Inilah 5 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Probolinggo

Keriuhan kehidupan di kota seringkali membuat siapapun yang tinggal di dalamnya merasa jenuh. Alhasil banyak daftar tempat wisata yang siap diserbu saat akhir pekan tiba. Salah satu tempat wisata yang banyak dicari adalah wisata bernuansa alam, seperti air terjun.

Bicara tentang air terjun, air terjun Madakaripura menjadi satu dari sekian tempat wisata yang ada di kota Probolinggo, Jawa Timur. Pemandangan alam yang disuguhkan air terjun ini memang nyata indahnya.

5 Rekomendasi Wisata Air Terjun di Probolinggo

Lantas apakah di Probolinggo hanya ada satu air terjun? Tentu saja tidak. Nah untuk lebih jelasnya, yuk simak uraian seputar 5 air terjun yang bisa kamu jadikan daftar destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi ketika berada di Probolinggo. 

1 Air Terjun Madakaripura

Seperti yang sudah disinggung di atas, air terjun Madakaripura yang mempunyai tinggi sekitar 200 meter ini memang mempunyai pesona alam yang luar biasa indahnya. Di air terjun ini kamu akan melihat bagaimana cantiknya air terjun yang mengalir di antara dua dinding bebatuan.

Pemandangan akan semakin indah mengingat air terjun Madakaripura ini berbentuk ceruk sehingga disekitarnya terdapat perbukitan yang juga meneteskan air.

Wisata air terjun

Air terjun Madakaripura ini berlokasi di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Lumbang, Kota Probolinggo. Untuk bisa tiba di titik lokasi air terjun, kamu harus melalui rute Probolinggo-Bromo menuju ke Tongas.

Selanjutnya, ketika sudah sampai di pertigaan Sukapura kamu bisa berbelok kanan hingga sampai di Pasar Lumbang. Setelah itu kamu cukup mengikuti petunjuk jalan yang akan mengarahkan kamu menuju air terjun Madakaripura.

Untuk bisa memasuki kawasan air terjun ini, kamu cukup membayar 11 ribu saja. Tarif ini berlaku di hari efektif maupun ketika hari libur. Sekalipun ada biaya parkir, sewa jas hujan, maupun guide, ini tidak akan membuat dompet kamu meringis karena tarifnya pun sangat bersahabat

2 Air Terjun Watu Lawang

Beranjak dari air terjun Madakaripura, air terjun Watu Lawang juga bisa menjadi destinasi wisata kamu selanjutnya. Layaknya wisata alam lainnya, di air terjun ini juga lekat dengan pesona alam yang menenangkan dan menyejukkan.

Sepanjang perjalanan menuju air terjun Watu Lawang ini juga dipenuhi dengan tebing-tebing yang menjulang. Indahnya pemandangan yang ada tentu membuat lelah kamu tidak terasa meski harus menempuh waktu perjalanan kurang lebih selama 20 menit.

Air terjun Watu Lawang ini terletak di Desan Ngepung, Sukapura, Probolinggo. Untuk bisa menginjakkan kaki di air terjun ini, kamu bisa memulai perjalanan dari SMKN 1 Sukapura. Di sebelah kiri SMKN 1 ini terdapat gang masuk yang akan membawamu menuju air terjun Watu Lawang. Kabar bahagianya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang tiket untuk bisa menikmati air terjun ini.

3 Air Terjun Umbulan

Wisata air terjun di Probolinggo yang direkomendasikan untuk kamu selanjutnya adalah air terjun Umbulan. Seperti tempat wisata alam lainnya, air terjun ini juga menawarkan panorama alam yang mengagumkan, menyejukkan dan pastinya menenangkan.

Berada di Kecamatan Sukapura, kamu bisa sampai di air terjun Umbulan dengan mudah karena rutenya tidaklah sulit. Kamu bisa memulai perjalanan dari pusat kota, untuk selanjutnya pililhlah arah ke Bromo hingga tiba di Pasar Sukapura. Kemudian, 500 meter dari pasar terdapat gang kecil (tepatnya sebelah kiri Telkom) yang akan mengarahkanmu menuju lokasi air terjun.

Tarif yang perlu kamu keluarkan untuk dapat mengakses tempat wisata ini tidaklah mahal. Cukup dengan 2 hingga 5 ribu rupiah saja. Sebagaimana tempat wisata lainnya, air terjun ini bisa diakses mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore

4 Air Terjun Triban

Pemandangan alam yang mengagumkan juga dimiliki oleh air terjun Triban. Tempat wisata ini berada di kawasan Desa Ngepung, Probolinggo. Rute untuk menuju lokasi cukup mudah. Kamu bisa langsung menuju ke SMKN 1 Sukapura karena kawasan air terjun berada di jalur ini.

Di SMKN 1 ini umumnya akan kamu jumpai beberapa warga yang menawarkan jasa parkir. Untuk tarif parkir dikenakan 5 ribu rupiah untuk motor, dan 20 ribu rupiah untuk mobil. Mungkin nampaknya mahal, tapi tarif ini masih tergolong wajar mengingat kamu tidak perlu membayar tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan air terjun Triban ini.

Sebelum benar-benar sampai di lokasi air terjun Triban setidaknya kamu harus menempuh perjalanan selama 60 menit. Sepanjang perjalanan kamu akan mendapati area perbukitan.

Untuk informasi saja, jika di musim penghujan rute menuju lokasi terbilang curam dan licin. Namun tak perlu khawatir, sebab di sana sudah ada tangga-tangga yang dibuat oleh penduduk sekitar yang tentu saja akan memudahkan kamu sampai di titik lokasi air terjun.

5 Air Terjun Kali Pedati

Air terjun Kali Pedati memiliki tinggi sekitar 20 meter. Air terjun ini terletak di kawasan Wisata Bromo atau tepatnya di Lereng Gunung Argopuro. Tak perlu dipertanyakan bagaimana indahnya pesona alam yang ada di sana. Dijamin kamu pasti betah dan tak ingin pulang.

Berada di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Probolinggo, kamu bisa mengandalkan Google Maps untuk bisa sampai di air terjun Kali Pedati. Namun jika menemukan kendala atau masih bingung, kamu bisa bertanya pada warga sekitar.

Di area lokasi wisata air terjun Kali Pedati ini sudah tersedia berbagai fasilitas. Seperti tempat parkir, toilet, mushola maupun tempat beristirahat. Menariknya, untuk bisa mengakses air terjun ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya, alias gratis. Kawasan wisata ini dibuka mulai pukul 7 pagi sampai 5 sore.

Demikianlah 5 rekomendasi wisata air terjun yang berada di kota Probolinggo. Menyatu dengan alam memang melahirkan rasa tenang, sehingga tepat sekali jika kamu memilih wisata air terjun sebagai agenda liburan kamu kali ini. Oia, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan spot keren yang ada di sana ya!

Pengen tau lebih banyak? buka artikel terkait di Qupas.id

BACA JUGA:   Menelusuri Alam Bawah Tanah Jogjakarta Lewat Wisata Goa
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.