Roadshow Finhacks 2018 #DataChallenge Yogyakarta

Ada yang berbeda dari gelaran Financial Hackatons a.k.a Finhacks 2018 di Yogyakarta, setelah dua tahun berturut-turut BCA menyelenggarakan mini competition di beberapa kota di Indonesia untuk kemudian di pertandingkan dalam final Finhacks, maka tahun ini roadshow Finhacks mengambil tema dan format acara yang baru. Tema yang diambil adalah #DataChallenge Why Effective Data Science Needs Costumer Centric Mindset, dengan format seminar dan workshop.

#DataChallenge dipilih mengingat saat ini kebutuhan akan data di tingkat industri sangat pesat, akan tetapi segmen ini masih belum memiliki banyak pemain, rata-rata programmer lebih memfokuskan bagaimana membuat sebuah sistem yang memiliki solusi untuk menjawab suatu kebutuhan. Tetapi belum banyak yang berpikir bagaimana mengambil, mengolah dan kemudian menggunakan big data untuk efektifitas perusahaan.

Hal inilah yang membuat BCA menggandeng beberapa pihak untuk berbagi dengan para peserta mengenai pentingnya memahami data, dan bagaimana penguasaan terhadap informasi dan data dapat memberikan peningkatan yang cukup signifikan terhadap bisnisnya. Armand W Hartono selaku VP Director BCA berharap dengan adanya acara tahunan Finhacks ini bisa dapat mewadahi talenta-talenta terbaik Indonesia untuk bisa berkolaborasi dan menghasilkan solusi-solusi di bidang financial technology.

Pada gelaran Finhacks Yogyakarta ini, BCA menghadirkantiga narasumber yang kompeten dari berbagai industri di tanah air untuk mengisi sesi pertama, yakni Data Scientist BCA Adhitya Bhaswara, Head of Data Analytics Traveloka Doan Siscus serta Product Marketing Manager Data and AI Microsoft Indonesia, Marsya Juwita Aderizal. Sementara pada sesi kedua, para peserta diajak untuk mengikuti workshop yang dipandu Ajeng Prastiwi,  Data Science Instructor dari Tim Algoritma.

BACA JUGA:   Mengamankan data pribadi di browser (part I)

roadshow finhacks 2018 data challenge yogyakarta

Adhitya Bhaswara membawakan materi berjudul Customer Experience dan Machine Learning. Ada beberapa produk machine learning yang digunakan dalam bidang perbankan, antara lain, Asisten virtual, credit scoring, fraud detection dan machine learning for ATM. BCA sendiri saat ini memiliki fitur yang dapat meningkatkan customer experience dengan menghadirkan Vira, sebuah virtual assistant yang dapat berkomunikasi dengan user di platform FB messenger, Line, Kaskus dan soon di Google Assistant.

Doan Siscus sebagai pembicara kedua mengajak para peserta melihat bagaimana Traveloka menggunakan Data Science dan Costumer Centricity untuk memperoleh keunggulan dalam persaingan bisnis OTA di tanah air. Menurut Doan, tujuan memahami data science adalah untuk mendrive relevant product development for user dan move up users throughout costumer lifecycle ladder. Aplikasi data sciences dapat digunakan antara lain

  1. Product conversion optimization
  2. NLP chat automation
  3. User generated content analysis
  4. Picture optimization
  5. Forecasting module

Data science juga digunakan sebagai enable untuk mengambil big data, membuat experimentation framework, single customer view dan reproduceable machine learning framework. Marsya Aderizal dari Microsoft tampil sebagai pemateri ketiga membawakan tema Enabling Digital Transformation. Ada empat pilar dalam melakukan enabling digital transformation ini yakni

  1. empower employees
  2. engage customers
  3. optimize operations dan terakhir
  4. transform products
pic @arieframadhan88

Dengan memahami data, perusahaan dapat memberikan solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Pengambilan keputusan, transformasi kebijakan dan pengembangan produk ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna saat ini dan di masa mendatang. Bagaimana perusahaan dapat mengerti dengan tepat kebutuhan pengguna tanpa mengganggu kenyamanan pengguna, itulah poin utama mengapa kita perlu memahami data science, There is a thin line between understanding vs stalking kata Marsya di akhir sesi presentasinya.

BACA JUGA:   Mengenal Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Jenis Hardisk

Oh ya, meski roadshow kali ini tidak berformat kompetisi seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi jangan kuatir, karena tahun ini tetap diselenggarakan kompetisi Finhacks yang memperebutkan hadiah total senilai 480 juta rupiah. Info dan syarat pendaftaran dapat dilihat di https://finhacks.id sejak tanggal 8 Agustus – 8 Oktober 2018

bca finhacks jogja
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.