Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Bandung dan Jakarta

Libur lebaran telah tiba, banyak dari masyarakat Indonesia mudik ke kampung halaman. Melewatkan waktu bersama keluarga menjadi harapan kita, dan berikut beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga di Bandung dan Jakarta untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tentunya jika kita mudik ke Bandung dan sekitarnya kita bisa menginap di salah satu hotel di Bandung yang dekat dengan lokasi wisata keluarga.

Namun jika kita tidak mudik, dan tetap berada di ibukota Jakarta, waktu liburan bersama keluarga bisa dilakukan dengan melakukan staycation hotel di Jakarta agar anak-anak juga dapat menikmati suasana liburan bersama keluarga di waktu libur lebaran 1443 H ini.

Agar lebih mudah dalam mengatur liburan kali ini, kita bisa menggunakan aplikasi booking hotel melalui travel apps seperti Tiket.com yang memudahkan kita dalam memilih hotel yang ramah untuk keluarga kita. Nah sekarang kita lihat ada pilihan apa saja untuk tempat wisata keluarga di dua kota ini.

Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Bandung

Bandung, atau Paris Van Java kerap menjadi pilihan keluarga ibukota untuk berlibur, jarak yang tidak terlalu jauh menjadikan Bandung merupakan tempat favorit bagi keluarga untuk menghabiskan liburan bersama.

Selain itu, Bandung dikenal dengan tempat-tempat wisata yang tersebar di berbagai area serta mendukung berbagai kebutuhan wisata. Memilih Bandung sebagai tempat wisata keluarga, merupakan pilihan yang tepat di musim mudik lebaran kali ini.

Floating Market Lembang

Floating Market atau pasar terapung merupakan obyek wisata yang menggabungkan wisata alam dengan pengalaman yang unik untuk keluarga. Kita bisa melakukan transaksi jual beli di atas perahu, makan sambil mengitari danau, maupun berjalan-jalan di taman kelinci.

Di Floating Market Lembang kita juga bisa menemukan miniatur kereta api, berdandan menggunakan kimono dan berfoto di rainbow garden.

The Great Asia Africa Lembang

Masih berlokasi di Lembang, rekomendasi kedua adalah The Great Asia Africa. Kita tentu masih ingat bahwa Bandung merupakan kota penyelenggara Konferensi Asia Afrika yang menjadi cikal bakal Gerakan Non-blok.

rekomendasi tempat wisata di bandung great asia africa
The Great Asia Africa: Sumber: Tiket.com

Lokasi ini sangat cocok untuk memperkenalkan kebudayaan lain pada anak-anak, sehingga mereka mendapat wawasan mengenai pluralitas dan perbedaan masyarakat di belahan dunia lain.

Ada berbagai kebudayaan negara-negara Asia Afrika yang ditampilkan mulai dari Korea, Jepang, China, India, Arab, Maroko dan lain sebagainya. Di lokasi ini juga disediakan berbagai atribut yang bisa kita sewa seperti pakaian tradisional. Berasa seperti menjelajah ke berbagai negara bukan?

Farm House Lembang

Berlokasi di dekat The Great Asia Africa kita bisa menemukan Farm House Lembang, jika TGAA menggunakan konsep negara Asia Afrika, di Farm House kita bisa menikmati suasana alam dan nuansa ala eropa klasik.

rekomendasi tempat wisata di bandung farm house lembang
Farm House Lembang. Sumber: Tiket.com

Ya, Farm House di desain seperti negeri kincir angin, Belanda. Di sini, anak-anak bisa belajar bagaimana susu diolah, dan tentunya bisa ikutan mencicipi susu segar dari Farm House.

Orchid Forest Cikole

Berlokasi di Cikole, Lembang, Orchid Forest Cikole merupakan destinasi wisata yang menarik untuk keluarga. Di sini kita bisa memperkenalkan salah satu bunga yang terkenal di dunia, yaitu anggrek.

Hmm, disini ada 20.000 tanaman anggrek berbagai jenis. Anak-anak bisa belajar mengenai varietas tanaman yang ternyata sangat kaya selama libur lebaran di Orchid Forest Cikole. Tak hanya menawarkan koleksi bunga anggrek, disini kita juga bisa bermain bersama kelinci, berkuda di horse ranch, bermain di jembatan tali yang bersinar saat malam hari, serta ada lapangan golf mini untuk keluarga.

Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Jakarta

Nah buat keluarga yang tidak mudik dan masih stay di Jakarta, tentunya liburan tetap ingin merasakan suasana yang berbeda, serta meningkatkan kedekatan dengan anak-anak. Berikut adalah rekomendasi tempat wisata keluarga di Jakarta selama libur lebaran.

Dunia Fantasi

Dunia Fantasi Ancol merupakan tempat pertama yang ada di rekomendasi tempat wisata keluarga di Jakarta. Untuk keluarga, Dufan bisa dibilang surga wisata yang cukup menarik untuk menghabiskan liburan.

rekomendasi tempat wisata keluarga di bandung dan jakarta

Untuk keluarga dengan anggota keluarga yang sudah cukup dewasa, atau sudah remaja, bisa memainkan permainan yang memacu adrenalin seperti Kora-kora, Halilintar, namun untuk keluarga dengan anak yang masih belia, bisa tetap menikmati keseruan Dufan. Ada Bianglala, Istana Boneka, Gajah Bledug dan lain-lain yang bisa dijadikan rekomendasi aktivitas selama liburan di Dunia Fantasi.

Seaworld

Masih berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol, Seaworld merupakan aquarium raksasa yang memberikan edukasi tentang kehidupan laut dan bawah air. Dengan berbagai ikan warna-warni besar dan kecil, anak-anak bisa menikmati dunia yang berbeda dengan dunia yang selama ini mereka kenal.

Di Seaworld juga ada atraksi lumba-lumba yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Branchsto Equestrian Park

Berlokasi di BSD City Tangerang, Branchsto Equestrian Park merupakan tempat untuk berinteraksi dengan kuda. Di sini, anak-anak bisa belajar menunggangi kuda dan merawat serta memberi makan.

Bertemu dengan hewan ini dapat menumbuhkan empati anak terhadap makhluk hidup lainnya lho.

Taman Mini Indonesia Indah

Dibangun di masa orde baru sebagai simbol identitas bangsa Indonesia, tidak heran jika liburan di Taman Mini bisa menjadi satu sarana edukasi dan rekreasi sekaligus untuk keluarga.

Ada berbagai anjungan tiap provinsi untuk memperkenalkan anak-anak terhadap kekayaan budaya bangsa Indonesia. Oh ya, di Taman Mini ini juga terdapat lokasi menginap di malam hari. Salah satunya di Anjungan NTB yang berada di sisi selatan danau. Hmm solutif sepertinya staycation sekalian berekreasi. Nah untuk menginap di Taman Mini bisa melakukan booking dengan menggunakan aplikasi Tiket.com

Nah itulah beberapa rekomendasi tempat wisata keluarga di Bandung dan Jakarta, selamat berkumpul dan bertamasya bersama keluarga tercinta.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

(Note, links and most HTML attributes are not allowed in comments)

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.