Sarasehan Pencegahan Paham Radikalisme di Dunia Maya

Dunia maya adalah sebuah dunia antah berantah, tak dapat dipegang, tak dapat disentuh, tapi dapat dirasakan dan mampu menghubungkan satu orang dengan orang lain di tempat yang jauh. Maraknya aksi terorisme yang dipicu dengan menyebarnya paham radikalisme di kalangan masyarakat membuat negara melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), mengajak segenap lapisan masyarakat untuk bergerak melawan tindak terorisme.

Awal bulan maret ini, kami, rekan-rekan penggiat media di dunia maya, mahasiswa, santri, dan para pemuda diajak untuk bertemu dalam Sarasehan Pencegahan Paham Radikal Terorisme dan ISIS di Kalangan Penggiat Dunia Maya. Ada sekitar 300 peserta dari berbagai daerah di Indonesia, Aceh, Medan, Jakarta, Bandung, Makassar dan Kalimantan.

BNPT sendiri selaku badan resmi yang dibentuk pemerintah untuk menanggulangi tindakan terorisme ini memiliki beberapa metode. Dan untuk sosialisasi mereka menggandeng kami para penggiat dunia maya untuk ikut ambil bagian dalam memerangi terorisme.

Apa yang para penggiat dunia maya lakukan disana?

Kami mendapat pemaparan dari berbagai narasumber, termasuk para pejabat di lingkungan BNPT, mengenai terorisme, maupun bagaimana hoax dapat digunakan untuk memicu keresahan dan konflik di masyarakat.

Sejak 2015, BNPT meluncurkan platform web damai.id, platform ini digunakan sebagai ajang user individu yang ingin menyuarakan rasa persatuan dan pencegahan tindak radikal kepada rekan-rekan di seluruh Indonesia. Kemudian ada platform JalanDamai.org, platform ini berisi semacam situs pemberitaan anti propaganda radikalisme yang digawangi rekan-rekan penggiat dunia maya sebagai kontributornya. Lalu ada Duta Damai, komunitas lintas masyarakat di beberapa kota yang memiliki misi mengajak rekan-rekan untuk beraksi positif dan mereduksi keinginan-keinginan negatif yang dapat memecah belah persatuan. Tentang kegiatan Duta Damai ini bisa melihat artikelku yang lain (pelatihan blog gratis bersama duta damai)

BACA JUGA:   Ilat Jowo

sarasehan pencegahan paham radikalisme terorisme dunia maya

Kami kemudian diajak berdiskusi berdasarkan kelompok kami. Aku sendiri ikut berdiskusi dengan rekan-rekan user damai.id untuk kemajuan platform tersebut.

sumber gambar: ig hestek #cerdaslawanhoax

komentar tentang sarasenhan pencegahan propaganda radikal didunia maya
News Reporter
Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.