lokasi ini kita bisa menyaksikan terumbu karang buatan dari patung-patung yang sengaja ditenggelamkan ke dalam laut. Patung-patung ini akan menjadi tempat tumbuhnya ganggang dan rumput laut sehingga harapannya dapat menjadi tempat hidup ikan dan biota laut lainnya.

Tulamben

Tulamben merupakan spot favorit para snorkeler dan divers, disini terdapat kapal karam milik Amerika yang sekarang menjadi terumbu bagi biota laut. Nama Tulamben sendiri berasal dari kata batulambih atau banyaknya bebatuan, mengingat wilayah ini berdekatan dengan Gunung Agung, letusan Gunung Agung yang eksplosif membuat wilayah darat dan laut Tulamben juga banyak dipenuhi bebatuan vulkanik. Tulamben berlokasi di sebelah timur pulau Bali, tepatnya di desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem.

Jemeluk Bay – Amed

Jemeluk Bay berada di Amed, Bali Timur, wilayah ini terkenal dengan keindahan pantai Amed, dan tentunya surga bawah laut Jemeluk Bay. Pantai ini memiliki pantai alami dan berkoral. Air lautnya yang jernih berwarna hijau kebiruan menyimpan banyak keindahan bawah laut yang menarik untuk penggemar diving dan snorkeling

Pulau Menjangan

Pulau yang masuk ke dalam cagar alam yang dilindungi pemerintah ini memiliki banyak spot snorkeling yang memukau. Berlokasi di kawasan Taman Nasional Bali Barat, Teluk Terima, Pulau Menjangan bisa menjadi lokasi yang tepat buat kalian yang ingin menikmati suasana lost in the paradise, ada banyak akomodasi penginapan mulai dari guest house murah meriah sampai resort mewah.

Tentunya, kalian tidak membutuhkan perjalanan lama untuk bisa menyelam menikmati keindahan bawah laut di Pulau Menjangan.

Pantai Lovina

pantai lovina lokasi snorkeling dan diving lumba-lumba

Jika kalian ingin menikmati pengalaman snorkeling bersama salah satu animal laut paling ramah dan bersahabat, Pantai Lovina adalah pilihan tepat. Disini kita tidak hanya bisa menikmati keindahan bawah laut tetapi juga berenang bersama lumba-lumba hidung botol, yang tentunya bikin pengalaman snorkeling dan diving kalian menjadi lebih mengesankan.

Nusa Penida

Jika di Pantai Lovina kalian bisa berenang bersama lumba-lumba, Nusa Penida Diving menawarkan pengalaman yang tidak kalah seru, disini kalian bisa berenang dengan ikan pari. Spot terbaik untuk snorkeling dan diving bersama ikan pari adalah di Manta Point yang terletak di sebelah selatan.

manta point nusa penida lokasi snorkeling dan diving favorit di bali

Tidak perlu khawatir akan tersengat racun ikan pari, karena ekor beracun dari hewan-hewan ini telah dihilangkan untuk keselamatan penyelam, meski begitu kalian tetap harus berhati-hati dan menjaga jarak dengan ikan pari yang sedang berenang.

Nusa Lembongan

Jika di Nusa Penida kita bisa menikmati berenang bersama ikan pari, di Nusa Lembongan kita dimanjakan dengan empat spot snorkeling dan diving sekaligus, lokasi itu antara lain adalah kawasan hutan mangrove, Lembongan Bay, Mushroom Beach dan Blue Corner.

Gak cuma menawarkan keseruan snorkeling dan diving, kalian juga bisa menjajal beraneka olahraga menantang seperti jumping cliff, sea walker dan juga watersport.

Sanur

sea walker pantai sanur nusa lembongan

Lokasi Bali diving berikutnya yang mudah dijangkau adalah Sanur. Buat kalian yang ingin menikmati aktivitas snorkeling yang tidak terlalu jauh dari Denpasar, kalian bisa datang ke pantai Sanur yang terkenal dengan terumbu karang dan ikan hias cantiknya. Lokasinya yang hanya berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai tentu menjadi spot yang paling dekat untuk menikmati pengalaman menyelam di Bali.

Nah itulah beberapa lokasi snorkeling dan diving favorit di Bali. Selamat menikmati liburan di Bali.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.