Mengapa ukuran flashdisk saya berbeda?

flashdisk cantik murah

Besaran kapasitas Hardisk, Flashdisk, SD card maupun jenis media penyimpanan lain saat ini lazimnya ditulis dalam satuan Gigabyte, misalnya 4Gb, 8 Gb, 16 Gb, 32 Gb, 250 Gb, 320 Gb 500 Gb, 1 Terabyte dan seterusnya. Tetapi seringkali ketika kita mendapati isinya tidaklah sebesar yang dilabelkan padanya.

Dalam otak marketing media penyimpanan data ada yang disebut actual size yang dibaca dan dipahami oleh komputer dan ada yang aku sebut marketing size yang dibaca dan dipahami oleh penjual dan pembeli media, kenapa demikian? karena ada perbedaan pandangan dalam menyebutkan size media penyimpanan tersebut.

Mengapa flashdisk 1 Gb saya ukurannya tidak terbaca persis sama oleh komputer? apakah ada cluster yang korup?

Seperti kita tahu, 1 million adalah 1000 kilo, tetapi karena kita menggunakan basis bilangan digital yaitu bit dan byte, maka 1 byte terdiri dari 8 bit, dan 1 kilo byte adalah 1024 byte, 1 MB adalah 1024 x 1024 byte, dan 1 Gb adalah 1024 x 1024 x 1024 byte. Artinya actual size dari 1 Gigabyte adalah 1073741824 byte.

Dalam hitungan komputer 1 Gb = 1024 Mb, dalam hitungan produsen 1 Gb = 1000 Mb, inilah mengapa size actual flashdisk dan hardisk kita selalu kurang dari informasi label yang diberikan.

Nah, pada awal2 penggunaan media penyimpanan seperti hardisk, orang terbiasa menyebut 1 Kilo byte = 1000 byte, bukan 1024 byte, karena ukuran hardisk waktu itu kecil, maka selisih byte nya kecil sehingga diabaikan. Kebiasaan yang salah kaprah inilah yang pada akhirnya dimanfaatkan oleh produsen hardisk untuk mengurangi actual size dari media produksinya menjadi marketing size nya saja. Sehingga jika kita memiliki flashdisk 8 Gb maka memang benar size nya adalah 8 * 1000 * 1000 * 1000 byte, sedangkan komputer akan membagi 8 milyar byte tersebut dengan 1024 sehingga didapatkan hanya terbaca sekitar 7,5 milyar byte saja.

Jadi tidak ada kesalahan dalam flashdisknya, tidak perlu juga merasa terbohongi, meskipun memang produsen sengaja menggunakan kesalahan bahasa marketing itu untuk menekan jumlah cluster dan biaya produksi mereka.

kenapa media penyimpanan berbeda beda, media penyimpanan berbeda-beda, media penyimpanan berbesa, kenapa kapasitas penyimpanan data berbeda, mengapa ukuran harddisk itu berbeda beda, mengapa ukuran bentuk flash disk sama namun ukuran kapasitasnya berbeda, Mengapa mesin flashdisk berbeda-beda, ukuran kapasitas penyimpanan flashdisk dan hardisk, mengapa flashdisk 8 gb ketika dibaca komputer hanya 7 4gb, mengapa flasdisk memiliki kapasitas yang berbeda

2 Komentar

  1. welly Balas

    bukannya kalau pakai huruf “b” kecil = bit, sebaliknya bila ‘b’ besar = Byte?

Berikan tanggapan anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.