Mewarnai Indonesia, Kelas Blogging Gratis Bareng Pojok Duta Damai

Pojok Duta Damai sebagai salah satu kelompok dalam komunitas Duta Damai, sebuah gagasan yang dibuat oleh BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme) mengadakan kelas berbagi bersama blogger, komunitas diffabel serta didukung oleh Diskominfo DIY, Dinas Pariwisata Sleman, DeMata Trick Eye Museum serta Rumah Kreatif Jogja. Sebelumnya Duta Damai sendiri adalah komunitas anak-anak muda yang menyuarakan gerakan anti terorisme dan gerakan anti pemecah belah bangsa.

Maraknya isu terorisme, politik dan kesenjangan ekonomi terkadang membuat gesekan antar kelompok masyarakat. Disini Pojok Duta Damai menjadi agen untuk mengajak masyarakat untuk menyingkirkan perbedaan dan mulai mengambil langkah positif untuk kemajuan bersama. Salah satunya adalah dengan mengadakan acara kelas blogging gratis Mewarnai Indonesia.

Dibanding mewarnai rumah tangga orang yang dapat menyebabkan efek samping semacam kena bogem mentah, Mewarnai Indonesia adalah upaya untuk mengajak masyarakat untuk berkarya sesuai kapasitas masing-masing. So apa yang dipelajari dalam acara itu?

WhatsApp-Image-2017-02-22-at-16.13.16-1024x576 Mewarnai Indonesia, Kelas Blogging Gratis Bareng Pojok Duta Damai  wallpaper

Aku sendiri datang dalam kapasitas sebagai blogger bersama rekan-rekan berbagi dengan anggota masyarakat mulai dari ibu rumah tangga, karyawan, pelajar dan mahasiswa, disamping itu juga hadir rekan diffabel yang ikut mengikuti acara ini. Yang kami pelajari dalam sesi berbagi ini adalah:

  • Cara membuat blog menggunakan wordpress.com
  • Cara mengubah tampilan blog
  • Cara mencari ide postingan
  • Cara membuat artikel yang baik
  • Cara publikasi otomatis ke social media

Mbak Elzha selaku pemangku hajat membuka kelas blogging gratis dengan mengajarkan cara membuat blog menggunakan wordpress, sementara aku dan para blogger mendapat jatah berkolaborasi membimbing rekan-rekan yang baru belajar ngeblog atau ingin meningkatkan kualitas artikelnya.

BACA JUGA:   Fragmen yang terserak

Kelas Blogging Gratis ala Pojok Duta Damai

16790181_669505089897577_258621322584653824_n Mewarnai Indonesia, Kelas Blogging Gratis Bareng Pojok Duta Damai  wallpaper

Untuk membangun blog, kita memerlukan blog engine atau blog platform. Dua platform utama yang banyak dipakai adalah Blogspot dan WordPress, keduanya dapat digunakan secara gratis dengan mendaftar di layanan blogger.com atau wordpress.com. Kedua layanan tersebut akan menghasilkan domain dengan imbuhan .blogspot.com atau .wordpress.com, sementara untuk menghasilkan blog tanpa embel-embel blogspot atau wordpress kita perlu membeli domain. Misal blog ini yang berdomain anotherorion.com

Para pengguna blogspot bisa langsung mendomainkan blog mereka sendiri dengan membeli domain di penyedia domain. Sementara untuk pengguna wordpress selain membeli domain, mereka harus membeli hosting sendiri. Hosting adalah media penyimpanan untuk meletakkan file blog kita di internet. Lho kok yang blogspot tidak perlu beli hosting? Ya, karena hosting blogspot sudah disediakan secara gratis oleh Google.

Kami belajar cara mengubah tampilan blog, dengan mengganti template atau mengubah template sesuai kesukaan kita sendiri, mengkategorikan artikel dan membuat label. Rekan-rekan juga diminta untuk menulis satu artikel di blog barunya.

Oh ya acara yang dilaksanakan di Rumah Kreatif Jogja ini beneran gratis lho, peserta tidak dibebankan biaya apapun. Sementara untuk makan siang, kita menggunakan potluck, tiap peserta membawa snack/makanan untuk dimakan bersama-sama bareng rekan-rekan selama kegiatan. Dengan adanya potluck gini suasananya malah jadi seru, karena makanannya banyak dan bisa milih mau makan apa aja 😀 Selepas acara, para peserta juga mendapat free goodie bag, salah satunya voucher gratis untuk berkunjung ke DeMata Trick Eye Museum.

BACA JUGA:   Pelatihan Ms Excel di Umbul Permai

Kelas blogging gratis di RKJ tersebut merupakan pertemuan pertama yang masih akan dilanjutkan bulan depan, untuk sesi ke depan mungkin kita akan belajar cara membuat domain dan membeli hosting, Google Analytics, melakukan riset keyword, optimasi SEO dsb. Aku sih berharap acara ini bisa diselenggarakan tiap bulan biar bisa terus berinteraksi dengan rekan-rekan lain dan belajar bersama membuat blog.

kelas blogging gratis

anotherorion

Priyo Harjiyono, blogger kelahiran Cilacap yang kini menjadi warga Ngayogyakarta Hadiningrat, baginya blog adalah dunia untuk menciptakan mimpi2nya. Saat ini masih disibukkan sebagai pembelajar dalam dunia pendidikan.

12 tanggapan untuk “Mewarnai Indonesia, Kelas Blogging Gratis Bareng Pojok Duta Damai

Berikan tanggapan anda

%d blogger menyukai ini: